Cara Membuat Bibit Jahe Merah Dan Beberapa Manfaat Jahe

Cara Membuat Bibit Jahe Merah

Jahe merupakan tanaman yang sangat populer yang bisa di manfaatkan untuk membuat rempah – rempah maupun sebagai obat tradisional sehingga tak jarang dari kita ingin membudidayakan jahe lewat pembibitan sendiri. Untuk membuat bibit jahe bisa dikatakan sangat mudah dilakukan, yang penting lakukan penelitian terlebih dahulu dalam skala percobaan sebelum membuat bibit jahe dalam skala besar. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil panen jahe yang optimal.

Beda bibit tentu bisa menghasilkan kualitas jahe yang berbeda, maka dari itu cobalah untuk mengambil beberapa sampel jahe yang akan di buat bibit nya terlebih dahulu dari berbagai sumber yang ada. Beli jahe yang masih fresh dari berbagai tempat untuk percobaan, kemudian lakukan pembibitan dengan menandai masing – masing sumber, setelah panen coba lakukan perbandingan untuk memilih jenis jahe yang memberi hasil lebih baik.

Dari bibit yang unggul dapat anda gunakan untuk pembibitan selanjutnya dengan harapan hasil panen yang di peroleh sesuai dengan kebutuhan pasar di masyarakat. Berbeda jika Anda hanya mengambil satu sampel bibit saja, anda tidak dapat membedakan dan memilih mana yang lebih baik untuk di gunakan dalam sekala besar. Namun jika hanya untuk kebutuhan keseharian pengambilan sampel lebih dari situ itu tidakmenjadi masalah, anda bisa saja menggunakan bibit dari satu tempat saja untuk di lakukan pembibitan.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat bibit jahe merah anda dapat melihat penjelasan sederhana di bawah ini.

Membuat Bibit Jahe Merah Secara Mudah

Cari calon bibit jahe yang berusia antara 6 bulan hingga 12 bulan setelah panen. Coba pilih jahe yang sudah tumbuh pucuk atau tunas kecil berwarna hijau dari karung di pasar tempat anda membeli jahe, dengan cara ini kita tahu bahwa usia bibit tersebut sudah cukup untuk di jadikan bibit. Jika tidak di temukan juga tidak masalah, anda bisa membeli jahe biasa.

Coba beli dari berbagai pedagang untuk kebutuhan percobaan, dengan cara seperti itu anda akan mendapatkan sampel yang baik. Tapi biasanya jahe yang di pasar kualitasnya sudah di terima oleh masyarakat.

Setelah bibit jahe anda beli, selanjutnya siapkan bak atau ember yang berisi air, tuangkan jahe kedalam bak lalu coba lihat dan pilih mana jahe yang tenggelam dan yang timbul. Biasanya jahe yang tenggelam lebih baik untuk di jadikan bibit.

Siapkan media bak atau tempat besar untuk media penanaman jahe, letakkan jaeh kedalam media tersebut kemudian taburi dengan arang sekam atau sekam saja, kemudian beri pupuk POC dan lakukan penyiraman selama 1 hingga 2 kali sehari. Cari tempat yang lembap agar jahe bisa tumbuh optimal. Nah itulah tadi bagaimana cara untuk membuat bibit jahe dengan cara yang cukup mudah untuk di lakukan.

Membuat bibit jahe unggul bisa di lakukan dengan cara mencari petani yang sudah sukses dalam bercocok tanam jahe. Hal ini untuk lebih meyakinkan anda ketika ingin membudidayakan jahe dalam skala besar. Karena informasi dan pengalaman yang di peroleh dari petani jahe bisa memberikan gambaran yang jelas kepada anda.

Silahkan cari informasi siapa petani yang telah berhasil dengan panen yang memuaskan, belajar dari mereka tentang bagaimana cara agar hasil panen yang di peroleh bisa lebih maksimal. Anda bisa belajar bagaimana cara bercocok tanam yang baik, bagaimana cara perawatannya dan lain sebagainya. Dengan cara seperti ini anda belajar langsung dari orang yang benar – benar berhasil di bidangnya, bukan hanya sekadar seorang teoriwan.

Tapi jika memang anda ingin mencoba sendiri itu tidak masalah, anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan skala kecil, jika anda yakin dan mampu, langkah selanjutnya buat dalam skala yang lebih besar. Selanjutnya anda mencari target pasar yang mampu untuk di jangkau untuk menjual produk jahe di pasaran. Seperti melihat sejauh mana potensi yang bisa di dapat dengan hasil produk yang Anda peroleh.

Semoga dengan artikel ini bisa memberikan sedikit pencerahan tentang bagaimana cara untuk membuat bibit jahe dengan langkah yang mudah seperti yang telah di jelaskan diatas tadi. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap