Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Brand merupakan aset yang sangat berharga bagi perkembangan bisnis. Untuk itu, perlu upaya agar nama atau merek yang Anda miliki mampu berkembang dari waktu  ke waktu. Jika brand sudah begitu popular, usaha perkembangan dan inovasi menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Bagi pemula yang baru merintis, tentu modal akan menjadi bahan pertimbangan ketika ingin menyebarkan brand ke khalayak ramai. Dari sinilah kita dituntut untuk mampu mengelola keuangan dengan baik serta melakukan analisa yang benar.

Ada 4 proses yang membuat produk menjadi laku dan laris di pasaran. Hal ini memang terkenal bagi para marketer yaitu :

  1. Awarness > Kesadaran, kenal atau terbiasa dengan sebuah nama merek.
  2. Intererst > Merasa tertarik
  3. Desire > Keinginan untuk mencoba membeli produk atau jasa
  4. Action > Tindakan langsung membeli

Meningkatkan Brand AwarnessBagi kita yang baru memulai usaha, tentu ada upaya yang kita lakukan agar nama brand atau merek yang kita miliki bisa dikenal oleh audien sebanyak mungkin. Berikut ini kita bahas bagaimana tips cara memperkenalkan nama brand atau merek yang kita miliki agar lebih cepat dikenal banyak orang.

1. Target market

Semakin jelas target market yang dimiliki, tentu membuat kita menjadi semakin mudah untuk membangun bisnis. Kita tentu paham siapa yang menjadi pengguna produk atau jasa yang kita tawarkan. Bedakan dengan melihat secara spesifik elemen berikut ini

  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Pekerjaan
  • Penghasilan
  • Kebutuhan,
  • Hobi
  • dlll

Dengan mengetahui target market yang kita miliki, proses membangun brand bisa menjadi semakin mudah. Kita bisa langsung tepat sasaran ketika melakukan promosi. Promosi memang termasuk kedalam band awarness. Yaitu meningkatkan kesadaran merek atau bisnis yang kita milik.

2. Desain logo sebaik mungkin

Sebelum McDonald’s begitu popular seperti sekarang ini, orang tidak akan ambil pusing dengan merek huruf M. Akan tetapi, karena logo tersebut telah popular, huruf tersebut mengandung arti bukan? Orang bisa langsung membayangkan dan mengerti apa itu logo M pada merek McDonald’s.

Nah dari sini kita bisa mengetahui bahwa, logo merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak memandang berapa pun sekala usaha Anda, baik itu untuk usaha kecil, menengah ataupun besar. Logo memegang peranan penting.

3. Buat tagline yang menarik

Slogan bisa sangat membatu brand awarness. Ia berfungsi sebagai anchor atau kalimat menarik yang bisa mendeskripsikan produk atau jasa yang ada pada brand Anda.

Sebagai contoh, coba perhatikan slogan yamaha ” semakin didepan “, Nike dengan slogan “Just do it” dan masih banyak contoh tagline yang bisa Anda perhatikan untuk dijadikan pedoman dalam membuat slogan.

Slogan yang menarik, bisa membantu tingkat awarness yang tinggi dan dapat menimbulkan desire atau keinginan bagi calon konsumen.

Jangan sembarangan membuat slogan, perhatikan dan pilih tagline yang sangat menarik Agar bisa menambah kekuatan nama brand Anda. Jangan anggap remeh karena bisa berdampak tidak baik. Buatlah slogan yang simple dan mudah diingat pada kehidupan sehari – hari audien.

4. Iklan sesuai budget

Sekarang ini banyak sekali tempat yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan brand awarness. Tak ada batasan media yang bisa Anda gunakan, bisa menggunakan media online dan offline.

Untuk menggunakan jasa media online, anda bisa mencoba iklan dengan menggunakan Google Adword. Google Adword merupakan media iklan yang bisa menargetkan kemana iklan Anda akan tayang. Berdasarkan lokasi, hobi dan semacamnya.

Akan tetapi, yang menjadi catatan penting adalah, Anda harus bisa memperhitungkan budget yang anda miliki. Perhatikan manajemen keuangan Anda agar budget antara iklan dan biasanya operasional tetap terjaga dengan baik dan bisa memberikan profit untuk Anda.

6. Gunakan Media Sosial

Bagi Anda yang memiliki bisnis dengan jenis penjualan langsung ke konsumen. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen Anda. Cara ini memang cukup efektif mengingat pengguna media sosial di Indonesia terbilang cukup tinggi.

Ada banyak sekali jenis media sosial yang bisa dimanfaatkan. Seperti, Google plus, Facebook, Instagram dan twitter. Agar interaksi terjalin dengan baik, buatlah posting yang menarik. Tanggapi semua pertanyaan dan komentar dari para audien Anda.

7. Buat website

Cara yang memang cukup efektif adalah dengan membuat website, Anda bisa membuat website yang menyajikan informasi terkait dengan bisnis Anda. Akan tetapi, agar website mampu menjaring banyak pengunjung kita harus tahu bagaimana cara optimasinya.

Inti sebuah website yang bisa mendatangkan pembaca atau audien terletak pada konten yang disediakan. Apalagi jika Anda mengharapkan visitor datang dari search engine. Kontenlah yang menjadi rajanya.

Konten harus selalu update dan terbaik dari yang lain agar anda bisa merajai mesin pencari. Bukan seperti dulu lagi, siapa yang paling banyak backlink itu yang menang, kalau sekarang sudah canggih, siapa yang berkualitas dan disukai pembaca itulah yang menang dan bisa tampil nomor satu di search engine.

Memang ada beberapa teknik yang bisa dipelajari dengan belajar dari brand sukses seperti OLX, lazada atau tokobagus. Anda bisa mencari referensi bagaimana cara optimasi situs. Ada beberapa jenis website, diantaranya blog atau e-commerce. Karena akan beda caranya. Saya tidak bisa menulis tentang hal ini, karena belum begitu mengerti.

Anda bisa belajar dengan membaca artikel – artikel yang ada di internet. Gunakan saja Google sebagai pembantu Anda untuk menemukan artikel tutorial tentang bagaimana membangun website atau blog yang menarik.

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Kesimpulan

Upaya untuk membangun brand baru memang membutuhkan beberapa teknik. Anda bisa belajar menemukan beberapa teknik jitu dengan memperhatikan bagaimana kesuksesan para pebisnis yang sama dengan bidang Anda.

Seperti nasihat yang selalu kita dengar dari para motivator bisnis. Gunakan metode amati tiru dan modifikasi agar Anda mampu sukses dengan cepat dan mampu bertahan. Belajar dari orang yang telah ahli pada bidang bisnis yang sama akan mempercepat prosesnya.




Updated: July 6, 2017 — 3:39 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap