Cara Mempercepat Propagasi DNS Setelah Pindah Hosting

Mempercepat Propagasi DnsAda banyak sekali alasan mengapa pemilik website melakukan migrasi hosting, terutama alasan agar performa website lebih meningkat. Ataupun ingin mendapatkan resource yang lebih tinggi karena adanya peningkatan jumlah visitor blog.

Berdasarkan pengalaman saya pindah hosting kemudian mengganti name server pada domain, setelah saya akses ternyata website masih mengarah ke hosting yang lama. Akan tetapi pada website ini kemarin sukses sepenuhnya mengarah ke server yang baru setelah menunggu hanya sekitar 4 jam saja pada ISP yang saya gunakan.

Apa penyebabnya? Ternyata, setelah kita mengganti name server domain, maka domain tersebut tidak langsung mengarah ke server baru, hal ini disebabkan adanya masa propagasi DNS. DNS atau (Domain Name Server)  yang tersimpan pada ISP masih mengarah ke hosting lama. Nah setelah proses propagasi selesai, selanjutnya domain berhasil mengarah ke server yang baru.

Propagasi DNS merupakan proses update cache pada masing – masing provider internet diseluruh dunia, termasuk yang Anda gunakan. Mudahnya begini. Misalkan sekarang Anda hosting di perusahaan A. Kemudian dengan alasan tertentu Anda memindahkan website Anda ke perusahaan hosting B.  Karena sebelumnya domain Anda mengarah ke server A, maka Anda mengganti name server pada domain tersebut untuk mengarah ke hosting B.

Setelah name server diganti,biasanya tidak langsung terarah ke hosting B karena adanya proses propagasi DNS yang biasanya memakan waktu 1 x 24 jam hingga 72 jam. Lamanya waktu propagasi DNS tergantung dari seberapa cepat operator ISP anda melakukan update pada DNS mereka.

Hal lain yang mempengaruhi kecepatan proses propagasi DNS adalah umur dari domain yang Anda gunakan, jika domain Anda baru dan masih fresh. Artinya baru pertama kali Anda arahkan ke server tertentu, maka prosesnya bisa lebih cepat. Ini karena tidak adanya cache sebelumnya. Berbeda dengan domain yang sudah lama, seperti yang saya jelaskan pada paragraf pertama diatas.

Jika Anda belum bisa mengakses DNS baru karena adanya proses propagasi tadi, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa secepatnya menambah artikel atau melakukan update pada website Anda. Dan berikut ini langkah – langkahnya.

Deteksi Versi Website Setelah Migrasi Hosting

Bagi Anda yang melakukan migrasi dari satu hosting ke hosting lain, maka kita harus tahu apakah domain sudah mengarah ke hosting baru atau belum. Dengan melakukan modifikasi atau menambahkan file html pada hosting lama, maka kita bisa membedakan website versi mana yang sedang kita buka saat ini. Apakah website pada server lama atau website pada server baru.

Tujuannya agar mempermudah saja. Caranya sangat simple, buatlah tanda pembeda pada website lama Anda dan metodenya terserah Anda, seperti merubah warna header pada website server lama, atau menambah beberapa perbedaan tertentu.

Dan masih banyak cara lainnya, seperti memasang plugin flag pada browser chrome, saya sendiri menggunakan plugin flag pada Google chrome untuk mengetahui server mana yang sedang diakses, sehingga kita bisa melihat apakah proses propagasi sudah selesai.

Cara ini hanya menurut pemula seperti saya, jadi saya hanya menggunakan metode diatas untuk mengetahui dan membedakan kemana arah domain yang sedang di buka saat ini, setelah saya melakukan migrasi hosting.

Cara Mempercepat Propagasi DNS Pada Komputer

Setelah mengetahui bagaimana cara mendeteksi hal tersebut diatas, kemudian coba lakukan langkah – langkah dibawah ini untuk memastikan apakah proses propagasi DNS sudah resolve ke server baru Anda.

1. Klik Start pada komputer Anda kemudian pilih Run. Nanti akan muncul kotak dialog kecil. Masukkan kode berikut ini.

notepad C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts

Selanjutnya klik Ok maka akan muncul jendela notepad.

2 .Langkah selanjutnya silahkan cari dan catat nomor IP server baru Anda, biasanya ada di control panel atau email dari provider hosting baru Anda.

3. Paste atau tulis dengan format sebagai berikut: Nomor IP <spasi> nama domain Anda. Yaitu pada bagian paling bawah di notepad tadi. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat pada contoh gambar dibawah ini.

Mempercepat Propagasi Dns

Contoh gambar

4. Kemudian simpan dengan cara klik File pada bagian kiri atas, lalu pilih Save. Atau Anda bisa menekan tombol Ctrl + S.

Sekarang coba akses admin wordpress Anda dan silahkan cek juga tampilan website apakah benar sudah mengarah ke server yang baru. Biasanya jika langkahnya benar maka Anda akan berhasil membuka website pada server baru. Akan tetapi untuk ISP lain mungkin butuh waktu sekitar 1 x 24 jam hingga 72 jam.

Bersihkan Cache Pada Browser

Cara lainnya adalah Coba Anda bersihkan history pada pada browser yang Anda gunakan. Untuk pengguna Google chrome, arahkan  kursor Anda pada sudut kanan atas untuk membuka pilihan Menu, kemudian pilih Riwayat, hapus semua data penjelajah. Setelah selesai, coba akses kembali website Anda pada server baru tersebut.

Saya sendiri menggunakan plugin flag pada Google chrome untuk mengetahui server mana yang sedang diakses. Kemudian saya melihat perbedaan yang telah dibuat seperti pada langkah pertama diatas.

Alasan Mengganti Name Server

Bagi Anda yang memahami betul dunia blogging sudah tentu ingin website Anda cepat saat dibuka, hal ini akan memberikan dampak yang luar biasa. Posisi serp dan kenyamanan pembaca blog akan semakin meningkat. Jika blog Anda ringan ketika diakses, bounce rate bisa menurun karena pembaca rajin membuka artikel  lain pada blog Anda

Untuk mendapatkan performa terbaik pada website, lakukan pemantauan secara rutin terhadap kinerja loading website yang dikelola.  Banyak platform gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan. Pilih sistem otomatis untuk memantau kinerja server yang Anda gunakan secara periodik.

Sekarang ini pembaca sudah terbiasa dengan web yang cepat saat diakses. Maka dari itu Anda disarankan untuk mempercepat blog Anda secepat mungkin agar memberikan pengalaman terbaik bagi pembaca blog Anda.

Baca juga : pentingnya kecepatan loading website dari segi bisnis

Saya menyarankan untuk teliti sebelum membeli layanan hosting, pilihlah yang benar – benar mengedepankan kualitas. Namun jika memang website atau blog Anda telah memiliki trafik yang tinggi, Anda bisa membeli VPN dengan spesifikasi yang sesuai dengan visitor blog Anda. Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman yang ingin cepat mengakses website pada server baru setelah ganti name server.

Updated: May 2, 2017 — 12:59 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap