[Terbaik] Ini dia Cara Jadi Youtuber Sukses Bagi Pemula

cara jadi youtuber sukses

Apakah Anda ingin jadi Youtuber? Sering dengar kisah sukses mereka? Lalu Anda bingung mulai dari mana?

Oke, untuk itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan pengetahuan penting yang perlu Anda ketahui.

Ternyata banyak orang yang berhasil sukses melalui platform Youtube. Sebut saja seperti Atta, Raditya, jess no limit dan masih banyak lagi. Mereka berhasil dari segi ketenaran ataupun berhasil dari segi pendapatan.

Lalu, mungkin Anda bertanya, Apa rahasianya? Bagaimana caranya?

Nah, pada artikel ini admin akan menuliskan apa saja rahasia atau tips yang bisa menjadikan mereka sukses. Tentu saja perlu diingat, mengetahui tips bukan berarti bisa langsung, perlu praktek dan pemahaman serta konsisten dari masing masing pribadi

1.Tentukan prioritas Audien Anda

Sebelum memulai atau sedang dalam membangun channel, langkah pertama tentukan terlebih dahulu prioritas dari audien Anda.

Kebanyakan orang memulai tanpa rencana ini, tanpa pengetahuan tentang audien. Ini harus dihindari, mulailah dengan perencanaan siapa penonton Anda.

Contohnya begini : Jika Anda ahli memasak, cobalah target audien ibu ibu, maka setiap Anda merencanakan konten, buatlah konten  yang memang untuk mereka.

Contoh lagi: Misalkan Anda jago atau ahli gaming, Maka carilah cara bagaimana agar para peminat gaming akan terpesona dengan konten Anda.

2. Jaga Kesabaran

Menjadi Youtuber sukses bukan perkara mudah. Perlu kesabaran tingkat tinggi. Anda harus fokus pada bagaimana penyajian konten menarik. Untuk itu, Jangan berfikir ingin instan, tapi fokuslah pada penciptaan konten.

Buatlah jadwal secara rutin kapan Anda harus syuting membuat konten, kapan upload atau kapan waktu untuk merencanakan konten selanjutnya.

Agar terus tetap bersemangat, cobalah untuk membuat target harian, mingguan atau jangka panjang. Tulis secara jelas di buku plan Anda. Cara ini cukup efektif untuk terus memotivasi diri Anda.

3. Tetapkan Target yang Terukur

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya. Agar channel Youtube Anda terus berkembang, maka buatlah target yang teratur. Sebagai contoh target 1000 subscriber dalam waktu 6 bulan.

Nah target yang terukur dan tidak berlebihan bisa menghindari Anda dari fikiran instan. Cara ini juga cukup efektif membuat mood Anda tetap terjaga ketika membangun sebuah chanel Youtube.

Tapi tenang, bukan tidak mungkin jika konten video Anda benar benar bagus, target 1000 subscriber pertama lebih cepat tercapai. Bukan perkara tidak mungkin hal itu terjadi jika konten Anda memiliki daya tarik tinggi.

4. Pilih Bidang yang Anda kuasai atau Anda minati

Cara menjadi Youtuber berhasil dan sukses berikutnya adalah Anda harus mengetahui dimana minat dan passion Anda. Mengapa? Sebab secara otomatis, jika Anda menguasai bidang tersebut, maka konten konten yang dihasilkan akan sangat menarik.

Berikut ini dampak jika Anda mengerjakan konten sesuai minat dan passion:

  • Mudah dalam membuat konten karena Anda menguasai bidang
  • Konten menjadi semakin menarik
  • Mudah membangun audien karena Anda faham apa keinginan mereka.

Jika Anda bingung  mengenai ide atau bidang yang ingin dikerjakan, berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda perhatikan.

  1. Bidang kuliner => Tentang masak memasak, mukbang, berburu makanan.
  2. Traveling => Menjelajah tempat wisata, vlog ditempat wisata
  3. Gaming => Konten gameplay, tutorial gameplay
  4. Fashion => Trend fashion
  5. Teknologi => Review produk, Berita teknologi, Service
  6. Sport => Tutorial senam, seni menari dll
  7. Music.=> Tutorial music, cover lagu, aransemen lagu

Selanjutnya, usahakan agar tetap fokus pada bidang yang Anda pilih. Namun sebelum itu, lakukan penelitian terlebih dahulu, apakah bidang yang Anda kerjakan banyak peminatnya. Langkah ini penting agar konten Anda ditonton oleh banyak orang.

5. Jalin Kolaborasi

Cara ini memang sangat membantu Anda cepat sukses menjadi Youtuber. Yaitu dengan cara kolaborasi dengan Youtuber yang sudah memiliki nama. Biasanya dari kolaborasi Youtuber pemula lebih cepat berkembang.

Sebab, audien dari youtuber yang Anda ajak kolaborasi bisa juga menjadi audien Anda. Nah, hal inilah yang sangat membantu channel Anda menjadi lebih cepat berkembang. Apalagi Anda lakukan kolaborasi sejak awal, sudah barang tentu dampaknya akan sangat luar biasa.

Perlu dicatat bahwa konten Anda juga harus menarik bahkan lebih menarik dari yang lain. Ataupun lebih unik sehingga memikat audien.

Untuk menjalin kolaborasi memang bukan perkara mudah, Anda harus memiliki kenalan dekat atau bentuk kerja sama dengan Youtuber lain.

6. Buat konten yang sangat sangat menarik

Ya, ini poin yang paling penting. Jika Anda ingin Youtube Anda cepat berkembang. Berikan alasan mengapa mereka harus menonton video Anda. Berikan sesuatu yang paling menarik yang bisa Anda buat.

Nah selanjutnya coba belajar tentang retensi penonton. Anda wajib tahu tentang apa itu retensi penonton.

Retensi penonton adalah jumlah menit tontonan pada video Anda. Semakin lama semakin baik. Untuk itu, usahakan agar penonton tetap bertahan lama pada konten video Anda. Dengan cara ini. Algoritma mesin Youtube akan memberikan poin tinggi pada video Anda.

Itulah alasan mengapa konten selalu direkomendasikan oleh Youtube. Hal tersebut karena retensi penonton sangat tinggi.

7. Temukan Ciri Khas

Coba temukan apa yang menjadi ciri khas dari diri Anda. Ciri khas bisa menjadi daya tarik yang luar biasa. Sebagai contoh ciri khas logat penyampaian. Misalkan Youtuber bayu skak, dia menyampaikan dengan logat khas nya. Itu menjadi poin menarik bagi channel bayu skak selain konten nya juga memang menarik.

Ciri khas bisa saja seperti kemampuan Anda guyon, kemampuan Anda berkomunikasi atau kemampuan Anda mempertahankan karakter Anda.

8. Konsisten dan Konsisten

Setelah Anda menguasai beberapa ilmu bagaimana cara membangun Youtube sukses, maka poin penting berikutnya adalah tetaplah konsisten.

Ya, konsisten itu penting. Jangan berharap instan jika masih baru, tetaplah terus berkarya memberikan yang terbaik. Tetapkan target dan temukan motivasi dengan menemukan alasan yang kuat mengapa Anda harus konsisten.

Tidak peduli berapa banyak artikel yang telah Anda baca, tidak peduli berapa banyak ilmu yang sudah Anda kuasai. Namun ada satu hal yang penting yaitu praktek dan konsisten. Terus menerus secara konsisten dengan tidak ada alasan. Itulah alasan mengapa banyak youtuber yang berhasil selalu mengajak untuk tetap semangat dan konsisten.

9. Belajar dari Fitur Analisis

Langkah selanjutnya setelah konten konten Anda di upload dan ditonton. Coba pelajari halaman Analisis yang disediakan Youtube. Dari fitur tersebut Anda harus belajar mengenai apa saja konten Anda yang menarik.

Ulangi prosesnya atau tiru caranya.

Begini, biasanya dari satu video yang mendapat view banyak, terdapat retensi penonton, terdapat judul yang menarik ataupun thumbnail yang menarik. Nah, belajarlah dari pengalaman. Terapkan.

Langkah analisis juga penting untuk menjaga agar Youtube Anda terus berkembang. Jika ada hal yang tidak faham, Anda bisa mempelajari fungsi retensi, mengapa hal itu penting. Carilah bahan referensi di Youtube. Banyak para youtuber yang sudah membagikan rahasianya.

Baca juga: Cara Membangun Chanel Youtube Gaming Berpenghasilan Lumayan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips menjadi Youtuber sukses bagi pemula. Tetaplah belajar dan terus kembangkan diri Anda. Teruslah perbanyak belajar dari manapun sumbernya. Semoga artikel ini memberikan informasi bagi Anda. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap