Cara Agar Semangat Menulis Artikel Setiap Hari Terus Tumbuh

Ada yang mengatakan menulis itu gampang, ada pula yang mengatakan sebaliknya. Menulis memang mudah bagi yang sudah mahir. Bagi yang baru belajar bagaimana? Tenang saja, ada teknik dan cara yang harus kita lakukan agar kita juga bisa jago menulis artikel setiap hari.

Menulis artikel setiap hari? Emang bisa?

Kalau menurut saya sih bisa. Menulis itu sama seperti bicara lho. Hanya saja media yang digunakan berbeda. Coba saja Anda tulis semua percakapan Anda setiap hari, mungkin bisa menjadi puluhan bahkan ratusan artikel. Jadi menulis 10 artikel setiap hari itu bisa bahkan lebih.

Cara semangat menulis artikel

Kalau begitu, kita bisa menganggap menulis artikel blog itu sama seperti bicara. Nah ketika Anda menggunakan mindset tersebut, Anda jadi mudah menemukan ide. Otak kita ini cerdas dan merupakan anugerah yang sangat luar biasa dari YME. Anugerah tersebut tentu harus kita manfaatkan dengan sebaik – baiknya.

Anda harus yakin dengan diri sendiri bahwa Anda juga mampu dan bisa untuk menjadi seorang penulis artikel hebat. Jangan ragu, jika ragu berarti Anda meragukan anugerah yang Anda miliki.

Jadi, tidak ada lagi alasan. Alasan seperti tidak punya ide dan semacamnya. Anggap saja menulis itu seperti bicara pada teman sendiri. Mencari idenya bagaimana? Mudah, tulis apa saja yang ada di pikiran Anda.

Anda menulis di blog ditujukan untuk pembaca bukan? buatlah pembaca mengerti apa yang ingin Anda sampaikan.

Bisa Karena Biasa

Cara terbaik untuk menjadikan Anda bisa menulis adalah dengan membiasakan diri. Biasakan diri Anda untuk menulis artikel setiap hari. Seiring waktu, Anda akan mahir, bahkan bisa jadi menulis seperti menjadi seperti kebutuhan.

Sehari tidak menulis rasanya pusing. Tak percaya, coba saja mengetik artikel setiap hari selama beberapa bulan. Tanpa sadar Anda menganggap menulis itu seperti kebutuhan dan hobi.

Sekarang ini, begitu banyak media yang bisa Anda gunakan untuk latihan menulis. Coba saja gabung ke berbagai forum online. Group online biasanya lebih cepat mendapatkan respon.

Selain bergabung ke group atau forum online. Anda bisa membuat blog sendiri. Gunakan blog sebagai media latihan menulis Anda. Agar lebih serius, beli saja domain dan hosting. Kita bisa menyewa hosting dengan spesifikasi standard saja terlebih dahulu. Setelah visitor naik, ganti dengan spesifikasi hosting yang lebih tinggi.

Pentingnya Tujuan dan Niat

Tujuan sama seperti goal setting, sama seperti arah Anda. Tanyakan pada diri Anda apa tujuan menulis. Apa yang ingin dicapai dengan kegiatan menulis. Pertanyaan semacam ini dapat membuat gambaran tujuan Anda semakin jelas.

Apapun kegiatan jika punya tujuan bisa menjadi lebih terarah. Semangat menulis pun bisa meningkat. Bukan hanya menulis, bidang lain pun seperti itu. Kita bisa mencontoh berbagai plan dalam bisnis.

Menulis juga seperti itu, harus punya tujuan dan target. Target antara satu penulis dan penulis lain sudah tentu berbeda. Akan tetapi yang paling penting adalah, miliki target.

Memang adakalanya semangat bisa naik dan turun. Jika mengalami hal semacam ini, berarti target atau tujuan belum tergambar dengan jelas. Untuk itu, perlu kita tetapkan terlebih dahulu. Apa yang ingin Anda capai lewat karya tulisan Anda.

Berawal dari hobi

Agar ide tetap mengalir, Anda bisa menulis artikel tentang hobi. Menulis sesuatu sesuai dengan minat dapat membuat karya tulis Anda menjadi lebih berkualitas.

Menulis berdasarkan hobi biasanya lebih mengalir. Anda tentu paham dengan hobi yang Anda miliki. Anda tentu menguasai tentang hobi Anda tersebut. Nah untuk membuat tulisan Anda menjadi lebih mengalir dan enak dibaca. Buatlah artikel berdasarkan hobi.

Misalkan Anda hobi otomotif. Buatlah artikel tentang otomotif. Coba lihat contoh blog milik Iwan Banaran. Anda bisa melihat bahwa sang pemilik blog memang hobi dengan bidang otomotif. Buktinya blog tersebut menjadi salah satu blog yang menjadi rujukan para otomania.

Blog yang ditulis berdasarkan hobi memang biasanya lebih cepat popular. Blog semacam ini berisi informasi yang memang benar – benar sesuai dengan bakat. Seusai dengan kemampuan yang dimiliki.

Catat Ide Anda

Ide bisa datang dari mana saja, bisa jadi ide datang ketika Anda sedang berlibur atau dilamar mandi. Ide tersebut jika tidak dicatat bisa lupa. Untuk mengatasinya, bawa saja catatan kecil kemanapun Anda pergi.

Catat semua ide yang muncul, nah ketika Anda merasa tidak punya ide, coba baca kembali catatan buku Anda. Mungkin ada beberapa ide yang bisa dijadikan sebagai bahan tulisan.

Baca : Tips Percaya Diri Agar Terus Menulis Artikel Yang Bermanfaat

Kesimpulan

Menulis memang suatu bidang yang memiliki tantangan tersendiri. Orang bisa mengeluarkan pendapat kedalam bentuk bahasa tulis, membuat beberapa gagasan, ide dan semacamnya.

Dengan tulisan orang bisa bebas berekspresi. Dengan karya tulis, sejarah bisa bertahan. Tatanan hidup dan sudut pandang juga berkembang dari hasil karya tulisan. Sebuah ide atau gagasan yang muncul dari para penulis akan terus menghasilkan kesimpulan baru dari penulis lain.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap