Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website atau Blog

Memilih layanan hosting

Apakah Anda sedang mencari layanan hosting untuk blog Anda? Lalu Anda bingung menentukan mana yang terbaik?

Nah pada artikel ini, mimin akan mencoba membeberkan apa saja syarat yang harus Anda catat sebelum memilih hosting.

Mengapa harus mencari hosting yang berkualitas?

Tujuannya tentu agar blog Anda dapat berkembang pesat. Anda tentu ingin blog Anda bertumbuh dan menjadi besar.

Pada umumnya, hosting dengan kualitas terbaik dibarengi dengan harga yang tinggi pula. Untuk itu, Anda perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Kemudian lakukan perbandingan agar Anda mendapatkan performa terbaik namun dengan harga murah serta terjangkau.

Cara Memilih Hosting Murah

Disini kita mencari yang murah bukan berarti murahan. Karena belum tentu juga harga hosting yang mahal kualitas nya juga menjamin. Iya kan…

Oke berikut ini kita akan membahas apa saja poin penting dan cara mendapatkan layanan hosting murah tapi berkualitas. Yuk simak ulasannya.

1. Kumpulkan informasi daftar penyedia hosting

Langkah pertama yang paling umum dilakukan oleh para pembuat blog Adalah mengumpulkan informasi. Semakin banyak informasi yang bisa Anda raih, Anda akan dapat membandingkan mana yang terbaik nantinya.

Caranya bagaimana?

Pertama kumpulkan terlebih dahulu daftar perusahaan yang menyediakan hosting. Catat pada buku kecil Anda.

Jika budget Anda terbatas, carilah layanan hosting lokal terbaik. Kemudian, banding kan paket yang mereka tawarkan pada masing masing provider.

Sebab..

Beda provider biasanya beda harga paket. Sesuaikan saja dengan kebutuhan blog Anda. Jika blog Anda masih baru, ambil saja terlebih dahulu paket yang sesuai.

Setelah blog Anda berkembang, tambah paket tersebut sesuai dengan perkembangan blog Anda.

Anda dapat mencoba mengakses promohosting.id untuk melihat daftar perusahaan hosting yang sedang menawarkan promo. Silahkan catat lalu cari informasinya agar Anda mendapatkan gambaran yang akurat.

2. Perhatikan Tipe Hosting

Dalam dunia hosting, ada beberapa tipe yang dibuat yaitu :

  • Shared Hosting
  • Cloud hosting
  • VPS

Namun, jika blog Anda masih baru, Anda bisa mencoba layanan tipe shared hosting atau cloud hosting terlebih dahulu. Anda tak perlu pusing tentang apa itu shared hosting dan cloud hosting.

Apa bedanya shared hosting dan cloud hosting ?

Bedanya hanya terletak pada cara pembagian saja. Jika shared hosting berarti satu server dipakai bersama sama website lain. Sedang kan cloud hosting biasanya di sesuaikan atau dibagi berdasarkan kapasitas masing masing.

Nah setelah blog Anda berkembang besar, Anda bisa melakukan upgrade dengan menggunakan layanan VPS. Yaitu layanan yang mampu menampung visitor blog Anda.

3. Pilih jumlah bandwidh yang digunakan

Pilihlah layanan hosting dengan bandwidh unlimited. Sebab dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika terjadi lonjakan visitor blog Anda.

Bayangkan saja jika blog Anda tiba tiba mendapatkan ratusan ribu visitor perhari, sudah dapat dipastikan Anda membutuhkan bandwidh yang sangat besar. Nah dengan memilih layanan hosting berkapasitas bandwidh unlimited, Anda tak perlu khawatir.

Saat ini sudah banyak layanan hosting dengan kapasitas bandwidh unlimited, Anda hanya perlu mencari dengan rajin.

Biar capek di awal asalkan blog Anda dapat berkembang dengan mudah. Semua blogger pasti menyarankan hal yang sama, agar mencari layanan hosting terbaik kan?

4. Penting untuk memperhatikan kecepatan server

Poin ini sangat penting lho.. Blog yang bagus akan semakin cepat menjadi besar jika kecepatan server sangat tinggi. Anda harus memilih lokasi server sesuai dengan lokasi pengunjung Anda.

Misalkan Anda menargetkan visitor dari Indonesia, maka pilihlah server dengan lokasi singapore atau Indonesia. Begitu juga jika Anda menargetkan visitor dari USA misalnya, maka carilah server daerah tersebut agar blog Anda ringan dan cepat diakses.

Beruntung saat ini sudah banyak layanan hosting yang memberikan pilihan tersebut dengan mudah. Anda tinggal memilih server mana sesuai dengan target pembaca blog Anda pada layanan mereka.

Lakukan juga uji coba dengan melakukan ping server hosting Anda untuk memantau uptime server tersebut.

5. Cari tahu up time server layanan yang Anda pilih

Up time server yaitu berapa persen server tersebut online secara terus menerus. Anda dapat memantau up time server dengan jasa pingdom atau dengan membaca pengalaman dari orang lain.

Mengapa up time itu penting?

Selain kecepatan, up time server juga penting. Dengan kondisi up time yang 100 persen, dapat dipastikan pembaca Anda akan selalu dapat membuka website Anda.

Begitu juga dengan robot perayapan mesin pencari seperti Google. Ketika robot perayapan selalu on time ketika menganalisa website Anda, maka blog Anda akan mendapatkan poin SEO tambahan karena selalu up.

Carilah layanan hosting dengan uptime yang paling mendekati 100% atau bahkan 100%.

6. Sistem keamanan juga penting lho

Walaupun kita mencari layanan yang murah dan terjangkau, akan tetapi kualitas keamanan harus diperhatikan. Coba baca pada keterangan paket yang ada, biasanya terdapat beberapa sistem keamanan yang mereka jamin.

Selain itu, ada beberapa poin penting yang bisa Anda terapkan ketika blog Anda sudah berjalan seperti :

  • Menggunakan wordpress versi terbaru
  • Memasang plugin firrewal seperti wordfence
  • Menggunakan Cloudflare
  • Menerapkan keamanan berlapis dengan two steps authentication
  • Menggunakan theme yang aman atau premium
  • Selalu memantau keamanan website secara periodik
  • Dll

Cara tersebut diatas dapat Anda pelajari dari internet. Banyak kok para blogger yang dengan senang hati membuat artikel tentang cara mengamankan website atau blog. Silahkan Anda pelajari dan explore.

7. Support yang mudah 24 jam dan ramah

Agar kita dapat dengan mudah menyelesaikan problem, ada baiknya Anda mencari layanan hosting dengan support 24 jam. Nah ketika Anda ingin menanyakan sesuatu, Anda dapat dengan mudah menghubungi mereka kapan saja.

Coba baca review dan jaminan layanan support yang mereka berikan. Pilihlah dengan layanan support yang terbaik dan mudah kapan saja.

Baca juga : Teknik Agar Blog Kamu Terus Berkembang Pesat Secara Terus Menerus

Kesimpulan :

Membangun website perlu memperhatikan beberapa hal, termasuk memperhatikan kualitas server hosting yang Anda gunakan. Semoga dengan menerapkan beberapa cara diatas, Anda dapat menemukan layanan hosting terbaik dan murah.

Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap