Cara Membuat Tulisan yang Menarik Di Photoshop

Berikut ini cara sederhana bagaimana membuat huruf yang menarik menggunakan photoshop. Pada tutorial kali ini saya menggunakan photoshop cs6, aplikasi ini menurut saya sangat menarik dan sangat popular, para foto grapher seluruh dunia pasti mengenal software ini.

Berikut ini saya ingin menjelaskan ke Sobat prinsip dan dasar membuat huruf yang menarik, yang penting langkah pertama membuat huruf itu sendiri, kemudian lanjutkan dengan membuat beberapa variasi desain.

Jika Sobat menggunakan photoshop versi lama saya rasa tidak masalah, karena biasanya opsi dan menu – menu yang ada masih sama, hanya terdapat beberapa perbedaan. Ok untuk tidak memperpanjang lebar pembukaan, berikut kita ikuti bagaimana cara membuat huruf yang menarik.

Memang sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi, aplikasi photoshop lebih detail dan lebih luas dalam penerapannya, makanya saya lebih cenderung memilih photoshop ketimbang aplikasi lain.

Hal penting yang perlu Soba kuasai ketika bermain photoshop adalah, pahami fungsi layer dan mask. 2 fungsi ini saja sudah sangat luar biasa. Anda bisa menjadi jago ketika membuat desain, mahir memainkan berbagai macam teknik yang hebat. Tak percaya, silahkan pelajari.

Berikut cara membuat tulisan menarik di Photoshop

Pada tutorial kali ini, kita akan membahas teknik dasar membuat tulisan yang menarik dengan photoshop. Ikuti saja langkah – langkah dibawah ini. Sudah saya sediakan dengan petunjuk panah. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Langkah 1

Buka Aplikasi photoshop Sobat terlebih dahulu, kemudian cari icon kecil dengan huruf T, Sobat bisa melihat pada gambar berikut ini.

Cara membuat tulisan menarik di photoshop

Perhatikan gambar diatas : Setelah Sobat membuka aplikasi photoshop, langkah selanjutnya pilih icon T, kemudian tentukan terlebih dahulu jenis huruf yang ingin Sobat gunakan. Sobat bisa melihat pada gambar diatas, saya menggunakan huruf Time News Roman.

Sobat bisa mencari font menarik lainnya di fonts.google.com. Silahkan Sobat pilih se puasnya lalu install di komputer sobat. Kemudian restart komputer sobat lalu buka kembali photoshop, nanti akan muncul font baru yang telah ditambahkan.

Langkah 2

Kemudian setelah memilih icon T, lanjutkan dengan menekan di area tengah canvas. Lanjutkan dengan mengetik text yang ingin sobat buat. Berikut contoh nya.

membuat tulisan menarik di photoshop

Untuk mengatur besar dan kecil text yang ingin sobat tampilan, pastikan untuk menceklis bagian nomor 1 pada gambar diatas. Sobat bisa melihat transform tool yang aktif, silahkan atur besar dan kecilnya tulisan sesuai yang diinginkan.

Langkah 3

Setelah text yang dibuat selesai, kita lanjutkan dengan langkah berikut ini yaitu merubah tampilan tulisan supaya menjadi lebih menarik. Anda bisa mengunakan fasilitas blending option untuk memberikan efek pada tulisan yang Anda buat.

Font menarik di photoshop

Anda bisa membuat kreasi sendiri dengan memanfaatkan fitur blending. Untuk mengaktifkan blending optin, silahkan Anda cari icon kecil fx seperti petunjuk pada gambar diatas. Kemudian pilih menu blending option.

Kemudian akan tampil jendela option untuk melakukan pengaturan. Anda dapat melihat contoh pada gambar diatas. Anda dapat melakukan berbagai macam setting, mulai dari outline, shadow dan masih banyak lagi. Silahkan Anda explore sendiri untuk menemukan desain sesuai dengan apa yang sobat inginkan.

Langkah 4

Untuk mengedit jenis font yang lain caranya cukup mudah. Jika jenis huruf belum terinstal di komputer Anda, Anda bisa mencair file font biasanya berformat ttf. Silahkan Anda download lalu instal. Berikut ini contoh bagaimana mengganti jenis font di photoshop.

Cara membuat tulisan menarik

Untuk mengganti jenis tulisan secara cepat di photohop, silahkan Anda ikuti petunjuk dengan penomoran yang telah saya buat diatas. Selain mengganti jenis dan tipe font, Anda juga bisa mengganti warna tulisan dengan cepat langsung dengan menekan segi empat berwarna biru pada bagian atas, Pilih warna yang ingin Anda gunakan.

Baca juga : Belajar Prinsip Dasar Photoshop Untuk Fotografer

Itulah tadi langkah mudah bagaimana membuat tulisan dengan huruf yang menarik menggunakan aplikasi photoshop. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan Sobat tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Updated: August 7, 2017 — 6:17 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap