Cara Cepat Membuat Ukuran Kertas F4 Di Komputer OS Windows

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 – Secara default setiap komputer tidak menyertakan setting ukuran kertas F4 ini sebagai setup bawaan. Padahal penggunaan jenis ukuran kertas F4 ini hampir sering kita jumpai dalam pekerjaan atau pun pembuatan surat SK. Oleh karena itu artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat ukuran kertas F4 pada komputer sobat secara permanen. Jadi nanti Anda simpan saja pengaturan F4 ini di komputer untuk di gunakan selanjutnya.

Sekedar menambah pengetahuan saja, jenis kertas kertas F4 biasanya juga disebut sebagai kertas Folio. Lalu bagai mana Untuk ukuran kertas legal? , Kertas legal sendiri sangat berbeda dengan kertas F4,Hal ini terlihat dari ukuran panjangnya saja sedangkan untuk ukuran lebarnya sama.

Berikut ini beberapa metode bagaimana cara membuat ukuran kertas F4 di komputer OS Windows yang mana sebenarnya bisa di kerjakan langsung dari setting printer. Dan bagi yang ingin mengetahui cara setting masing masing pada program Word, excel dan photoshop dapat di lihat pada tutorial berikut ini.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

Sekarang kita bahas bagaimana cara membuat ukuran kertas F4 di Microsoft Word. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya tentang sistem unit yang di pakai, yaitu unit imperial dan metrik. Silahkan pilih salah satu di antara keduanya.

Sebelum itu ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ukuran kertas f4 dari berbagai satuan. Ukuran kertas f4 dalam satuan milimeter adalah 215 kali 330. Jika satuan sentimeter maka menjadi 21,5 kali 33. Sedangkan jika satuan inchi menjadi 8,268 “ x 12,992 “.

Pada penjelasan berikut ini saya menggunakan satuan cm ukuran kertas F4 dalam satuan cm yaitu 21,4 cm kali 33 cm maka selanjutnya kita setting ke pengaturan tersebut.

Silahkan klik pada bagian tab Page Layout kemudian Anda klik pada bagian panah kecil yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini, atau anda klik pada menu Size kemudian pada menu dropdown anda pilih More Paper Size. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan pada gambar berikut ini.

membuat ukuran kertas f4

Kemudian akan tampil jendela Page Setup untuk mengatur ukuran jenis kertas apapun sesuai dengan keinginan kita, silahkan Anda klik pada tab Paper. Nah karena kita membuat ukuran kertas F4 maka kita isikan pada kolom width (lebar) yaitu 21,5 cm dan pada kolom height (tinggi ) yaitu 33 cm. Setelah selesai silahkan klik Ok untuk menyimpan pengaturan membuat ukuran kertas F4 ini.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Di Microsoft Excel

Lalu, bagai mana jika kita menggunakan microsoft excel? Nah untuk Untuk membuat ukuran kertas F4 pada microsoft excel sebenarnya kita mengatur pada langsung pada printer. Dengan demikian di komputer atau laptop anda harus terinstall driver printer terlebih dahulu.

Hal ini lah yang menyebabkan kenapa ketika file excel yang Anda punya jika di buka pada komputer lain maka page setup nya berbeda. Tampilan pengaturan juga akan berbeda, hal ini tergantung dari jenis printer yang terinstall pada komputer Anda. Saya disini menggunakan printer jenis cannon MP270. Untuk itu, sesuaikan saja dengan jenis tampilan pada setup printer Anda.

Silahkan buka file microsoft excel anda lalu klik pada bagian Page Layout. Klik panah kecil pada sudut bagian bawah, setelah terbuka tampilan Page Setup Anda klik pada tombol Option. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan pada gambar di bawah ini.

Membuat Ukuran Kertas F4

Selanjutnya akan tampil Printer Properties. Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa tampilan akan berbeda sesuai dengan jenis print yang terinstall pada komputer atau laptop Anda. Untuk itu carilah menu pada printer properties yang biasanya tersedia tab umum atau general.

Pada contoh ini saya menggunakan tab Pengesetan Cepat kemudian memilih bagian ukuran kertas, lalu klik pada bagian serasi kan. Gambar berikut ini merupakan tampilan Canon MP270 yang terinstall  pada laptop saya. Jadi jika jenis printer anda berbeda maka sesuaikan saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas F4

Selanjutnya untuk membuat ukuran kertas F4 tersebut Anda tentukan pada kolom isian sesuai dengan satuan yang telah saya jelaskan di atas tadi. Pada printer Canon mp270 ini satuannya mm, sehingga pada kolom lebar isikan dengan 215 mm dan pada kolom tinggi isikan dengan 330 mm . Setelah selesai silahkan klik ok untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Di Adobe Photoshop

Membuat ukuran kertas F4 pada photoshop tidak lah sulit. Klik New kemudian akan tampil jendela setting ukuran kertas. Silahkan anda isi pada bagian kolom lebar dan tingginya dengan ukuran kertas F4 yang telah di jelaskan diatas.

Biasanya secara default photoshop menggunakan satuan pixel dalam menentukan lebar dan tinggi tampilan kertasnya. Nah pada contoh ini saya mengubahnya menjadi sentimeter. Untuk lebih jelasnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Membuat ukuran Kertas F4 pada Photoshop

Pada contoh di atas saya menggunakan photoshop cs6. Saya rasa tidak jauh berbeda dengan versi yang lain. Jadi, alangkah baiknya jika Anda mengatur terlebih dahulu jenis kertasnya ketika akan bekerja dengan photoshop. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengatur design nantinya.

Untuk cara mengatur dan membuat ukuran kertas F4 saat mencetak pada printer, anda bisa melihat tutorial berikut ini, tentang bagaimana cara membuat ukuran kertas F4 pada printer dengan mudah. Nah perlu di ketahui bahwa, dengan mengatur kertas pada tutorial berikut ini akan memudahkan Anda bekerja selanjutnya.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Segala Jenis Printer

Untuk mengatur atau membuat kertas F4 langsung dari driver printer pada komputer anda, silahkan anda masuk pada Start kemudian pilih Device And Printer . Selanjutnya akan tampil berbagai jenis printer yang telah di install pada komputer yang Anda gunakan. Pilih jenis printer yang sedang di gunakan lalu anda klik kanan kemudian arahkan mouse anda ke Printer Properties kemudian akan muncul jendela printing preference.

Pada contoh ini saya menggunakan printer IP1900, kemudian anda klik pada tab Page Setup lalu klik pada bagian Page Size. Kemudian pilih Custom dan isi pada kolom lebar dan tingginya seperti pada contoh – contoh sebelumnya. Untuk memudahkan Anda dapat melihat pada gambar dibawah ini.

Membuat Ukuran Kertas F4 pada printer

Ada beberapa printer yang memang mendukung untuk membuat kertas F4 secara permanen di komputer. Artinya Anda hanya perlu melakukan sekali setting saja pada driver printer ini. Selanjutnya pada seluruh program yang ada pada komputer anda akan secara otomatis terdapat pengaturan tersebut.

Untuk kedua jenis printer yang saya gunakan di atas, tidak terdapat opsi tersebut. Sehingga pada contoh di atas kita harus secara manual merubah Setting tersebut.Semoga artikel tentang bagaimana membuat kertas ukuran F4 ini dapat membantu teman – teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Updated: September 14, 2017 — 7:07 pm

2 Comments

Add a Comment
  1. Oke, bisa dipelajari dan ternyata benar. Bermanfaat sekali tutorialnya. Sukses buat kolamsatu.com

    1. Terimakasih atas kunjungannya. Saya lihat blog niche bisakomputer malah lebih lengkap ilmunya tentang komputer. Salam sukses kembali gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap