Cara Agar Sukses Berbisnis, Miliki 7 Kemampuan Penting Berikut Ini

Jika diberi pilihan, mana yang Anda pilih antara menjadi pengusaha atau menjadi karyawan? pasti Anda menjawab lebih suka menjadi pengusaha. Karena memang benar bahwa memiliki usaha atau bisnis itu jauh lebih baik dan lebih berpeluang besar untuk sukses.

Sebab, semua tergantung Anda, Anda yang menentukan kemana arah bisnis Anda. Andalah bos bagi diri Anda. Berbeda dengan karyawan kan? Anda diatur bos.

Sukses Bisnis

Akan tetapi, tetap ada juga lho karyawan yang sukses. Dengan catatan sang karyawan bekerja di perusahaan besar dengan gaji tinggi.

Fakta menyebutkan bahwa 74% orang terkaya didunia berasal dari para pebisnis. Sebuah fakta yang menunjukkan bahwa dengan berbisnis, mencapai cita – cita kebebasan finansial lebih cepat terwujud.

Orang yang sukses dalam berbisnis sebagian besar memiliki karakter. Tentu karakter yang membuat mereka berhasil. Nah kita tentu ingin seperti mereka kan, sukses luar biasa.

Untuk itu ada beberapa kemampuan bisnis yang sangat mendukung kesuksesan.

Kita tahu bahwa bisnis bukan hanya sekedar modal saja, masih ada faktor lain yaitu berupa karakter atau kemampuan pribadi yang mendukung kemajuan bisnis.

1. Memiliki rasa tanggung jawab

Memiliki rasa tanggung jawab mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis Anda.

Sebagai ilustrasi, jika Anda punya rasa tanggung jawab terhadap bisnis, sudah tentu Anda akan menjaga kualitas produk. Anda tentu tahu bahwa dengan datangnya kepercayaan konsumen pada produk Anda, maka usaha Anda bisa bertahan lama.

Contoh lainnya Anda merasa tanggung jawab mengelola keuangan, maka sudah tentu kegiatan keuangan akan sangat – sangat efektif, berjalan sesuai dengan apa yang menjadi target perusahaan.

Itulah alasan mengapa memiliki rasa tanggung jawab merupakan faktor penting ketika ingin bisnis menjadi sukses besar.

Rasa tanggung jawab dapat menimbulkan kebiasaan menguntungkan lainnya seperti :

  • Menimbulkan sikap disiplin karena merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan bisnis.
  • Tekun karena merasa bertanggung jawab agar semua urusan bisnis selesai

2. Kemampuan untuk Melihat Peluang dan Memahami Resiko

Seorang pebisnis harus mampu melihat peluang. Caranya bagaimana? Tentu dengan pengamatan dan analisa data.

Dari mana data bisa diperoleh?

Tergantung dari apa yang Anda butuhkan. Misalkan Anda butuh data trend, Anda bisa melihat dari berbagai media internet. Kemudian Anda butuh data kebiasaan konsumen Anda, maka Anda bisa melakukan survey terkait produk yang Anda jadikan bisnis.

Sebagai contoh, kapan produk sejenis laku keras, kapan musimnya atau apa trend yang terjadi saat ini. Dengan mengumpulkan data tersebut, Anda mampu melihat peluang pasar.

3. Berani Mengambil Keputusan

Seorang pebisnis sukses mampu mengambil keputusan secara tegas. Tidak mencla – mencle. Namun yang menjadi catatan adalah, keputusan dibuat berdasarkan pertimbangan, baik itu melalui analisa ataupun melalui pemikiran yang dalam.

Anda bisa belajar dari para pebisnis sukses untuk menunjang kemampuan ini. Coba tanyakan pada mereka, bagiamana cara mereka mengambil keputusan. Apa langkah yang dilakukan ketika mengambil keputusan.

Sebagai contoh, seorang pebisnis berani mengambil keputusan untuk merubah beberapa aspek produk. Tujuannya agar mengikuti trend dan inovasi. Keputusan seperti ini sudah jelas menjadi pertimbangan yang matang bagi mereka.

Nah seorang pebisni harus memiliki kemampuan ini, kapan harus bertindak dan kapan harus bersikap netral.

4. Kemampuan Mengelola Aset

Salah satu contoh orang terkaya dengan aset yang banyak bisa Anda baca tentang kisah Warrent Buffet. Anda bisa belajar bagaimana ia mampu sukses berawal dari orang biasa.

Kemampuan mengelola aset sebenarnya masih terkait kemampuan manajemen. Untuk itu, Anda perlu belajar bagaimana mengatur aset agar saling menguntungkan antara satu dan lainnya.

Jika kita lihat dari cara pandang Robert Kiyosaki, Aset merupakan sesuatu yang bisa menghasilkan income rutin untuk Anda walaupun Anda tidak mengurusi aset tersebut. Dengan demikian, waktu Anda dapat Anda tuangkan untuk membangun aset – aset yang baru.

Nah semakin banyak aset ( pasiv income Anda) maka semakin cepat pula tangga menuju kesuksesan. Agar lebih memahami, Anda bisa membaca apa itu aset menurut Robert Kiyosaki.

5. Memahami Bisnis yang Sedang Dikelola

Seorang pebisnis handal haruslah paham betul segala sesuatu tentang bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga kegiatan yang menyangkut inovasi, perubahan – perubahan ataupun strategi bisnis dapat dilakukan dengan baik.

Untuk mendapatkan ilmu terkait bisnis yang Anda kelola bisa didapat dari mana saja, bisa dari pengalaman orang lain, pengalaman sendiri atau dari kisah para pelaku bisnis yang telah sukses.

Kemampuan memahami bisnis seperti ini sudah seharusnya menjadi prioritas utama karena sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda.

6. Kemampuan Menjalin Networking

Ada sebuah quote yang menarik dari Bob Burg:

People do business with people they know like and trust

Artinya, “Orang berbisnis dengan orang yang mereka kenal, suka dan percaya”

Contoh yang paling sederhana begini:

  • Pernahkah Anda membeli sesuatu karena penjual-nya sangat akrab dengan Anda?
  • Mana yang membuat Anda merasa nyaman, Bekerja sama dengan orang yang Anda kenal atau dengan orang yang belum Anda kenal sama sekali?

Dari contoh diatas sudah jelas bahwa relasi sangat memegang peranan penting. Anda dapat mencapai level yang tinggi dengan bantuan orang lain. Kita ini makhluk sosial, saling membutuhkan dan saling membantu antara satu dan lainnya.

Nah jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, cobalah mulai dari sekarang pelajari bagaiman bentuk relasi dalam bisnis. Coba perhatikan contoh kolaborasi perusahaan besar yang ada sekarang ini. Anda akan menemukan bahwa perusahaan – perusahaan besar memiliki relasi yang besar pula.

7. Optimis dan Penuh Solusi

Apa yang membedakan antara orang sukses dan tidak? Orang yang memiliki usaha dan tidak? Perbedaannya terletak dari cara pandang seseorang.

Jika cara pandang seseorang fokus pada solusi, biasanya orang tersebut mudah mendapatkan peluang bisnis. Sedangkan orang yang penuh dengan alasan akan jauh berbeda. Untuk itu, agar Anda menjadi seorang pebisnis yang handal, belajarlah untuk selalu optimis dan selalu mencari solusi bukan alasan.

Baca juga : Bisnis Dropship Merupakan Bisnis Online Tanpa Modal atau Produk

Sebenarnya masih ada banyak sekali tips tentang kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Artikel ini belum lah lengkap. Anda dapat membaca tips – tips lainnya di media internet lainnya.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jika ada pertanyaaan atau tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: March 14, 2018 — 1:45 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap