Cara Agar Blog Muncul Di Google Supaya Mendapatkan Visitor Organik

Agar Blog Muncul Di Google

Para pemilik blog sudah tentu berjuang agar bisa tampil atau muncul di Google dan bisa menguasai kata kunci yang tinggi persaingan. Semua pemilik blog ingin muncul terbaik di search engine. Akan tetapi, untuk seperti itu tidaklah mudah, karena ada beberapa faktor yang menentukan rangking sebuah blog.

Selain itu, ada beberapa aturan mutu webmaster yang harus diikuti. Pedoman mutu webmaster diterbitkan oleh masing – masing mesin pencari  seperti Google, Yahoo, Bing, Msn semuanya bertujuan untuk menyediakan hasil pencarian yang relevan dan berkualitas. Kemudian, tujuan dari semua itu adalah agar pengguna internet merasa puas dengan hasil yang mereka peroleh saat berselancar di internet.

Muncul istilah SEO dalam praktiknya, yaitu sebuah usaha yang bertujuan agar blog bisa dikenali dengan baik oleh mesin pencari. SEO atau Search Engine Optimization itu bisa diartikan sebagai optimasi mesin pencari. Meskipun ada caranya, yang perlu menjadi catatan adalah, bahwa seo haruslah dilakukan dengan natural dan benar agar blog Anda bisa memiliki rangking terbaik pada mesin pencari.

Algoritma mesin pencari sudah berkembang dengan baik, mampu menghasilkan hasil pencarian berkualitas. Kita bisa melihat banyak sekali perubahan yang telah terjadi jika dibandingkan dengan era 2010 kebawah. Dimana blog dengan konten sembarangan sudah tidak bisa kita temukan lagi saat ini melainkan blog yang benar – benar mengedepankan kualitas dan user experience terbaik.

Nah sebagai pemilik blog yang berkeinginan agar judul artikel blognya muncul pada mesin pencari google maka ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan. Berikut ini saya mencoba menjelaskan hal tersebut berdasarkan apa yang saya baca dan hasil penerapan pada blog ini.

A. Bijak Memilih Layanan Hosting

Jangan meremehkan kecepatan server. Anda harus memperhatikan kecepatan server saat memilih hosting yang ingin digunakan. Hal ini bertujuan agar blog Anda fast loading atau ringan sangat di akses. Karena faktor kecepatan website memegang peranan penting setelah konten berkualitas. Anda bisa mencari informasi tambahan tentang penelitian kecepatan halaman web yang telah banyak dishare oleh rekan blogger dalam dan luar negeri.

Pembaca sangat senang sekali dengan web fast loading, kemudian akan berdampak pada peningkatan page view. Sehingga algoritma mesin pencari dapat mendeteksi hal ini dan lebih menyukai blog Anda. Selanjutnya bisa meningkatkan posisi serp dan blog Anda cepat terindex ketika melakukan update artikel.

Ada beberapa tool gratis untuk mengecek seberapa cepat web Anda, seperti tool dari Google speed insigth. Tool ini dapat memberikan data apa saja penyebab dan solusi yang bisa Anda ambil.

B. Memilih Theme atau Template Dengan Tepat

Kita memang bisa bebas memilih template yang ingin digunakan. Anda bebas memilih theme jenis apapun. akan tetapi yang paling penting adalah template tersebut memiliki struktur yang baik dan ringan.

Setelah kita memilih layanan hosting yang tepat maka langkah selanjutnya coba pilih template. Ada banyak sekali template yang tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar, Anda tinggal pilih dan coba tanyakan di forum template yang paling umum dan sering digunakan oleh teman – teman blogger lainnya.

C. Update Blog Dengan Konten Unik

Konten unik merupakan konten baru, yaitu konten dengan hasil tulisan Anda sendiri dan bukan merupakan hasil copy paste dari artikel orang lain. Algoritma mesin pencari sangat pintar dalam mendeteksi hal seperti ini. Jangan membiasakan diri untuk menyontek artikel orang lain, apalagi tidak menyebutkan sumbernya sama sekali.

Walaupun peringatan diatas sering disebutkan oleh para rekan blogger. Masih saja kita temukan ada beberapa pelaku blogger yang membuat blog dengan sistem auto. Dimana mereka mengambil sebagian artikel orang lain tanpa izin secara otomatis. Padahal selain perbuatan ini tidak etis, blog dengan auto konten melanggar aturan mutu webmaster. Dan Anda tahu sendiri apa akibatnya.

Bagaimana membuat konten unik itu? Mudah, kuasai tema tulisan dengan banyak membaca, simpulkan sendiri. Lakukan riset secara detail pada tema blog Anda. Saya yakin semakin banyak Anda melakukan riset maka semakin baik artikel yang Anda tulis.

D. Konten Unik Harus Berkualitas

Buatlah konten secara unik dan berkualitas sehingga mampu memberikan pengalaman terbaik bagi para pembaca Anda. Sama halnya seperti toko biasa, pembeli adalah raja, begitu juga dengan dunia blogging. Pembaca adalah raja, jadi usahakan untuk selalu membuat artikel yang berkualitas. Saya juga telah membuat artikel mengenai ciri ciri artikel berkualitas yang bisa anda baca pada link berikut ini.

Silahkan Baca : Ciri Ciri Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog Itu Bagaimana

Untuk membuat artikel yang benar – benar bisa memuaskan para pembaca, ada 3 poin penting yang bisa anda coba.

1. Buatlah Artikel Jawaban Berdasarkan Pertanyaan Yang Pembaca Ajukan Lewat Mesin Pencarian

Misalnya begini, ada orang yang mengetik kata kunci di Google ” Cara agar artikel blog tampil nomor satu di Google “, jika Anda tahu jawabannya, maka buatlah artikel yang menjelaskan pertanyaan tersebut secara detail. Susun dan riset topiknya, lalu buatlah artikel unik dan semenarik mungkin dibandingkan dengan para pesaing Anda. Saya yakin jika memang benar – benar unik maka artikel Anda bisa memenangkan persaingan.

Mengapa bisa seperti itu, salah satu faktor yang menandakan bahwa artikel Anda bermutu oleh mesin pencari adalah adanya link yang menuju artikel Anda tersebut. Ini sama seperti voting dan memberikan masukan bagi mesin pencari untuk memberikan rangking.

Jadi, misalkan pembaca menemukan artikel Anda lalu setelah membaca merasa artikel Anda lengkap dan sangat luar biasa, maka pembaca tersebut akan merekomendasikan link ke artikel Anda pada orang lain lewat blog mereka, atau lewat media sosial lain seperti forum, Google plus, facebook dan lain sebagainya.

3. Buat Artikel Lengkap Dengan Data Pendukung

Artikel seperti apa yang disukai pembaca? yang jelas adalah artikel yang lengkap dengan data pendukung seperti grafik, gambar ilustrasi, hasil riset dan lain sebagainya. Artikel seperti ini akan mendapatkan user experience yang luar biasa.

Jika Anda berhasil dan mampu membuat lengkap, maka Anda akan mendapatkan referensi link secara natural dari para pembaca. Link referensi bisa meningkatkan PA dan DA blog Anda menjadi semakin baik. Sehingga artikel Anda bisa tampil nomor satu.

2. Susun Artikel Sesuai Target Pembaca

Agar Artikel Anda memang benar – benar menarik, maka buatlah artikel dengan gaya tulisan sesuai dengan target pembaca Anda. Ada banyak sekali gaya bahasa yang bisa kita gunakan, kita bisa saja membuat tulisan dengan gaya nyentrik, gaya santai atau dengan gaya yang menggebu – gebu. Saya sarankan sesuaikan saja dengan selera Anda dan target pembaca Anda.

Tidak perlu terpaku dengan meniru gaya tulisan orang lain. Temukan kriteria dan kepercayaan Anda sendiri ketika memilih gaya tulisan. Yang penting menurut saya itu simpel, tidak berbelit – belit sehingga maksud dan ide artikel itu sendiri bisa ter sampaikan dengan baik. Jadi, Semakin mudah artikel Anda dipahami, maka semakin baik artikel Anda tersebut.

Kesimpulan :

Sebenarnya masih ada banyak lagi yang harus dilakukan agar blog bisa tampil nomor satu di Google. Namun bagi pemula seperti saya, kita tidak perlu terlalu khawatir karena banyak sekali para rekan blogger yang secara gratis membagikan ilmunya di internet. Silahkan cari dan baca lalu praktek. Yang penting pilihlah metode yang tepati, karena ada beberapa metode lawas yang tidak lagi relevan untuk saat ini. Semoga artikel ini membantu Anda.




Updated: May 17, 2017 — 2:49 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap