Cara Agar Kinerja Laptop Selalu Stabil dan Tahan Lama

Walaupun sekarang ini smartphone lebih banyak digunakan, namun untuk pekerjaan yang kompleks kita masih tetap membutuhkan laptop. Laptop biasanya digunakan untuk menjalankan beberapa software besar, mengolah data, editing foto hingga membuat aplikasi.

Bagi kamu yang sering menggunakan laptop tentu ingin agar laptop kamu tetap awet dan memiliki kinerja baik bukan?

Karena dengan kinerja laptop yang mumpuni, semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

Agar Laptop Lebih Awet

1. Selalu meletakkan laptop ditempat yang bersih bebas dari debu

Faktor pertama  yang menyebabkan laptop mengalami penurunan kinerja biasanya karena adanya kotoran pada perangkat elektronik. Debu yang menempel pada bagian elektronik dapat menyebabkan muatan listrik yang tidak stabil.

Selain debu yang menempel pada bagian elektronik, debu yang menempel pada bagian fan pendingin juga dapat mengakibatkan sirkulasi udara menjadi tidak lancar.

Apa akibatnya?

Akibatnya, suhu pada heatsink akan mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan suhu prosesor meningkat.

2. Jangan meletakkan laptop diatas kasur atau bantal

Mungkin kamu pernah memainkan laptop yang diletakkan diatas bantal atau kasur. Nah hal ini harus kamu hindari.

Kasur dan bantal biasanya penuh dengan debu. Sedangkan fan laptop secara umum menarik udara dari bagian bawah. Akibatnya, udara yang masuk ke bagian laptop ter kontaminasi dengan debu. Dampaknya sama seperti pada poin pertama diatas.

3. Charger baterai kamu dengan rasio yang tepat

Agar baterai laptop kamu tetap awet, pahami bagaimana cara kinerja baterai li ion. Perawatan baterai lebih baik yaitu di charger sebelum habis total, akan tetapi jangan juga biarkan terlalu penuh.

Dengan cara tersebut, baterai kamu bisa lebih awet. Gunakan rasio yang cukup. Untuk pengetahuan tambahan, kamu bisa belajar mengenai cara perawatan baterai laptop yang baik.

Bagi kamu pengguna laptop dengan baterai yang dapat dilepas, kamu tetap bisa menjalankan laptop tanpa baterai.

Untuk pertanyaan apakah tanpa baterai boleh atau tidak, penulis masih belum mengerti. Mungkin kamu bisa mencari informasi tambahan lainnya.

4. Browsing juga harus dijaga

Biasanya laptop paling mudah terkena virus dari internet. Jadi, kamu harus hati – hati ketika browsing. Usahakan untuk selalu browsing pada situs terpercaya.

Akan tetapi sekarang ini teknologi mesin pencari Google sudah begitu canggih. Ditambah lagi browser Google Chrome yang mumpuni, keberadaan virus pun sudah hilang berkat teknologi yang digunakan.

Saran penulis, selalu gunakan Google Chrome untuk browsing, aktifkan antivirus dan carilah informasi yang bermanfaat saja dari internet.

5. Bersihkan laptop secara berkala

Semakin lama laptop kamu digunakan, tentu kotoran  yang melekat akan semakin banyak. Agar laptop kamu selalu bersih, selalu bersihkan debu dengan menggunakan kuas lembut pada bagian keyboard.

Gunakan tisu lembut untuk bagian monitor. Belilah cairan pembersih laptop yang banyak dijual di pasaran.

Menjaga kebersihan laptop juga bisa kamu lakukan pada bagian dalam perangkat laptop kamu. Jika belum mahir, kamu bisa membawa pada service komputer agar lebih aman.

6. Sesuaikan RAM dengan aplikasi yang ingin kamu gunakan

RAM merupakan memory yang memegang peranan penting untuk menjalankan sebuah aplikasi. Semakin besar RAM laptop yang kamu miliki sudah tentu semakin besar pula kemampuan laptop tersebut menjalankan aplikasi besar.

Akan tetapi, jika RAM laptop kamu terlalu kecil, bisa jadi aplikasi besar akan membuat laptop kamu bekerja ekstra. Panas yang dihasilkan oleh CPU juga semakin tinggi. Dampaknya, laptop kamu bisa jadi tidak awet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus menjalankan aplikasi yang tidak melebihi saran RAM yang digunakan.

Jangan kamu memainkan game besar pada laptop dengan RAM yang kecil. Hal ini sangat tidak baik bagi laptop kamu.

7 Gunakan Colling Pad

Kipas pendingin eksternal sebenarnya sangat bermanfaat lho. Hal ini karena suhu laptop bisa tetap terjaga pada kondisi normal.

Dengan adanya fan eksternal, laptop kamu dapat bekerja secara optimal. Sehingga daya tahan laptop kamu bisa menjadi lebih alam.

Kamu bisa saja membuat colling pad sendiri, seperti dengan memberi fan eksternal untuk cpu atau menggunakan kipas karya sendiri.

Baca juga : 10 Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan atau Over heat

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar laptop kamu tetap awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bisa membantu kamu. Jika ada tambahan dan pertanyaan, silahkan kamu tulis pada form komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap