Cara Memilih Font Yang Paling Banyak Digunakan Untuk Blog

Memilih jenis font yang tepat itu penting. Sama pentingnya dengan membuat artikel yang berkualitas. Mengapa? ternyata dari beberapa riset, pemilihan font yang tepat, dapat meningkatkan konversi dan user experience

Nah agar artikel yang telah Anda tulis mendapat tingkat Ux yang tinggi, pilihlah jenis font terbaik. Mudah dibaca dan nyaman. Pelajari beberapa seni tipografi agar semakin mak nyus.

Font Yang Sering DigunakanBerikut ini saya kutip dari riset, bukan sembarang bicara. Begini… ternyata, jenis font ada pengaruhnya ke psikologi. Katanya jenis – jenis font tertentu dapat mempengaruhi emosi, kognitif dan semacamnya. Coba saja searching di Google dengan kata kunci “How typhography Affects Conversion” Anda akan menemukan beberapa bukti riset.

Itulah yang namanya seni tipografi. Walaupun bersifat art / seni, kita tetap bisa melakukan penelitian, jadi tidak usah terlalu dijadikan beban pikiran, cukup di teliti saja dan ambil kesimpulan berdasarkan fakta.

Anda bisa melakukan penelitian dengan menerapkan beberapa tipe font yang berbeda. Coba cermati bagaimana perilaku visitor. Gunakan Google Analytics untuk mempelajari pengaruhnya.

Atau, Anda bisa mempelajari dari berbagai situs yang popular. Coba perhatikan, rata – rata situs  yang banjir pengunjung menggunakan jenis font yang seperti apa.

Jadi, jangan memilih font berdasarkan minat sendiri, akan tetapi, pilih berdasarkan minat baca secara umum.

Cara Mengetahui Font website orang lain?

Gunakan Googhe chrome, lalu pasang pengaya/extensi What font. Aktifkan ekstensinya, pilih area font pada website yang ingin di ketahui. Anda akan melihat pairing font yang ada pada web yang ditinjau. Tool ini sangat mudah digunakan.

Dengan cara tersebut, Anda dapat mengetahui jenis font yang ada pada situs popular. Coba luangkan waktu untuk melakukan penelitian.

Apa Saja Font Yang Popular

Biar aman, gunakan saja web safe font dengan request API online. Mengapa? Karena sekarang jumlah platform ada banyak. Misalkan platform Android, Mac Os, Windows, Nokia, BlackBerry dll.

Solusinya, gunakan saja service dari Google font directory.

Pelajari juga font pairring yang tepat. Beda font beda pasangan, hal ini terkait dengan ukuran font itu sendiri. Karena beda font beda ukuran. walau di set dengan ukuran sama pada css Anda.

Google font merupakan tempat yang paling popular dan gratis, Anda dapat menggunakan font se puasnya untuk situs – situs Anda. Ada hampir seribu jenis font dan terus bertambah.

Seperti baru baru ini, Zilla slab dirilis gratis dan tersedia di situ Google font. Anda dapat melakukan sortir jenis font berdasarkan trend, data added dan popularitas. Anda juga dapat melihat berapa perkiraan website yang menggunakan masing – masing font.

Selain untuk web font, Anda bisa download font tersebut untuk laptop pc pribadi Anda. Seperti untuk desain photoshop, membuat document printer dan semacamnya.

Berikut ini jenis font yang paling popular  dan sering digunakan oleh webmaster di internet. Ukuran popularitas ini saya lihat dari jumlah website yang menggunakan dan jumlah service Api yang tercatat pada situs Google Font.

  1. Roboto
  2. Open Sans
  3. Lato
  4. Droid Sans
  5. Merriweather
  6. Roboto Slab
  7. Droid serif
  8. Dan masih banyak font menarik lainnya.

Silahkan Anda akses font.google.com. Sortir pilihan dengan menampilkan font yang paling popular.  Pilih font yang telah Anda teliti sebelumnya, silahkan copy code css dan link Api font google tersebut. Pasang pada theme blog Anda. Jangan lupa backup agar data Anda aman jika terjadi kesalahan koding.

Caranya tergantung dari masing – masing theme, terkadang ada beberapa theme yang menyediakan perubahan font dengan mudah. Biasanya jenis theme yang premium.

Selain itu, Anda bisa menggunakan plugin atau manual. Jika manual, coba edit file style.css untuk kode css font family dan function.php untuk link Api font.

Akan tetapi, agar blog Anda fast loading, gunakan cara manual. Terlalu banyak plugin dapat menurunkan kecepatan blog.

Jangan terlalu banyak menggunakan jenis font dalam satu halaman web. Maksimal dua saja, misalkan roboto untuk body artikel, Roboto slab untuk Title. Jika terlalu banyak jenis font yang digunakan, dapat mempengaruhi loading speed blog Anda.

Jika memang Anda ingin menggunakan 2 type font, gunakan single request dengan format sebagai berikut. Pisahkan nama font dengan tanda | .

Berikut ini misalkan kita load dengan 2 type font dalam satu request Api, yaitu font Roboto untuk body text dan tipe Roboto Slab untuk title.

  • 400 = Untuk regular font
  • 700 = Untuk Bold

Request Multiple Font

Selanjutnya atur jenis font yang akan digunakan pada file css Anda. Pada contoh diatas kita menggunakan font dengan 2 model. Roboto Untuk body text, sementara title menggunakan Robot Slab.

Metode ini dapat membuat request font menjadi lebih cepat. Aspek kecepatan loading blog juga harus kita perhatikan, usahakan blog Anda selalu cepat agar pembaca merasa nyaman berada di blog Anda. Efeknya blog akan menjadi lebih seo friendly.

Selanjutnya Atur Tulisan Anda

  1. Setting ukuran font agar lebih mudah dibaca. Jangan terlalu kecil dan terlalu besar. Coba variasi ukuran font, perhatikan perubahan pada tool analytics visitor Anda. Buat penelitian. Berikut ini contoh gambar satuan ukuran font dalam px dan em dan pt.Ukuran Font
  2. Line spacing atau jarak antar baris tulisan juga harus ada, jangan terlalu rapat. Jika jarak terlalu rapat, pembaca bisa kesulitan menemukan baris kalimat berikutnya.
  3. Atur jarak antar paragraf. Hal ini penting, paragraf dapat berfungsi sebagai jeda. Tulisan yang lengkap dengan paragraf terkesan lebih menarik. Enak dibaca dan dilihat secara visual.
  4. Tentukan line lenght atau jumlah karakter. Jangan membuat tulisan Anda terlalu panjang ke kanan. Ada beberapa kriteria mengenai line lenght. Line lenght yang ideal dan disarankan adalah 45 hingga 75 karakter. Anda bisa mengatur tampilan theme.
  5. Untuk jumlah baris dalam satu paragraf disarankan tidak lebih dari 5 baris. Buatlah kalimat yang menarik dengan membaginya menjadi beberapa paragraf jika ide paragraf Anda terlalu panjang.

Secara umum, empat poin diatas merupakan seni tipografi yang dapat memberikan dampak pada readibilty artikel. Tentu kita ingin agar artikel kita dibaca bukan? Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Manfaat Jika Tepat Memilih Jenis Font?

Ketika font yang Anda pilih tepat, pembaca bisa betah, artikel Anda akan di respon dengan baik. Lalu, faktor user experience blog pun mendapat skor positif. Hal ini berdampak pada posisi rangking artikel. Ya walaupun syarat lainnya adalah, artikel harus menarik dan berkualitas.

Baca juga : Jangan Sembarangan Memilih Jenis Font Agar Tulisan Anda Dibaca

Kesimpulan :

Memilih jenis font bisa dikatakan pekerjaan yang menantang. Akan tetapi, jangan pula Anda menjadi tidak fokus. Terlalu sibuk mengurus font. Anda harus tetap fokus membangun konten yang berkualitas, terus promosi dan optimasi.

Setelah berjalannya waktu, Anda akan menemukan. Jenis font seperti apa yang cocok dengan theme dan selera pembaca. Lakukan penelitian seperti yang telah saya sebutkan diatas tadi. Gunakan tool log visitor Anda untuk mengetahui, bagaimana dampak font terhadap user experience. Semoga artikel ini membantu.

Updated: July 20, 2017 — 2:44 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap