Cara Membuat Artikel Berkualitas Di Blog Bagi Pemula

Membuat Artikel Berkualitas

Membuat artikel sebenarnya bisa di kerjakan oleh siapa saja, dengan syarat kita mau untuk belajar lebih serius. Mulai dari belajar bagaimana membuat artikel yang berkualitas hingga artikel yang seo friendly. Ada banyak sekali para senior blogger yang telah membagikan tips nya tentang bagaimana cara menulis artikel yang baik dan berkualitas.

Yang jelas tidak perlu terlalu di jadikan beban fikiran, karena sebenarnya membuat artikel di blog bisa dibuat dengan cara yang mudah saja, seperti layaknya kita berbicara dalam kehidupan sehari hari. Terkecuali blog yang Anda kelola bertema teknologi atau blog Anda bertema ilmu pengetahuan. Hal ini tentu membutuhkan penjelasan dengan gaya bahasa profesional.

Seperti yang saya alami sendiri sebagai pemula di dunia blogging, selalu merasa tidak percaya diri ketika membangun sebuah artikel. Tetapi hal ini segera di atasi dengan cara tulis apa saja yang telah kita ketahui. Berusaha untuk menulis dengan hati, sehingga setiap bahasan yang kita sajikan bisa mengalir dengan sendirinya dalam tulisan.

Agar kita bisa cepat dalam membuat sebuah artikel, lakukanlah riset yang mendalam terlebih dahulu tentang tema yang akan kita tulis. Cobalah untuk banyak membaca dari berbagai sumber yang kredibel sesuai dengan tema yang akan kita tulis. Tentu dengan langkah ini kita akan mampu untuk menguasai materinya. Shingga ketika menulis, kita mampu untuk menjelaskan secara detail.

Apalagi jika Anda memiliki sebuah hobi dalam dalam bidang tertentu, menulis artikel sesuai dengan hobi akan sangat menyenangkan. Dengan cara ini Anda benar – benar menguasai materinya. Tidak menyontek dari sumber manapun, semua yang tertuang berdasarkan perspektif Anda sendiri.

Bagi artikel yang bertema tutorial, artikel yang di buat bisa cepat selesai jika kita memang telah paham dengan prakteknya. buatlah artikel berdasarkan pengalaman praktek yang telah kita miliki. Dengan cara ini artikel yang di terbitkan memiliki tingkat orisinil yang tinggi. Karena semua pembahasan yang Anda buat berdasarkan pengalaman Anda sendiri.

Supaya blog kita sejalan dengan keinginan Google untuk memberikan kepuasan kepada pengunjung pada hasil pencariannya, maka sudah menjadi sebuah kewajiban bagi pemilik blog ikut turut serta memberikan kepuasan kepada pengunjung. Dengan cara ini mudah – mudahan blog bisa tampil dengan baik di  mesin pencarian.

Lakukan Riset Judul atau Tema Tulisan Yang Di Pilih

Ada dua cara pendekatan riset yang bisa kita lakukan, pertama dengan bergabung ke forum yang sesuai dengan niche blog, dan kedua dengan riset kata kunci melalui tools seo yang tersedia di internet.

1. Dengan mengikuti forum diskusi atau grup

Untuk cara yang pertama, kita bisa bergabung ke forum, lalu mencari pertanyaan yang selalu di tanyakan oleh anggota forum. Setelah itu berikan jawaban kepada mereka melalui artikel Anda.

Jadi, kita bergabung dengan forum yang sesuai dengan topik yang akan kita buat, setelah di temukan, cobalah untuk saling berinteraksi dengan anggota forum. Nah jika Anda menemukan pertanyaan yang bisa di jawab dan ramai yang menanyakan, Anda bisa membuat atikelnya.

2. Melalui Seo Tool yang bertebaran Di internet

Untuk cara yang kedua, ada baiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai judul yang yang akan di buat. Apakah judul yang di buat memiliki pencarian yang banyak. Jika sudah di temukan judul yang akan di buat, selanjutnya cek lagi bagaimana tingkat pesaingnya. Jika sudah di dapat jumlah pesaing dan Anda memutuskan untuk menulisnya di blog. Langkah selanjutnya coba amati bagaimana bentuk artikel yang ada pada halaman 1.  Perhatikan berapa backlink yang telah mereka bangun. Buat artikel yang lebih baik.

Untuk melakukan riset tentang berapa jumlah pencarian dari sebuah keyword, kita bisa menggunakan keyword planner dari google. Kemudian coba juga dengan ubbersugest untuk menemukan alternatif judul keyword yang akan kita gunakan. Nah untuk jumlah pesaing nya sendiri, Anda bisa mengetikkan keyword tersebut di kolom pencarian google, disana tertera berapa jumlah pesaing yang ada.

Membuat artikel berkualitas tidak bisa di selesaikan dalam waktu satu jam atau sehari, Perlu analisa yang mendalam. Mulai dari proses memahami materi sampai menyusun tulisan itu sendiri.  Jika telah menguasai, Anda bisa melanjutkan ke tahap proses membangun atau menulis artikel.

Proses menulis sebenarnya hal yang sangat mudah untuk di lakukan dengan teknologi zaman sekarang, Anda bisa memanfaatkan microsoft word untuk menulis, proses editing artikel bisa di kerjakan dengan mudah dan cepat. Berbeda dengan media kertas, tentu Anda akan kesulitan dalam mengeditnya.

Buat saja pragraf demi pragraf sesuai dengan kerangka yang Anda buat, biarkan tulisan mengalir dengan cepat. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan mengetik dengan 10 jari. Proses membuat artikel menjadi lebih menyenangkan, Anda melihat tulisan berjalan kekanan dengan kecepatan 120 kata permenit misalnya. Wah menyenangkan bukan?

Buatlah Artikel Yang Memberikan Jawaban

Cara membuat artikel bermanfaat bisa di tentukan dengan, “ apakah artikel yang kita buat menjawab pertanyaan pembaca” . Hal ini berbeda dengan artikel yang bersifat berita atau informasi, kita menguraikan isi artikel tanpa di tanya. Tetapi tetap tujuan artikel tersebut menjawab pertanyaan pembaca.

Jika memang artikel yang kita tulis merupakan jawaban dari pertanyaan, maka pastikan artikel yang kita buat dapat menjawab pertanyaan para pencari di search engine. Jika ada yang bertanya di search engine – bagaimana membuat blog- maka buatlah artikel yang menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan langkah seperti itu, secara tidak langsung kita membuat artikel yang berkualitas. Anda dan saya yang ingin membuat artikel di blog akan berusaha menjawab pertanyaan para pembaca dengan cara sebaik mungkin. Dan dengan penjelasan yang detail.

Artikel yang bermanfaat akan menambah user expreince di blog yang Anda kelola. User experince menjadi catatan  bagi mesin pencari. Semakin baik nilai UX (user experience) di blog Anda, maka semakin tinggi nilai blog Anda di mata mesin pencari.

Hal ini juga kita temui pada video youtube, dimana audien rentention menjadi perhatian untuk menentukan kualitas sebuah video yang di unggah. Semakin lama waktu video di tonton  oleh user, maka semakin baik video tersebut di hasil penelusuran.

Memulai Dengan Langsung Menulis

Jika punya ide posting dan Anda telah melakukan riset, langsung saja tulis artikelnya ketika Anda punya waktu. Dengan cara ini ide fresh yang ada di fikiran kita bisa langsung tertuang dengan baik.

Berbeda jika terlalu banyak pertimbangan,seandainya di tunda akan membuat Anda tidak jadi untuk menulis artikel yang sebelumnya sudah di fikirkan. Untuk mengatasi hal ini, buatlah list atau daftar ide yang ingin di tulis beserta garis besar kerangka tulisannya.

Bagi pemula memang terasa tidak mudah. Tetapi mudah – mudahan dengan terus menerus praktek, maka kemampuan kita dalam menulis artikel akan terus meningkat.

Mengukur Tingkat Kualitas sebuah konten

Konten yang telah kita buat bisa di ukur sejauh mana kualitasnya dengan cara melihat dari data analitik, dari data analitik kita bisa melihat berapa lama visitor betah di blog Anda,  kemudian kemana arah visitor setelah membaca konten yang kita buat. Apakah terus menelusuri isi konten pada blog Anda dan lain sebagainya.

Untuk itu buatlah navigasi blog yang memudahkan pembaca dalam menemukan konten yang kita miliki. Saya sendiri sedang melakukan penelitian tentang hal ini, yaitu bagaimana memberikan pengalaman yang baik bagi para pembaca blog ini.

Mengatahui statistik pengunjung bisa di lihat dengan menggunakan analytics dari si embah, atau dengan menggunakan stat counter. Dengan cara seperti ini kita akan tahu prilaku pengunjung.

Setelah mengetahui bagaimana kualitas sebuah konten dari data prilaku pengunjung, selanjutnya membuat beberapa perbaikan agar pengunjung benar – benar merasa puas dengan blog yang Anda kelola.

Memperbaiki isi konten

Ada sebagian konten yang memang sepi pengunjung, hal ini bisa dikarenakan isi tidak menarik atau sudah kadaluwarsa. Hal ini bisa di atasi dengan melakukan perbaikan, seperti melakukan update dengan kalimat baru dan merubah isi deskripsi yang muncul di mesin pencari.

Meta deskripsi yang muncul di snipet, bisa kita rubah lewat yoast seo, dengan plugin ini Anda bisa merubah deskripsi agar menarik  untuk di klik saat muncul di mesin pencari. Kuncinya harus tetap relevan dengan isi. Dengan demikian pengunjung artikel yang di edit bisa naik kembali dan blog Anda bisa ramai pengunjung.

Kembali lagi ke pembahasan awal, konten lah yang menjadi tolak ukur sebuah blog. So buatlah konten yang sangat memberikan manfaat bagi pengunjung.

Updated: January 28, 2017 — 12:48 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap