Cara Memperhalus Wajah Atau Skin Retouch Menggunakan Photoshop

Mengedit Foto dengan menggunakan Photoshop

Dalam melakukan editing foto di photoshop terkadang kita menemukan beberapa hal yang memerlukan teknik dalam menyelesaikannya, sehingga perlu teknik khusus agar pekerjaan kita bisa di selesaikan dengan cepat. Sehingga kita tidak akan lagi membuang waktu dengan melakukan proses edit yang tidak benar. Terutama pada saat kita melakukan pekerjaan skin retouch, yaitu memperbaiki texture wajah baik itu seperti memperkecil bagian foto atau pun mengubah dan memperhalus bagian tertentu pada wajah. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa tips yang bisa kita manfaatkan dalam memudahkan pekerjaan kita.

Memperkecil Tampilan Dan Dimensi Pada Bagian Tertentu Pada Foto

Mungkin ada klien yang minta untuk di kecilkan atau di ramping kan fotonya secara keseluruhan, nah jika anda melakukan nya dengan cara yang benar, maka hal tersebut dapat terselesaikan dalam waktu singkat.

Dalam contoh diatas, kita bisa langsung saja menggunakan selection tool, kemudian lanjutkan dengan menekan Ctrl + T untuk mengaktifkan mode transform nya. Dengan demi kian anda bisa dengan leluasa memperkecil foto seperti contoh permintaan klien diatas tadi. Akan tetapi jika anda melakukannya dengan liqufy, maka komposisi foto akan terlihat berubah, maka dari itu lakukanlah dengan cara selection. Tidak menutup kemungkinan jika di dalam foto tersebut ada 2 orang, anda hanya cukup menyeleksi bagian tertentu saja.

Menerapkan Mask Pada Layer Untuk Modifikasi Foto

Contoh selanjutnya adalah ketika kita berhadapan dengan foto dimana pada bagian tertentu pada foto tersebut terdapat warna yang tidak seharusnya. Seperti pada gigi yang berwarna kuning, mata dan lain – lain. Untuk melakukan editing pada bagian tertentu seperti gigi mata dan sebagainya, lebih baik di lakukan dengan menggunakan burn tool, daripada menggunakan layer adjustment dan menerapkan layer mask.

Dalam contoh ini, admin memutihkan gigi dengan cara menambahkan adjustment curve nah kemudian akan ada muncul layer mask di atasnya kemudian menekan CTRL +I untuk membuat adjustment layer nya di masking dengan warna hitam. Lalu draw pada gigi dengan brush tools dengan warna putih. Proses seperti ini memerlukan waktu, jadi silahkan saja menggunakan burn tool, hanya dengan sedikit olesan maka bagian gigi akan terlihat putih, terkecuali warnanya terlalu kuning, maka bisa dilakukan dengan menggunakan level adjustment yang kemudian layer nya di beri efek mask.

Menghilangkan Kedutan Pada Wajah Dengan Tool Healing Brush.

Ketika anda ingin menghilangkan wrinkle atau jerawat atau melakukan clone. Dari pada menggunakan lapisan layer dan kemudian anda blend. Ada baiknya langsung saja dengan menggunakan Healing brush tool, kemudian ambil area yang di jadikan bahan sampel nya, setelah proses melapis selesai, hasilnya akan kelihatan tidak natural, untuk itu harus di turunkan terlebih dahulu opacity nya. Silahkan ke menu di bagian FILE> FADE SPOT HEALING Turunkan opacity nya. Dengan demikian rekayasa menghilangkan wrinkle atau pun kedutan pada wajah tidak terlalu kelihatan. Menu tersebut akan tampil tergantung dari tools yang sebelumnya sobat pakai dalam melakukan editing.

Memperhalus Wajah Dengan metode Blur.

Dalam memperhalus wajah, ada banyak cara yang dilakukan oleh para editor. Tetapi kali ini admin memberi tips blur untuk memperhalus wajah hanya dengan langkah singkat yaitu dengan filter blur. Tidak perlu lagi dengan menerapkan filter filter lainnya yang bejibun. Ini hanya sekadar mempercepat saja. Caranya duplikat layer nya terlebih dahulu lalu masuk ke menu Filter > Blur > Gaussian blur. Sesuaikan saja blur nya. Terapkan layer mask pada layer yang baru ter-duplikasi tadi, selanjutnya silahkan kamu draw pada bagian yang tidak ingin terkena efek blur dengan warna putih, selanjutnya terapkan adjustment curve. Untuk melakukan teknik ini, jika sobat masih baru dalam menggunakan photoshop, maka silahkan saja untuk belajar terlebih dahulu bagaimana teknik untuk menerapkan mask pada setiap layer adjustment yang kita terapkan.

Melakukan Penyesuaian kontras Pada Foto

Tips selanjutnya adalah bagaimana caranya untuk menyesuaikan shadow pada foto jika foto yang kita punya memiliki kontras yang lesu atau tidak berwarna? Nah, untuk mengatasi hal ini Anda bisa langsung saja menerapkan curve, lakukan dengan cara drag atau slider, kemudian pilih area yang paling gelap, dilanjutkan dengan menggeser kecerahan warnanya. Begitu juga untuk bagian light nya atau bagian terangnya. Caranya sama saja, kemudian masuk ke menu hue saturation, jangan gunakan slider. Tetapi gunakan drag tool yang gambarnya seperti tangan tersebut. Sebab, jika dilakukan dengan slider, maka efek berpengaruh pada keseluruhan texture warna yang ada, jadi usahakan dengan menu drag. Pilih area warna yang akan dinaikkan, dan pilih juga area warna yang ingin diturunkan.

Mempercepat Proses Mengganti Background Gambar.

Tips selanjutnya adalah, bagaimana cara untuk mempercepat proses mengganti background. Untuk menjawab ini, sebenarnya tergantung dari keahlian sobat masing – masing. Toll yang mana yang sobat kuasai. Apakah sobat menguasai tool pen, jika iya mantap. Nah untuk cara cepatnya adalah dengan menggunakan quick selection tool, silahkan sobat cari quick selection tool lalu pilih area foto yang akan di ambil. Lanjutkan dengan menekan CTRL + J. Dengan demi kian akan terbentuk dua buah layer, nah layer yang baru itu adalah hasil seleksi tadi. Tinggal hapus saja layer yang lama, kemudian buka foto baru, tahan lalu tarik saja ke tab di sebelah nya, kemudian pastikan layer yang berisi foto background tadi berada di lapisan paling bawah.

Dengan seringnya Anda melakukan editing foto menggunakan photoshop, maka kemampuan dan skill Anda juga akan ikut meningkat. Sehingga bisa di katakan bahwa salah satu cara terbaik untuk memperoleh skill adalah dengan terus mendalami ilmu photoshop. Apa lagi jika anda seorang fotografer, hal ini sangat mendukung pekerjaan utama Anda.

Semoga dengan penjelasan ringkas di atas bisa memberikan gambaran tentang bagaimana cara agar proses retouching bisa di kerjakan dengan waktu yang singkat. Jika ada yang mau menambahkan mengenai tips lainnya silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Selamat belajar dan membuat kreasi.

Updated: January 12, 2017 — 7:46 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap