Cara Belajar Untuk Menjadi Seorang Penulis Artikel Online

Sekarang ini begitu banyak media yang menggunakan jasa penulis untuk mengisi konten mereka. Sebut saja seperti media portal berita, media blog pribadi atau media online lain yang memang secara langsung membutuhkan artikel untuk melakukan kegiatan promosi.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba untuk menjadi seorang penulis artikel lepas, manfaatkan kesempatan tersebut untuk menguji sekaligus mengasah kemampuan anda menjadi seorang penulis artikel. Syaratnya tentu ada niat dan kemauan untuk berkarya dibidang ke-penulisan.

Bicara masalah pendapatan dibidang tulis menulis menurut saya sih lumayan, Anda bisa mendapatkan sekitar 30 – 35+ ribu rupiah untuk setiap artikel 1000 kata. Bahkan mungkin bisa lebih, tergantung dari bukti seberapa bagus artikel yang Anda buat.

Menjadi Penulis konten

Bukti bisa Anda dapatkan setelah para pengguna jasa Anda membuktikan sendiri bahwa artikel buatan Anda mampu tampil terbaik di mesin pencari. Jika sudah seperti ini, biasanya para pelanggan Anda dengan senang hati ikut menyebarkan jasa Anda.

Pengguna jasa penulis artikel, sanggup membayar mahal asalkan konten yang Anda buat merupakan artikel terbaik dan berkualitas. Karena mereka paham bahwa agar blog atau website mereka mendapat rangkin seo maka mereka harus terus menyajikan artikel terbaik.

Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya membuat artikel yang bagus. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang penulis artikel lepas online yang berkualitas.

Mencari informasi sebanyak banyaknya berkaitan dengan dunia tulis menulis.

Ya langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah cobalah untuk rajin mencari informasi, cobalah rajin mencari apapun informasi yang terkait dengan tema tulisan yang ingin Anda buat.

Selain tujuan belajar dan mencari informasi, kegiatan seperti ini melatih kepribadian kita untuk selalu rajin membaca. Secara garis besar para penulis lain pasti menyarankan hal yang sama. Karena nyatanya membaca bisa meningkatkan kemampuan kosakata dan tulisan Anda menjadi semakin baik.

Kita sering mendangar istilah speak comes from listening, writting comes from reading, istilah ini tepat seperti apa yang kita bahas di atas.

Tak percaya? Coba saja Anda rajin membaca setiap hari, lalu perhatikan ada saja ilmu baru yang bisa Anda terapkan pada tulisan Anda. Atau kita akan selalu mendapatkan ide fresh setiap hari.

Zaman sekarang kegiatan membaca bukan hanya bisa dilakukan di pustaka, Anda bisa membaca darimana pun dan kapanpun. Gunakan laptop atau gadget Anda untuk berselancar di internet. Cari informasi yang terkait dengan tema tulisan yang ingin anda jadikan latihan.

Untuk membuat artikel yang berkualitas memang membutuhkan waktu, membutuhkan riset yang lengkap. Untuk itu, tips pertama ini saya rasa begitu penting bagi kita yang ingin agar hasil tulisan menjadi semakin baik.

Coba cari daftar media online yang menerima penulis lepas

Stelah Anda rajin membaca informasi dan telah mulai praktek menulis. Langkah selanjtunya cobalah mencari daftar situs yang menerima penulis lepas. Baik itu penulis tamu (Guest Blog), kontributor atau situs berbentuk komuniti.

Jadikan media tersebut untuk latihan menulis Anda. Cara ini cukup efektif untuk mempercepat kemampuan menulis. Mengapa? Karena media – media online biasanya hanya menerima tulisan yang berkualitas. Dengan demikian, Anda dapat mengukur kemampuan anda sampai dimana.

Jika tulisan Anda terbit, berarti kualitas artikel Anda telah diakui.

Berikut ini beberapa media yang bisa Anda jadikan tempat untuk latihan menulis sekaligus mempromosikan diri sebagai seroang penulis.

  1. Forum kaskus
  2. Forum kompasiana
  3. Forum detik
  4. Merdeka
  5. Dan masih banyak lagi.

Selain itu, coba juga portal blog yang menerima guest post seperti

  1. Jalantikus
  2. Hipwee
  3. dkk

Promosikan jasa Anda lewat beberapa cara berikut ini

Agar orang lain cepat mengetahui keberadaan jasa Anda, maka langkah penting selanjutnya adalah lakukan promosi yang masif. Anda bisa menggunakan jalur ofline dan online. Akan tetapi, karena target kita merupakan media online, akan lebih baik lagi jika Anda melakukan promosi juga melalui media online.

Gunakan saja media sosial terlebih dahulu untuk langkah awal jika Anda belum memliki modal untuk membangun sebuah website. Media sosial merupakan tempat terbaik untuk melakukan promosi. Atau jika Anda cukup nekat dan memiliki modal, Anda bisa melakukan prmosi lewat media iklan seperti Google Adword.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk kegiatan promosi jasa konten writer Anda.

  1. Iklan melalui Google Adword
  2. Google Plus
  3. Facebook
  4. Instagram
  5. Twitter

Secara umum media diatas sering sekali digunakan oleh para marketing internet untuk melakukan promosi. Jadi, memang benar, sekarang ini media sosial cukup efektif.

Lebih efektif lagi tentu menggunakan media website. Akan tetapi, Anda perlu pengetahuan lain. Menggunakan media website butuh beberapa penanganan khusus, terutama pada tema yang memiliki tingkat persaingan cukup tinggi. Bidang konten writer saya rasa memang memiliki tingkat kompetisi lumayan, akan tetapi, jika kualitas artikel Anda memang sudah teruji, maka jasa Anda bisa cepat terkenal dan tersebar dikalangan immers.

Berikan layanan terbaik

Pembeli adalah raja. Dengan demikian agar jasa Anda mudah terkenal, berikan layanan terbaik. Konsumen akan merasa senang, dan mereka bisa dengan senang hati pula menyebarkan jasa Anda ke orang lain.

Anda bisa memberikan pelayanan yang ramah, fast respon, menyediakan chat dan saran. Semua itu bisa Anda jadikan poin plus agar konsumen bisa terus berlangganan dengan jasa artikel Anda.

Baca juga : Ingin Jadi Seorang Penulis? Berikut Tips yang Bisa Kamu Coba

Semoga penjelasan diatas dapat membantu dan memberikan gambaran bagi Anda yang ingin menjadi seorang penulis artikel lepas secara online. Selamat mencoba dan salam sukses selalu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap