Tips Cara Cepat Menulis Artikel Dan Berkualitas Untuk Blog

Cara Cepat Menulis Artikel

Menulis Cepat

Kesuksesan sebuah blog tak terlepas dari bagaimana manajemen konten. Semakin berkualitas konten yang diterbitkan, maka peluang blog untuk sukses semakin terbuka lebar. Baik itu sukses dari segi pengunjung dan sukses dari segi serp mesin pencari . Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita berbicara soal menulis artikel dengan cepat yaitu menjaga kualitas konten yang ditulis.

Saya percaya, Anda bisa saja menulis ribuan kata dalam waktu beberapa menit. Akan tetapi apakah Anda yakin bisa menjaga isi kualitas tulisan tersebut? Nah untuk mencapai kemampuan itu, ada beberapa tips yang bisa kita coba.

  1. Lakukan Riset
  2. Buat draf artikel terlebih dahulu
  3. Gunakan Kalimat Efektif
  4. Tulis terlebih dahulu lalu revisi

1 . Lakukan Riset

Anda bisa menulis dengan cepat tanpa berfikir panjang ketika Anda tahu dan paham secara detail tentang apa yang Anda tulis. Itulah mengapa langkah pertama disarankan untuk menguasai tema terlebih dahulu dengan cara riset detail. Berikut ini ada beberapa poin yang bisa membantu Anda memahami topik artikel yang akan Anda tulis

  • Baca referensi sebanyak mungkin
  • Temukan gambaran umum
  • Cari data dan fakta yang ada

a. Baca referensi sebanyak mungkin

Membaca artikel orang lain yang terkait dengan topik artikel yang Anda tulis dapat membantu Anda menjadi lebih mahir. Mahir dalam memilih kosakata, cara penyampaian dan mahir dalam melengkapi artikel Anda. Sehingga, artikel Anda bisa menjadi lebih lengkap dan lebih menarik daripada artikel orang lain. Poin seperti ini sudah menjadi faktor rangking blog Anda menjadi semakin baik.

Artikel sudah  menjamur di internet, semuanya tergantung Anda, mau apa tidak untuk memahami secara detail topik artikel yang ingin ditulis. Saya yakin jika Anda paham dan melakukan riset dengan benar, maka menulis artikel cepat bisa Anda kuasai dengan mudah.

b. Menemukan gambaran umum

Gambaran umum yaitu berupa garis besar poin – poin penting yang ingin Anda sampaikan pada artikel yang ditulis. Cara ini dapat membantu Anda untuk menentukan sub topik atau draff pada artikel Anda nantinya. Baca terlebih dahulu referensi secara cepat, temukan gambarannya, lalu susun dengan mencatat poin penting secara garis besar terlebih dahulu.

c. Cari data dan fakta

Sebuah artikel tidak akan lengkap jika tidak tersedia data pendukung. Data pendukung bisa berupa gambar infografis dan beberapa nilai fakta lainnya. Sehingga artikel yang Anda tulis akan terlihat lebih hidup dan lengkap. Pembaca akan lebih terkesan dan bahkan bisa membagikan artikel Anda secara suka rela di media sosial, forum dan blog pribadi mereka.

Ada yang menjadi catatan penting, yaitu carilah sumber data yang jelas dan kredibel. Teknologi saat ini memberikan kita kemudahan dalam menemukan data pendukung seperti ini. Atau, anda bisa membuka polling jajak pendapat dan melakukan penelitian sendiri untuk perlengkapan Artikel yang ditulis. Anda juga bisa menggunakan data yang pernah Anda peroleh dari hasil pengamatan yang Anda lakukan.

2. Buat Draf Artikel Terlebih Dahulu

Artikel yang mengalir biasanya telah direncanakan dengan matang terlebih dahulu. Seperti dengan membuat draf artikel atau kerangka artikel. Pembuatan draf sebelum menulis artikel dapat membantu tulisan Anda menjadi lebih terarah, mudah dalam penulisan dan pembaca pun mudah dalam memahami isi artikel Anda.

Semakin detail Anda melakukan riset, maka semakin baik draf yang bisa Anda buat. Seperti yang telah saya sebutkan pada poin satu diatas. Carilah referensi yang lengkap, kemudian temukan beberapa poin penting yang ada. Jika Anda ingin membuat artikel lebih lengkap, Anda bisa menambahkan poin yang tidak ada pada artikel orang lain.

3. Gunakan Kalimat Yang Efektif

Membuat artikel untuk blog bisa dibilang gampang – gampang susah. Karena selain menjaga agar tulisan menggunakan kalimat efektif, kita juga memperhatikan kata kunci yang ditargetkan. Akan tetapi selama ini saya cenderung menulis saja dan tidak begitu memperhatikan kata kunci yang saya target. Karena saya lebih mengutamakan bagaimana agar tulisan yang saya buat mudah dimengerti oleh pembaca. Walaupun demikian, saya tetap meletakkan beberapa kata kunci utama atau pun kata kunci yang relevan dengan target yang telah dibidik.

4. Tulis Terlebih Dahulu Lalu Revisi

Pernahkah Anda mengalami setelah menulis satu paragraf, Anda menemukan beberapa kalimat yang Anda pikir tidak cocok, lalu menghapus kalimat tersebut. Kemudian tanpa sadar malah menghapus keseluruhan paragraf bahkan hingga ke judul artikel?

Jika pernah, ada solusi terbaik untuk mengatasi hal ini, yaitu selain menguasai tema artikel, Anda tulis saja terlebih dahulu tanpa melakukan editing. Tuangkan apapun yang ada di pikiran Anda hingga tulisan selesai. Setelah itu, lakukan editing dengan memilih kalimat yang tepat. atau menambah beberapa catatan penting.

Baca Juga : Cara Mudah Belajar Menulis Artikel Dengan Cepat

Kesimpulan :

Beberapa langkah diatas seperti mempersiapkan bahan artikel dengan riset, pembuatan draf, sebenarnya bisa dikatakan sebagai langkah pre-writing. Yaitu langkah persiapan sebelum menulis. Anda bisa mempelajari bagaimana metode pre-writing lainnya di internet untuk mempertajam kemampuan Anda dalam menulis. Semoga dengan beberapa tips sederhana diatas, kemampuan menulis Anda bisa menjadi semakin baik dari waktu ke waktu. Bukan tidak mungkin suatu saat Anda bisa menjadi seorang penulis terkenal.

Updated: May 21, 2017 — 10:06 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap