6 Cara Membangun Networking Untuk Penunjang Kesuksesan Bisnis

Networking atau jaringan bisnis merupakan keahlian yang sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda. Networking yang luas dapat membuat kegiatan bisnis menjadi mudah, seperti untuk mendapatkan klien baru, pekerjaan baru, atau mitra bisnis.

Faktanya..

Ketrampilan berkomunikasi sosial memegang pengaruh besar terhadap kesuksesan networking Anda. Memang ada sebagian orang yang sudah secara natural mampu menjalin komunikasi dengan baik, namun ada pula yang harus belajar karena harus meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu.

Cara membangun network

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat proses membangun networking menjadi lbih mudah.

1. Buat list tujuan atau target dengan cara berikut

Anda tentu ingin cepat ketika membangun relasi. Jadi, agar proses tersebut dapat sesuai dengan rencana yang telah Anda buat, maka tetapkan tujuan real Anda.

Buat daftar tujuan di buku plan Anda, kapan harus bisnis Anda sudah diketahui oleh komunitas tertentu. Misalkan komunitas perdagangan, komunitas ekspor impor dan komunitas marketing.

Cara ini sangat efektif sehingga dapat memberikan manfaat luar biasa bagi bisnis Anda. Anda bisa saja memperoleh mitra baru untuk kelancaran bisnis.

Nah agar lebih terarah dan jelas, buatlah tujuan secara spesifik apa dan mengapa bisnis Anda harus memiliki relasi dengan jaringan tertentu. Bahkan, bukan hanya bentuk komunitas, dengan pebisnis lain juga penting.

2. Ciptakan menjadi kegiatan rutinitas Anda

Membangun networking juga butuh kebiasaan. Caranya adalah dengan menjadikan komunikasi sosial menjadi sebuah kebiasaan Anda. Mungkin Anda pernah mendengar kata pepatah bisa karena biasa.

Sebagai contoh :

Jika di lokasi Anda sering mengadakan pertemuan, baik itu pertemuan sektor bisnis, pertanian, ukm dan seminar – seminar berkaitan dengan bisnis, Anda dapat membiasakan diri untuk mengikuti acara tersebut.

Dengan demikian, mental relasi networking Anda menjadi semakin kuat. Hal ini penting lho, seperti kata pepatah diatas, bisa karena biasa. Apapun bidangnya jika kita terbiasa maka kita dapat dengan mudah melakukannya kembali secara berulang – ulang.

Manfaatkan konsep ini untuk hal positif yang menunjang perkembangan bisnis Anda.

3. Miliki target pihak networking

Agar kegiatan Anda lebih maksimal, cari dan buat daftar komunitas atau pebisnis yang ingin Anda jadikan mitra. Buat menjadi daftar list.

Anda dapat memaksimalkan daftar networking dengan catatan lain, seperti siapa yang paling berpengaruh, apa target yang ingin Anda capai untuk perkembangan bisnis Anda dan lain sebagainya.

Memiliki daftar relasi itu penting, ibarat seperti sebuah peta kemana arah bisnis Anda ingin berkembang.

4. Berikan sesuatu yang berbeda

Sesuatu yang menonjol dapat menjadi pusat perhatian. Begitu juga dengan proses membangun relasi. Mengapa? Karena masih banyak orang lain yang memiliki tujuan sama. Banyak sekali pebisnis lain yang sama – sama membangun relasi.

Buatlah sesuatu yang bisa menjadikan bisnis Anda berbeda dari yang lain. Inovasi dan pemikiran kreatif dapat membantu Anda menemukan gagasan baru. Coba terus cari dan buat diri Anda dan bisnis Anda berbeda dari yang lain.

5. Take Action

Setelah Anda menemukan strategi membangun networking, langkah selanjutnya adalah take action. Wujudkan kegiatan networking Anda menjadi nyata dalam bentuk tindakan kongkrit di lapangan.

Temukan dan buat jadwal terbaik, seperti jadwal kapan menelpon klien, mitra dan kapan untuk mengurusi internal bisnis dengan baik. Semua itu dapat Anda wujudkan dengan benar jika Anda memiliki keinginan yang kuat untuk perkembangan bisnis.

Baca juga : Pentingnya Networking Untuk Bisnis Agar Lebih Cepat Berkembang

Itulah tadi beberapa teknik yang bisa Anda coba ketika ingin membangun networking dalam bisnis. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda. Salam sukses selalu.

Updated: October 15, 2017 — 5:30 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap