Cara Jitu Mencari Kata Kunci Artikel Untuk Blog Anda

Setelah blog selesai di buat, langkah selanjutnya yang harus kita pikirkan adalah bagaimana agar blog bisa mendatangkan visitor yang banyak. Semua blogger pasti berkeinginan agar blog yang dikelola mampu mendatangkan visitor membludak. Terutama bagi yang membuat blog untuk tujuan bisnis.

Agar tujuan tersebut bisa tercapai, banyak cara yang dilakukan, mulai dari blog walking, menerbitkan artikel setiap hari hingga membidik kata kunci yang tepat. Kali ini saya ingin berbagi tentang cara yang bisa kita lakukan untuk mencari kata kunci tersebut.

Mengapa harus mencari kata kunci? Karena semakin mahir Anda membidik dan memainkan kata kunci, maka blog Anda bisa mendatangkan visitor dengan cepat. Kita harus pintar memanfaatkan 2 jenis keyword. Yaitu long tail keyword dan short tail keyword.

 

Sebelumnya, saya sudah membuat posting tentang cara riset keyword, sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, pada artikel ini saya ingin membahas dengan pembahasan yang sederhana saja. Kita langsung mencari kata kunci untuk dijadikan target posting.

Baca juga : Cara Jitu Riset Keyword Untuk Meningkatkan Jumlah Visitor Blog

Pada artikel tersebut diatas, saya menulis beberapa tool beserta urutan bagaimana kita melakukan penelitian atau riset. Saya rasa riset itu penting agar kita memperoleh data, bukan hanya tebakan saja, tetapi langsung mengambil data fakta yang ada.

Nah pada artikel kali ini, kita hanya membahas bagaimana menemukan kata kunci yang belum kita ketahui. Artinya kita mencari kira – kira kata kunci seperti apa yang ingin kita kerjakan.

Berikut cara mencari kata kunci untuk artikel blog Anda

Untuk menemukan kata kunci artikel sebenarnya sangat mudah. Banyak sekali tool yang bisa kita gunakan. Nah berikut ini beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk mencari kata kunci. Dalam hal ini kita belum mengetahui atau belum punya gambaran sama sekali.

Dengan cara berikut ini, Anda bisa dengan mudah menemukan ide atau kata kunci untuk artikel Blog Anda. Apa saja caranya, yuk kita bahas.

A . Menggunakan Google Auto Complete

Rata – rata mesin pencari sudah menggunakan fitur keyword suggestion atau Google auto complete, Apa itu? Auto complete keyword adalah keyword saran yang disarankan secara otomatis ketika Anda mengetik kata kunci. Sebagai contoh coba lihat gambar dibawah ini.

Cara Cari Keyword

Caranya cukup mudah, masukkan sembarang huruf, coba perhatikan saran saran yang muncul. Anda dapat membuat variasi kata kunci yang ingin diketahui. Fitur ini dapat menunjukkan kata kunci yang memang dicari oleh pengguna internet.

Sebagai contoh, coba ketikkan kata kunci bisnis, kemudian tambah dengan bisnis sampingan. Semakin rajin Anda mencoba, Anda akan menemukan banyak sekali kata kunci yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh Anda.

B. Menggunakan Ubersugest.io

Ubersugest merupakan tool yang paling favorit digunakan. Dengan sekali run, Anda bisa mendapatkan sekitar 700 keyword saran. Cukup masukkan kata kunci utama, selanjutnya tool ubersuggest akan memberikan Anda saran keyword lain.

Sebagai contoh coba lihat gambar dibawah ini.

Cara Cari ide Keyword

Setelah Anda mendapatkan keyword turunan, lanjutkan dengan expand this keyword, maka keyword tersebut pun akan menampilkan saran lain. Cukup menarik bukan? Anda akan mendapatkan ribuan keyword dengan cara yang sangat cepat.

Akan tetapi, perlu disaring, jangan membuat posting dengan keyword yang sama. Usahakan untuk membuat artikel dengan keyword yang berbeda. Hal ini dapat membuat blog Anda terlihat kaya akan konten.

C. Menggunakan Google Related Keyword

Selain menggunakan auto complete, Anda bisa memanfaatkan fitur related keyword. Coba perhatikan bagian paling bawah pada halaman pencarian. Terdapat beberapa keyword yang terkait. Anda bisa mengambil keyword tersebut untuk dijadikan posting artikel.

D. Jelajahi Forum

Forum juga merupakan tempat yang paling mudah untuk menemukan judul artikel atau keyword. Anda dapat mencari forum yang sesuai dengan topik blog Anda, lalu temukan pertanyaan dari member.

Dari pertanyaan tersebut, buat artikelnya, lalu berikan kembali jawaban tersebut pada mereka dengan link blog Anda. Dengan cara seperti ini, selain Anda akan mendapatkan keyword, anda bisa mendapatkan visitor.

Jika Anda sering melakukan hal ini, bisa jadi blog Anda akan menjadi sumber referensi bagi para pengguna forum.

E. Situs besar yang popular

Situs besar biasanya update artikel dalam jumlah yang banyak setiap hari. Anda dapat mengambil keyword dari judul artikel mereka. Coba lakukan modifikasi dari judul. Akan tetapi, jangan Anda copas seratus persen. Lakukan beberapa perubahan.

Begitu juga dengan isi artikel tersebut, jangan Anda contek sepenuhnya, tulis dengan gaya bahasa Anda sendiri. Lakukan riset berdasarkan topik yang Anda ambil.

Anda dapat membuat daftar situs besar yang bisa Anda jadikan tempat untuk mencari kata kunci. Bisa dari situs luar negeri.

F. Menggunakan Google Trend

Keyword yang sedang trend dapat memberikan trafik yang luar biasa tinggi. Untuk mengetahui keyword apa saja yang sedang trend, Anda dapat menggunakan Google Trend. Hanya saja, jika blog Anda ingin mendapatkan pengunjung yang stabil, gunakan keyword abadi, atau keyword yang bukan trend.

Keyword abadi biasanya bersifat tutorial atau bersifat informasi yang tak lekang oleh waktu. Semakin banyak keyword abadi pada blog Anda, maka blog bisa stabil dari segi trafik.

Setelah Mendapatkan Kata Kunci Apa Langkah Selanjutnya

Setelah menemukan kata kunci, penting untuk Anda analisa. Cari seberapa tinggi tingkat persaingan yang ada. Apalagi jika blog Anda masih baru, Anda harus mencair kata kunci yang memiliki tingkat persaingan rendah terlebih dahulu.

Seiring waktu, artikel Anda akan naik dan bisa menembus kata kunci utama. Yang penting Anda harus pintar mencair celah. Anda bisa menargetkan kata kunci utama dengan membuat posting keyword turunan terlebih dahulu.

Usahakan setiap artikel yang Anda buat itu lengkap dan merupakan artikel terbaik dari yang lain. Semakin baik artikel Anda maka semakin mudah untuk menguasai mesin pencari.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencari kata kunci. Riset kata kunci itu penting. Memang pada awalnya terasa sulit, akan tetapi semakin sering Anda praktek, nantinya Anda akan terbiasa dan terasa mudah.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Updated: August 9, 2017 — 6:49 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap