Cara Cepat Mengganti Background Di photoshop Dengan mudah

Bagi kamu yang ingin mengganti background foto sebenarnya sangat mudah sekali. Kamu hanya butuh aplikasi photoshop di laptop kamu. Kemudian ikuti tutorial dibawah ini. Mudah dan nggak ribet.

Mengganti background foto sering kita lakukan untuk bermacam – macam keperluan. Seperti untuk membuat pas foto mengganti latar dll. Jika kamu sudah menguasainya, kamu tidak perlu lagi ke studio foto kalau hanya ingin mengganti background.

Nah jika kamu ingin membuat pas foto sendiri, cukup miliki saja kamera biasa. Kamera handphone pun bisa, yang penting kualitasnya agak bagusan dikit. Selanjutnya install software photoshop. Kalau bisa cari versi yang terbaru. Mengapa? Versi terbaru sangat menguntungkan, tutorial yang ada sekarang tentu banyak yang menerbitkan versi terbaru.

Kamu bisa mencari software photoshop ini dengan bantuan mesin pencari, silahkan cari kemudian install aplikasi tersebut pada komputer akmu.

Berikut cara ganti background foto dengan mudah menggunakan photoshop

Sobat bisa mengganti background dengan berbagai cara, kuasai satu persatu saja terlebih dahulu. Jangan pusing, mudah kok. Berikut ini saya akan membuat turolial dengan cara gampang dan mudah. Cukup dengan beberapa langkah saja sobat sudah bisa mengganti background.

Langkah 1

Buka terlebih dahulu aplikasi photoshop sobat, lalu load gambar yang ingin sobat ganti backgroundnya. Berikut ini saya buka 2 gambar.

  1. Gambar foto yang akan di hapus background
  2. Gambar yang akan dijadikan background.

Untuk cara load gambar atau foto ke dalam photoshop, caranya adalah pilih File => Open => Lalu cari folder yang menyimpan gambar atau foto sobat. Perhatikan gambar berikut ini, 2 buah foto sudah saya load ke dalam photoshop terlebih dahulu.

Jika langkahnya benar, akan muncul 2 buah layer.

cara ganti background foto

Pada contoh diatas, pastikan layer yang aktif adalah layer foto yang akan kita buang backgroundnya. Jika Anda ingin memindahkan susunan layer, caranya mudah, lakukan dengan cara tekan mouse kiri, tahan lalu geser keatas.

Langkah 2

Setelah selesai, langkah selanjutnya kita akan menghapus bagian latar belakang foto. Anda bisa menggunakan beberapa opsi seperti pen, penghapus dll. Akan tetapi, kali ini kita akan menggunakan tool Quick Selection Tool.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda perhatikan gambar dibawah ini.

ganti background foto

Ikuti saja penormoran yang telah saya buat diatas. Langkah pertama yaitu memilih layer, pilih layer foto Anda yang paling atas. Lanjutkan dengan langkah berikutnya. Silahkan Anda lihat ilustrasi gambar diatas. Mudah bukan?

Nah pada gambar diatas terlihat langkah ke 5 yaitu memlih refine edge. Gambar dibawah Berikut ini merupakan tampilan refine edge. Tool ini berfungsi untuk memperhalus bagian selection yang telah anda buat sebelumnya. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Langkah 3

Berikut ini tampilan jendela refine edge yang berfungsi untuk membuat tampilan selection Anda menjadi lebih halus. Terutama pada bagian rambut keriting foto di atas. Langkah selanjutnya, atur smoth dan berbagai jenis setting lain.

Pada tutorial kali ini, kita atur saja smooth atau sudut agar lebih halus. Berikut contoh gambar agar lebih memudahkan sobat.

background foto dengan photoshop

Setelah Anda mengatur smoth dan beberapa setting yang lain, langkah selanjutnya pilih jenis output. Pada contoh diatas saya gunakan new layer. Lalu tekan Ok. Sekarang foto Sobat sudah selesai diganti backgroundnya. Untuk elbih jelasnya lihat contoh gambar dibawah ini.

Berikut ini merupakan hasil editing yang telah kita pelajari. Jika langkahnya benar, output yang dihasilkan akan terlihat seperti ilustrasi dibawah. Pada gambar ilustrasi dibawah terlihat ada 3 layer.

cara ganti background foto dengan photoshop

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah tadi beberapa cara mengganti background foto dengan photoshop secara mudah. Langkah diatas bisa sobat terapkan untuk berbagai jenis keperluan. Soba bisa mengganti foto yang sobat miliki.

Untuk cara lain, nanti akan saya buatkan. Ada metode menghapus background dengan eraser. Atau sobat bisa menggunakan metode layer mask.

Saya sangat menyarankan sobat bermain layer dan mask. karena trik tersebut sangat membantu sobat memahami dengan cepat belajar photoshop.

Baca juga: Belajar Teknik Dasar Editing Foto Menggunakan Photoshop

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan kirim dengan cara menuliskan pada kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini dapat membantu sobat. Terimakasih.




Updated: August 24, 2017 — 7:46 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap