Cara Memulai Bisnis Online dan Langkah – Langkah Sukses Bagi Pemula

Apakah Anda ingin memiliki penghasilan tambahan melalui internet, atau ingin menjadikan internet sebagai penghasilan utama?

Perlu Anda tahu bahwa ternyata banyak sekali orang yang ingin memulai bisnis internet dan mencari tahu bagaimana cara memulainya. Termasuk saya sendiri.

Mengapa demikian? Ternyata hal ini karena…..

Munculnya internet telah nyata mempermudah manusia untuk melakukan kegiatan seperti mencari informasi, jual beli, komunikasi dan lain sebagainya. Nah dari sinilah muncul peluang bisnis yang sangat besar jika kita pintar mengambil peluang yang ada.

Cara Memulai Bisnis Online

Namun…Apa yang perlu menjadi catatan adalah, bisnis online sama saja seperti bisnis konvensional, tidak ada yang instan. Butuh riset, belajar, sabar dan butuh strategi.

Jadi, walaupun peluang yang ada begitu besar, terlebih dahulu kita harus paham ilmunya dan paham praktiknya. Jika Anda mau seperti itu, itu sudah menjadi modal  yang besar agar sukses di dunia internet.

1. Mindset Pebisnis yang Benar dan Tepat

Tahukah Anda defenisi aset yang sebenarnya? Banyak lho orang menerjemahkan aset dengan cara yang berbeda.

Contohnya begini:

Ada yang mengatakan mobil pribadi itu aset, rumah pribadi itu aset.

Padahal agar mindset bisnis kita tepat, maka Aset kita terjemahkan sebagai sesuatu yang bisa menghasilkan uang baik itu kita bekerja ataupun tidak.

Nah dari contoh diatas, jika mobil mewah anda tidak menghasilkan uang akan tetapi malah mengeluarkan uang untuk membayar pajak, bensin dan perawatan mesin, berarti itu bukan aset.

Pertanyaannya, Apakah mobil bisa dikatakan aset? Bisa, sangat bisa, contohnya berikut ini.

Anda bisa mengatakan mobil Anda aset jika mobil tersebut Anda rental ke perusahaan karena setiap bulan mobil tersebut memberikan Anda income. Dengan begitu, Anda bisa fokus membangun aset baru, entah itu bisnis offline maupun online.

Semoga dengan penjelasan diatas Anda bisa mengerti dan memahami aset secara benar.

Lalu caranya bagaimana agar mindset tepat dalam bisnis?

Fokus membangun aset, cari cara bagaimana aset bisa menghasilkan uang dimana kita bekerja atau tidak. Kemudian bangun aset baru setelah aset sebelumnya mampu memberikan Anda income.

Agar pemahaman Anda lebih jitu, Anda bisa membaca buku Robert Kiyosaki yang membahas masalah ini.

2. Mulai dengan yang sederhana terlebih dahulu untuk memahami dunia e-marketing

Pada dasarnya agar bisnis kita lancar maka kita harus menjadi orang yang memecahkan masalah orang lain. Maksudnya adalah, jadilah problem solving, cari tahu apa yang dibutuhkan oleh orang lain, lalu cari solusinya.

Coba lihat fakta berikut ini…

Bagaimana bisa toko online maju? Jawabannya tentu karena mereka menjual apa yang dibutuhkan orang lain kan?

Kebutuhan orang itu banyak seperti informasi, artikel, video, produk digital, produk fisik, jasa, software dan masih banyak lagi kebutuhan lain.

Jadi.. Silahkan Anda temukan apa yang menjadi kebutuhan orang dan berilah apa yang dibutuhkan mereka. Cari tahu juga dimana passion Anda, apa kelebihan Anda.

Untuk langkah awal Anda bisa menjual aneka jenis produk terlebih dahulu di media sosial seperti

  • Google Plus
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Dll

Platform diatas gratis dan bisa Anda gunakan untuk sarana promosi. Caranya, cobalah perhatikan para pedagang di media sosial, perhatikan bagaimana cara mereka promosi dan cari tahu produk yang paling laris di-pasaran.

Selanjutnya, jika ingin lebih serius, Anda bisa membangun website sendiri. Tapi sebelumnya Anda sudah tahu dan faham ketika Anda memulainya dengan yang gratisan.

Bagaimana jika tidak memiliki produk?

Tenang saja, ada banyak sekali jenis bisnis online. Anda bisa mencoba bisnis dropshiper, reseller, atau affiliate marketing dll. Masih banyak solusi yang bisa Anda tempuh jika memang Anda belum memiliki produk.

Untuk itu cobalah cari tahu terlebih dahulu peluang pasar yang bisa Anda garap. Langkah ini memang memerlukan riset yang tidak mudah.

3. Untuk langkah yang lebih serius setelah memahami dunia internet.

Anda dapat membangun website sendiri, memang membutuhkan modal, akan tetapi jika teori dan praktek internet telah Anda kuasai, Anda akan mengerti apa manfaatnya membangun website sendiri.

Akan tetapi Anda masih tetap bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan situs jasa iklan terbesar dan terbaik saat ini yaitu Google Adword.

Selanjutnya pahami bagaimana cara promosi yang baik, pelajari manajemen keuangan yang tepat dan cari tahu semuanya lewat riset dan praktek yang Anda jalankan.

Seperti yang telah penulis jelaskan diatas tadi bahwa bisnis online sebenarnya sama saja seperti bisnis offline. Tidak ada yang instan, semuanya sama saja membutuhkan keseriusan dan manajemen yang jitu.

Baca juga : Kebiasaan yang Perlu Dilatih Ketika Terjun ke Dunia Bisnis Agar Sukses

Sebenarnya masih banyak lagi jenis dan cara memulai bisnis online. Jika ada tambahan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam praktek dan sukses selalu.

Updated: February 27, 2018 — 5:48 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap