Cara Memasarkan Produk Secara Online Lewat Media Sosial

Bagi kamu yang ingin memasarkan produk tapi belum mengerti bagaimana caranya, berikut ini bakal kita ulas bagaimana cara pemasaran produk lewat media sosial agar produk kamu bisa laris manis. Ya, hanya dengan bermodalkan media sosial, kamu bisa mempromosikan produk kamu.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini semua kalangan mulai dari remaja hingga orang dewasa rata – rata sudah memiliki satu atau dua akun media sosial. Sudah seperti kebutuhan, banyak tujuan mereka membuat media sosial, ada yang bertujuan untuk hobi selfie, update – update status, biar eksis dan lain sebagainya.

Nah daripada media sosial hanya kamu manfaatkan untuk kegiatan umum  seperti itu, Mending kamu manfaatkan untuk kegiatan promosi. Sekaligus bisa kamu jadikan tempat untuk belajar menjadi pengusaha.

Cara Memasarkan Produk Lewat Media Sosial

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Coba mulai dari akun pribadi saja terlebih dahulu dengan kalimat menjual yang santai.

Contoh update status dengan kata – kata promosi untuk menjual produk lewat media sosial menggunakan akun pribadi.

“Yess kerjaan bikin kue cake udah siap, ternyata enak juga, bagi yang minat ingin nyicipi silahkan inbox yaaa!!! murah kok gak mahal, cuma Rp…… “. Plus foto kue – kue buatan kamu.

“Serba serbi Rp…..  Bagi yang minat silahkan comment atau inbox yaaa, udah bebas ongkir. Plus foto – foto produk yang kamu tawarkan.

“Gimana cakep nggak “plus emoticon nyengir” Belajar jadi tukang make up terbang nih.. Plus foto – foto kamu yang sedang menunjukkan keahlian kamu di bidang make up dengan model teman kamu”.

Dan masih banyak lagi contoh kalimat menjual yang lainnya. Silahkan explore sendiri. Kamu bisa membuat kalimat menjual sendiri dengan bahasa yang santai. Yang penting percaya diri, jangan malu asal jangan lebay hehe.

Teman – teman di media sosial kamu bakal senang mengomentari status kamu karena terkesan santai.

Dari status – status yang kamu buat bakal mendapat bermacam respon. Ada yang bertanya, ada yang nego, ada yang iseng. Itu semua hal yang wajar, Balas semua komentar yang ada dengan nada santai. Layani konsumen kamu dengan baik. Hal ini dapat membuat konsumen kamu tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Nah kamu bisa memulai dengan cara sederhana seperti ini saja terlebih dahulu. Banyak kok produk yang bisa kamu tawarkan. Kamu harus jeli memperhatikan market, cari peluangnya dan cobalah berbisnis.

Saya sendiri sudah melihat sendiri buktinya, orang kampung, tinggal jauh dari keramaian, dia jualan berbagai produk, mulai dari kue – kue, kerupuk, hiasan. Ternyata banyak juga yang langganan. Ini bisa ditiru. Dia hanya menggunakan akun pribadi saja.

Jika pelanggan kamu sudah mulai banyak, kamu bisa membuat fanspage agar status kamu bisa menyebar ke setiap orang yang ngelike fanspage kamu.

2. Amati Tiru Dan Modifikasi. Kamu bisa belajar dari mereka yang sudah sukses berjualan lewat media sosial

Langkah pertama, jika kamu belum mengerti sama sekali, coba kamu cari teman kamu yang sudah memiliki pengalaman atau cari teman kamu yang selalu menawarkan produk mereka lewat media sosial.

Coba perhatikan bagaimana cara mereka update status, bagaimana cara mereka menawarkan produk. Langkah seperti ini dapat membuat kamu lebih cepat mendapatkan gambaran bagaimana sih sebenarnya jualan lewat media sosial.

Kamu bisa menilai dan memilih teknik yang paling tepat ketika memasarkan produk lewat media sosial.

3. Fokus pada beberapa produk saja, jangan terlalu banyak hingga kamu menemukan metode dan produk terbaik

Biasanya para pemula cenderung mencoba untuk meniru gaya marketing e-commerce, menjual aneka produk. Cara ini belum tentu bisa kamu tiru pada saat baru mulai belajar. Lebih baik coba fokus terlebih dahulu, jual produk yang benar – benar kamu kuasai.

Fokus pada beberapa produk atau satu produk saja dapat membuat kamu lebih menguasai tentang produk tersebut. Kamu bisa menjelaskan ke konsumen dengan baik, kamu bisa mengatur manajemen produk kamu dengan baik. Hal ini dapat membuat bisnis kamu cepat berkembang.

Setelah bisnis kamu sukses, kemampuan marketing-pun akan meningkat, kamu bisa menambah relasi, karyawan, memperbanyak produksi, menambah jenis produk yang ingin kamu tawarkan dan lain – lain.

4. Sebenarnya poin ini merupakan poin pertama kali yang harus kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis. Kamu harus melakukan riset.

Apapun jenis produk yang kamu tawarkan haruslah ada target marketnya. Nah riset bertujuan untuk menemukan itu. Kamu harus bisa menemukan produk yang mampu laris di pasaran.

Coba perhatikan apa saja produk yang bisa diterima oleh masyarakat, cari kesempatan tersebut lewat riset. Riset bisa kamu terapkan pada poin amati tiru dan modifikasi. Cobalah rajin browsing dan melihat akun – akun online shop. Cari produk yang paling banyak dijual dan bisa membuat bisnis kamu berkembang terus. Tujuan dari riset adalah menemukan jenis produk yang dapat membuat bisnis kamu langgeng.

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Kesimpulan :

Itulah tadi bagaimana cara memasarkan produk lewat media sosial, sebenarnya masih ada banyak sekali model atau teknik yang digunakan, ada yang menggunakan iklan media sosial, ada yang menggunakan website e-commerce sebagai landing page dan lain sebagainya. Semoga penjelasan ini dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin mencoba memasarkan produk. Salam sukses selalu.

Updated: August 30, 2017 — 10:01 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap