Cara Memulai Bisnis Online Shop Agar Meraih Sukses

Trend bisnis online terus mengalami pertumbuhan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pemain baru yang bertambah setiap hari dan ikut meramaikan e-market Indonesia. Kita bisa melihat, selalu ada saja nama – nama baru yang muncul.

Hal ini menandakan bahwa peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia memang terus mengalami pertumbuhan. Sehingga para pebisnis melihat adanya kesempatan yang begitu besar khususnya di Indonesia.

Cara Memulai bisnis online shop

Jika Anda berniat ingin menjalankan bisnis online shop, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba

Tentukan terlebih dahulu jenis produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan menggunakan analisa.

Segala sesuatu jika direncanakan dengan matang maka bisa memberikan hasil yang baik. Nah, agar usaha Anda dapat berkembang untuk jangka panjang, maka lakukan analisa yang matang. Buat beberapa plan bisnis yang jelas berdasarkan beberapa riset.

Riset pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah, tentukan terlebih dahulu target market yang ingin Anda raih.

Target market berarti jenis produk yang ingin Anda pasarkan. Analisa target market meliputi berapa tingkat persaingan, kira – kira apa saja kendala yang mungkin bisa muncul. Dengan cara seperti nii, Anda bisa mengetahui apakah produk Anda layak untuk di jadikan bisnis.

Untuk melakukan analisa apa saja produk yang mungkin sesuai untuk dijadikan bisnis. Anda bisa mencoba melakukan beberapa surver.. Sebagai contoh meneliti trend yang ada pada media sosial, coba lihat produk seperti apa saja yang sedang trending.

Selain menggunakan media sosial, Ana bisa menggunakan beberapa data market lain seperti dengan menggunakan Google keyword planner. Apa itu google keyword planner?Google keyword planner adalah alat yang digunakan untuk meneliti berapa jumlah pencarian untuk setiap kata kunci setiap bulannya.

Dari data seperti ini Anda dapat dengan mudah menentukan apakah produk Anda layak atau tidak.

Selain menggunakan Google keyword planner, Anda bisa melihat produk yang paling laris. Anda bisa mengunjungi beberapa websiete e-commerce yang popular saat ini. Lalu coba cermati dengan baik, kategori apakah yang paling laris.

Dari sini Anda bisa menemukan jenis atau ide produk yang ingin Anda jadikan sebagai bisnis online shop.

Apakah Anda menjual produk sendiri, menjadi reseller atau menjadi dropsihper.

Setelah Anda menemukan jenis produk yang ingin dipasarkan. Langkah selanjutnya Anda harus menentukan apakah Anda menjadi produsen dari produk tersebut, menjadi reseller atau menjadi dropshiper.

Ketiga jenis bisnis diatas memiliki arti yang sangat berbeda. Menjadi seorang produsen sudah jelas bahwa Andalah yang menciptakan produk tersebut. Sedangkan menjadi reseller Anda menjual barang orang lain dengan cara membeli terlebih dahulu kemudian dijual kembali. Sedangkan untuk bisnis dropshipper Anda tak membutuhkan modal sama sekali.

Jika Anda memang sudah memiliki produk sendiri, maka Anda bisa langsung ke tips berikutnya yaitu mencari cara promosi yang tepat. Namun jika belum  memiliki produk, berarti ada dua pilihan yang bisa Anda buat. Pertama menjadi seorang reseller, yang kedua menjadi seorang dropshipper.

Kedua jenis bisnis diatas sama – sama memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Dan sama – sama memiliki peluang sukses.

Menentukan strategi promosi

Setelah Anda menentukan jenis produk, langkah selanjutnya menentukan cara promosi yang paling tepat.

Bisnis online shop tak sama seperti bisnis konvensional biasa. Mengapa, jika dibanding dengan bisnis konvensional, bisnis online shop akan menang banyak. Baik dari segi teknologi atau dari segi pendapatan.

Coba lihat saja buktinya, pasar – pasar handphone kaki lima yang dulu sangat popular sekarang ini sudah mulai menghilang digusur oleh para pedagang OnLine shop. Ya memang karena sudah tuntutan zaman.

Ada beberapa media yang bisa Anda jadikan tempat promosi.

  1. Menggunakan jasa Google Adword
  2. Media sosial
  3. Website pribadi
  4. Website E-commerce

Anda bisa menggunakan beberapa metode diatas untuk promosi. Sebagai contoh, jika Anda memilih untuk menggunakan media sosial, maka Anda harus belajar bagaimana cara membuat fanspage, membuat status yang baik, dan lain sebagainya.

Mana yang lebih baik? saya rasa agar jangkauan dan promosi Anda bisa sesuai dengan target yang ingin Anda raih, maka gunakan-lah jasa periklanan dari Google Adword. Media yang satu ini sudah terbukti sejak lama. Mereka merupakan perusahaan besar dibidang jasa iklan.

Temukan cara mengumpulkan big data

Istilah big data belakangan ini mulai mencuat. Apa sih sebenarnya big data itu? Setelah saya browsing kesana – kemari, ternyata big data adalah data yang menyangkut bisnis. Anda tentu bisa menilai sendiri bahwa big data begitu penting.

Big data merupakan informasi atau data yang berkaitan dengan bisnis. Misal trend warna, trend model fashion, berapa jumlah pasar yang bisa diraih, kapan trend sering muncul dan lain sebagainya.

Jika Anda mampu menguasai big data, maka Anda bisa menjadi seorang pebisnis yang hebat. Karena dari data Anda bisa mengolah bermacam – macam inovasi.

Baca juga : Melirik Perkembangan Bisnis E-Commerce Yang Ada Sekarang Ini

Kesimpulan :

Agar berhasil menjalankan bisnis online shop sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar seperti bisnis konvensional, yang dibutuhkan adalah niat dan ilmu pengetahuan. Semakin banyak ilmu yang Anda kuasai di bidang olshop, maka itu semakin baik. Semoga penjelasan ini dapat memberikan gambaran untuk Anda. Salam sukses selalu.




Updated: September 9, 2017 — 9:52 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap