Cara Agar Visitor Blog Terus Mengalami Peningkatan Secara Cepat

Meningkatkan Visitor Blog

Memiliki blog dengan trafik tinggi dan terus mengalami peningkatan akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Dengan demikian, blog yang terus mengalami peningkatan jumlah visitor merupakan dambaan semua blogger, dan hal inilah yang menjadi pertanyaan. Bagaimana caranya agar bisa seperti itu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus mau meneliti dan melihat fakta yang ada. Baik itu dengan membaca artikel dari berbagai sumber terpercaya atau langsung bertanya dengan pemilik blog yang sudah berpengalaman.

Untuk membuat blog terus mengalami peningkatan dari segi trafik, ada 4 komponen penting yang sangat berpengaruh.

  1. Topik yang dipilih
  2. Kualitas Artikel
  3. Desain Blog
  4. Kecepatan loading blog

1. Memilih Topik yang Tepat

Pemilihan jenis topik memang berpengaruh. Entah itu bagi blog gado – gado atau bagi blog spesifik. Mengapa? Karena kita tahu bahwa ada korelasi antara topik, peminat dan jumlah persaingan.

Contohnya begini, jika Anda memilih topik yang ramai peminat, rank seo blog Anda baik di mata search engine, sudah dapat dipastikan bahwa blog Anda akan kebanjiran pengunjung.

Nah dari sini kita harus pintar mencari peluang, terutama bagi blog baru untuk bersaing dengan blogger papan atas yang sudah terlebih dahulu menguasai mesin pencari.

Anda pun harus berani bersaing dengan cara sehat, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas tulisan artikel Anda.

Hal ini akan kita bahas pada faktor kedua.

Topik sebenarnya sangat erat kaitannya dengan riset kata kunci, maka dari itu, sebelum Anda membuat blog baru atau ingin membuat artikel, ada baiknya melihat terlebih dahulu potensi rank blog Anda di mesin pencari.

Mengapa pemilihan topik itu penting?

Anda harus tahu terlebih dahulu dimana bakat dan minat Anda, atau mengetahui apa saja yang menjadi kesukaan Anda.

Mengapa?

Ketika topik yang Anda pilih benar – benar Anda kuasai atau setidaknya Anda mampu menguasainya, Anda akan mudah untuk selalu menerbitkan artikel. Untuk itu, ada baiknya carilah topik yang bisa membuat Anda happy ketika menulis artikel.

Berbeda dengan blogger yang sudah berpenghasilan, tulisan bisa dibuat dengan cara mempekerjakan para penulis lepas.

Ada 2 Alasan Untuk Memilih Topik Blog
  • Pertama berdasarkan minat atau hobi : Caranya adalah seperti yang telah disebutkan diatas yaitu mencari tahu bakat dan minat Anda ada dimana. Kemudian buatlah blog dengna tema tersebut.
  • Kedua berdasarkan Riset Keyword : Riset keyword yaitu penelitian kata kunci. Tema blog dibuat berdasarkan pertimbangan analisa pasar  yang ada. Dengan cara mencari kata kunci yang paling potensial baik dari segi pencari dan jumlah persaingan.

2. Kualitas Artikel Itu Penting Agar Blog Bisa Tampil Terbaik Di Mesin Pencari

Konten is the king, kata ini merupakan kata yang paling sering kita dengar. Banyak blogger pengalaman berpendapat sama yaitu konten merupakan faktor penentu kesuksesan sebuah blog.

Mesin pencari sekarang ini mengukur kualitas blog berdasarkan faktor pengalaman pengguna. Ketika blog Anda memberikan user experience yang tinggi, maka blog akan terus mengalami peningkatan trafik.

Caranya bagaimana?

Kuasai temanya terlebih dahulu. Saat Anda menulis artikel, pelajari dan lakukan riset teriebih dahulu mengenai tulisan Anda. Lengkapi dengan data, gambar dan beberapa item pendukung lainnya agar artikel Anda semakin menarik.

Atau, Anda bisa merubah mindset Anda yaitu bertujuan membantu orang lain dengan karya tulisan Anda pada blog. Buatlah tulisan yang benar – benar memberikan manfaat, memberikan solusi dan enak dibaca.

3. Desain Blog

Sebagus apapun artikel Anda haruslah didukung dengan tampilan yang menarik. Terutama pemilihan jenis tulisan yang paling umum dan disukai oleh masyarakat ramai.

Nah selain jenis tulisan yang dipilih, theme/template juga memberikan dampak. Ada baiknya carilah theme yang paling umum dan sudah terbukti sangat disukai oelh pembaca.

Anda bisa meniru blog besar, tapi jangan terlalu sama, berikan pembeda untuk membeirkan ciri khas blog Anda.

3. Kecepatan Loading Blog

Tiga faktor diatas semuanya penting, begitu juga dengan kecepatan loading blog. Loading blog berpengaruh langsung pada user experience. Semakin cepat blog Anda saat diakses, maka semakin baik skor user experience yang akan Anda dapatkan.

Lakukan penelitian yang cermat ketika memilih jasa layanan hosting. Carilah hositng yang memberikan jaminan uptime 100% dan kecepatan akses tinggi.

Saya tidak bisa memberikan saran nama – nama layanan hosting mana yang baik dan tidak. Karena hal ini menyangkut privasi masing – masing provider hosting.

Anda bisa mencari di forum dan meminta bantuan blogger yang sudah berpengalaman di dunia internet. Lakukan riset secara teliti sebelum membeli.

Baca juga : Kebiasaan Blogger Hebat yang Membuat Mereka Sukses Besar

Kesimpulan :

Bagaimana pendapat Anda? Saya rasa 4 faktor diatas merupakan faktor yang menentukan agar blog Anda mengalami peningkatan dari segi visitor. Jika ada tambahan ataupun pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: January 7, 2018 — 5:09 pm

2 Comments

Add a Comment
  1. pusing saja sudah praktekin tapi masih dikit aja pengunjungnya…

    1. Sabar, coba cari tahu dimana masalahnya. Misalkan apakah paragraph artikel terlalu panjang? Jenis huruf dipilih? dll..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap