Cara Memulai Bisnis Properti Dari Awal Modal Minim

Bisnis Properti Tanpa Modal

Ilustrasi Bisnis Properti

Bisnis properti bisa dijalankan dengan modal minim? Bisa, tapi perlu pengetahuan dasar terlebih dahulu Pengetahuan yang dimaksud adalah ilmu pengetahuan seperti ahli dalam negosiasi, ahli dalam mencari peluang dan lain sebagainya.

Ada iklan yang menarik untuk dikutip, iklan ini di televisi yang bunyinya, bakat itu omong kosong, bakat yang sebenarnya adalah saat kita tidak pernah menyerah. Dari kata tersebut ada benarnya juga, kalau kita kaitkan dengan merintis bisnis baru seperti properti. Maka hal yang paling penting adalah berani untuk mencoba.

Bisnis properti merupakan bisnis yang menarik untuk diteliti, mengingat pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat akan sejalan dengan kebutuhan properti. Apalagi peningkatan ekonomi negara kita terus tumbuh dari tahun  ke tahun.

Mudah dan berani bukan berarti tanpa resiko, atau mengabaikan resiko, Anda harus tetap mempelajari, kemudian mencari solusi bagaimana cara untuk menghilangkan resiko yang ada. Tentunya dengan cara belajar menguasai medannya terlebih dahulu.

Back to topic. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memulai bisnis properti ini.

Rajin membaca tentang properti

Poin ini jangan dianggap sepele, rajin membaca memiliki pengaruh yang lumayan besar.. Anda akan tahu seluk beluk dunia properti. Berkat membaca dari pengalaman orang yang pernah berkecimpung di bidang properti.

Membaca kisah pengalaman orang lain yang sukses di dunia properti bisa memberikan ilmu yang luar biasa manfaatnya. Pengalaman dari orang – orang seperti ini sangat kita butuhkan untuk mengikuti jejak mereka.

Anda bisa mencari buku kisah sukses para pelaku bisnis properti, cari buku yang mengajarkan Anda bagaimana untuk menjalankan bisnis ini. Atau cari buku tentang perjalanan seorang developer properti. Dari sana banyak sekali pelajaran yang bisa diambil.

Perhatikan Keabsahan atau Legalitas

Setelah Anda memahami teori tentang bisnis properti, langkah selanjutnya adalah memperhatikan legalitas bisnis yang akan Anda jalankan. Poin ini memegang peranan penting bagi kemajuan bisnis dalam jangka panjang. Lakukan cek terhadap perizinan properti, surat menyurat dan perlengkapan legalitas lainnya.

Atau, Anda bisa saja menanyakan ke Badan Pertanahan (BPN). Apalagi jika Anda mempunyai kenalan seorang Notaris. Anda bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang penting dalam dunia bisnis properti.

Seperti halnya perlengkapan surat menyurat dibawah ini :

  • Memahami apa itu AJB ( Akta Jual Beli )
  • SHM ( Sertifikat Hak Milik)
  • Hak Guna Bangunan ( HGB )
  • Leter C, dan jenis surat surat tanah lainnya

Rajin Melihat Iklan Di Media Massa

Informasi yang perlu dikuasai dalam bisnis properti adalah mengenai harga, spesifikasi dan model rumah yang ada. Bagi pemula yang belum paham benar tentang tipe rumah tentu harus mempelajari dulu.

Rajin membaca iklan properti dapat menambah pengetahuan Anda tentang seluk beluk properti. Anda akan memiliki pengetahuan tipe – tipe rumah, mengetahui berapa harga pasaran. Dan yang paling penting Anda bisa membaca peluang dari sana.

Jangan pusing bertanya media yang mana? Banyak. Koran, televisi, media online, atau agen properti yang ada disekitar Anda. Anda bisa mendatangi developer perumahan disekitar lokasi Anda. Lihat iklan yang mereka pasang, lalu pelajari untuk memperoleh wawasan tentang properti.

Contoh Media Online :

  • Detik
  • Kompas
  • Tribun
  • Media Developer
  • Ketik saja di Google kata kunci yang mau ditanyakan di mesin pencari, banyak informasi dari sana.

Contoh Media Offline :

  • Kantor developer
  • Koran
  • Agen properti yang terkenal
  • Dan Lain sebagainya

Kerja Sama Dengan Para Agen Properti Lainnya Yang Kredibel

Membangun relasi sesama rekan bisnis dibidang yang sama dapat memberikan manfaat timbal balik. Selain bisa mendapatkan keuntungan secara finansial saat sukses, Anda bisa mendapatkan pelajar berharga dari para senior properti.

Apalagi jika relasi terbangun dengan orang – orang yang baik dan jujur. Anda akan terbantu sekali. Tapi mungkin jarang orang zaman sekarang ini mau jujur atau polos membantu. Jadi Anda harus benar – benar teliti dalam menjalankan bisnis ini.

Broker properti yang bagus dan mantap biasanya memiliki jaringan yang luas. Nama mereka pun terkenal di kalangan masyarakat. Anda bisa dengan mudah mengidentifikasinya, perhatikan semua projek yang telah dibangun, jika lancar dan benar – benar berkualitas, maka broker tersebut bisa Anda dekati.

Membuat Riset Pasar

Riset merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis properti. Riset dapat membantu Anda untuk menemukan tempat terbaik ketika menjalankan bisnis ini. Biasanya properti akan berkembang pada lokasi – lokasi seperti di bawah ini :

  • Berada pada pusat keramaian
  • Dekat dengan sarana umum seperti kampus, tempat perbelanjaan, sekolah dan lain sebagainya.
  • Berada di dekat sarana transportasi seperti stasiun, terminal, bandara.
  • Pelajari momentum investasi yang memberikan peluang besar.

Poin – poin diatas selalunya menjadi target bagi para pengembang properti. Masyarakat sudah pasti mencari lokasi yang memudahkan dalam menjalankan kegiatan sehari – hari Jadi pelajarilah dan coba lakukan riset pasar dengan baik.

Pelajari juga bagaimana kebiasaan masyarakat pada lokasi yang Anda teliti, hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana kehidupan sosial mereka. Hal yang paling penting adalah adanya mental, modal dan segala resiko dalam bisnis ini.

Selain riset seperti yang telah disebutkan diatas, Anda perlu untuk memilih jenis properti yang bisa memberikan keuntungan seperti bidang developer atau bidang investasi.

Belajar Keahlian Dalam Melakukan Negosiasi

Seorang pebisnis properti handal yang berhubungan dengan konsumen atau investor. Sudah tentu wajib untuk memiliki keahlian sebagai seorang negosiator yang hebat. Mampu menjadi pembicara yang meyakinkan.

Ada beberapa orang yang menjadikan objek properti sebagai bisnis investasi, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk meyakinkan calon investor tersebut.  Mereka mengetahui bahwa nilai tanah yang berada pada lokasi strategis akan terus tumbuh.

Bangunlah ikatan bisnis yang baik dan mengedepankan kepuasan konsumen atau investor. Lakukan dengan wajar dalam mengambil profit, jangan terlalu berlebihan dan tetap dalam kondisi wajar. Perhatikan kesejahteraan masyarakat agar roda ekonomi mereka terus berkembang. Hindari untuk menguntungkan diri sendiri.

Mempelajari teknik negosiasi akan menjadikan Anda sebagai seorang negosiator handal. Ada beberapa teknik yang bisa anda pelajari dari Steve Job seperti :

  1. Berani untuk tetap pada keputusan  ( Walk Out ) = > Yaitu berani untuk keluar dari meja perundingan jika keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Pelajaran yang bisa diambil yaitu keteguhan dalam memegang pendirian.
  2. Memegang prinsip negosiasi dengan bukti yang valid => Seorang Jobs sering menyertakan dokumen dan data – data berupa angka yang valid. Artinya dengan data yang lengkap, akan timbul kepercayaan dari negosiator lain.
  3. Memperhatikan penawaran orang lain terlebih dahulu  => Seorang Steven Jobs memilih diam terlebih dahulu pada lawan bicara, efek yang ditimbulkan adalah, lawan bicara merasa tidak nyaman lalu penawaran muncul dari pihak pertama.
  4. Dan masih banyak lagi tips lainnya, silahkan Anda pelajari tentang teknik negosiasi yang benar.

Kemampuan negosiasi bisa memberikan poin plus yang tinggi bagi kemajuan bisnis Anda. Kemudahan dalam membangun relasi, kemudahan dalam mengembangkan bisnis dan lain sebagainya. Untuk itu, cobalah cari informasi tambahan mengenai teknik negosiasi dimana saja yang bisa Anda pelajari.

Lakukan Markup Dengan Sewajarnya.

Harga properti bisa saja berbeda pada setiap lokasi, hal ini bisa dilihat dari beberapa kelebihan yang ada disekitar objek properti. Anda bisa mencari nilai tambah tentang bangunan, luas tanah, kondisi bangunan dan fasilitas umum seperti yang dijelaskan pada poin riset diatas.

Pelajari ulang poin apa saja yang bisa membantu Anda dalam menetapkan harga sesuai dengan kualitas objek properti. Usahakan untuk selalu menetapkan harga dengan wajar. Memiliki kemampuan seperti ini, Anda bisa menjadi seorang Agen yang akan selalu dihubungi oleh para pelaku bisnis ini atau para konsumen yang percaya dengan Anda.

Bangun Kepercayaan Dan Nama Anda / Brand

Untuk sukses di bisnis apapun atau dalam membina hubungan dengan masyarakat, Kepercayaan merupakan faktor penting untuk dijaga. Untuk itu, jagalah reputasi nama Anda, jalankan bisnis dengan profesional agar Anda bisa dikenal oleh para pebisnis lainnya.

Menjaga kepercayaan orang lain bisa memberikan manfaat, seperti kemudahan dalam memperoleh kesempatan, selalu menjadi referensi orang lain, dan yang paling penting Anda bisa memiliki relasi bisnis yang luas.

Mulailah belajar bagaimana menjadi seorang pebisnis yang memiliki kredibilitas, profesional, menjaga penampilan dan lain sebagainya. Karena, membangun kepercayaan tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Anda perlu menunjukkan hasil karya yang nyata terlebih dahulu di mata orang lain.

Lakukan Promosi Menggunakan Media Online

Kemajuan dan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 100 juta orang. Jika Anda mampu mengambil kesempatan ini dengan baik, maka target marketing Anda bisa menjangkau calon konsumen atau investor dalam cakupan lokasi yang sangat luas.

Banyak sekali agen properti yang menerapkan internet marketing secara online, target pasar mereka bisa menjangkau konsumen yang luas. Biasanya calon konsumen yang mencari informasi tentang properti, akan membuka internet untuk menemukan referensi. Nah para pebisnis yang menggunakan media online dengan mudah mempromosikan produk mereka.

Berikut beberapa model lapak online yang bisa Anda buat.

  • Membangun Website Properti
  • Meraih konsumen dengan Search Engine
  • Menggunakan media sosial
  • Menggunakan Ads / iklan

Memang membutuhkan pengetahuan lebih jika ingin merambah ke dunia online, akan tetapi bisa dipelajari asalkan ada kemauan.  Anda bisa mencari ilmu tentang media online dari search engine internet. Banyak sekali para blogger yang akan dengan senang hati membantu Anda.

Jika perlu, buatlah komunitas properti Anda di media online, lakukan promosi dengan bijak. bangun kepercayaan dan brand Anda di media onine.

Sebagai contoh media properti rumah123, mereka melakukan promosi di dunia online. Cara ini bisa mengurangi biaya promosi karena pengunjung datang dengan sendirinya pada website tersebut melalui search engine internet.

Carilah contoh – contoh website properti lainnya yang telah sukses. Anda bisa mempelajari bagaimana cara mereka membangun website properti dengan baik.  Sebenarnya ilmu bisnis lewat media online bisa dipelajari jika mau tekun dan konsisten.

Anda bisa mempelajari tentang internet marketing. yaitu tentang bagaimana melakukan proses promosi, branding, Layanan Customer  service dan lain sebagainya. Terapkan strategi internet marketing dengan benar pada bisnis properti yang Anda jalankan.

Secara garis besar marketingonline adalah sebagai berikut :

  1. Web marketing ( SEO, Ecomerce, blog pribadi atau perusahaan )
  2. Social Media Marketing ( Facebook, Instagram, dall)
  3. Email Marketing

Belajar Pengetahuan Marketing

Kegiatan marketing properti bisa diartikan sebagai usaha untuk mempromosikan jasa produk yang Anda tawarkan secara massal. Anda harus mengatur bagaimana agar kegiatan promosi dan pemasaran bisnis Anda bisa berkembang dalam jangka panjang.

1. Membuat kegiatan yang terstruktur dan terencana dengan baik ( Plan )

Anda harus mampu membuat panduan teknis berupa strategi pemasaran properti yang Anda jalankan. Mencari beberapa alternatif media yang akan Anda gunakan, mengetahui bagaimana cara untuk memanfaatkan media, baik itu media offline dan media internet.

2. Membuat catatan tersendiri

Laporan yang berisi kegiatan yang dijalankan seharusnya dibuat dengan jelas, apapun kegiatan dan strategi yang Anda terapkan bisa dicatat pada catatan pribadi Anda sebagai bahan analisa selanjutnya. Dari sini Anda akan mampu mengetahui strategi seperti apa yang cocok.

Sama halnya dengan akuntansi, Anda harus mencatat kegiatan keuangan yang Anda kelola untuk menjalankan bisnis ini. Tidak ada satupun perusahaan sukses yang tidak mencatat bagaimana keuangan mereka.

3. Evaluasi kegiatan ( Control )

Dari catatan kegiatan yang telah Anda buat, lakukan evaluasi untuk menemukan jawaban apakah sudah berjalan sesuai dengan target. Dari evaluasi Anda akan menemukan solusi atau strategi baru untuk langkah ke depannya. Lakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu, misalnya sebulan sekali, atau beberapa bulan sekali.

4. Buat Branding

Branding memiliki peranan penting dalam kegiatan marketing. Alangkah baiknya dalam kegiatan marketing yang anda lakukan membawa nama brand yang menjadi identitas anda. Berikut ini ada beberapa manfaat branding :

  1. Membuat jasa atau produk Anda lebih mudah dikenal dan di ingat.
  2. Nama brand menjadi identitas anda yang membedakan dengan pesaing
  3. Sebuah nama brand bisa menjadi aset yang sangat berharga
  4. Dapat membantu Anda untuk selalu menjaga profesionalisme karena brand merupakan identitas.

Anda bisa baca disini :

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat sebuah brand ketika Anda menjalankan bisnis properti. Sebagai contoh merek terkenal seperti Coca Cola atau IBM memiliki nilai aset yang tinggi hingga puluhan miliar dollar. Hal ini disebabkan nama brand tersebut telah memiliki ikatan yang kuat terhadap kualitas yang mereka bawa selama ini.

Membuat Listing Atau Daftar Properti

Coba kumpulkan informasi tentang properti yang dijual kedalam catatan listing Anda. Dengan cara ini Anda akan memiliki database yang sangat berharga. Daftar listing properti memiliki nilai yang sangat maha.

Bagaimana cara menemukannya ? Mudah, Anda memulainya dengan berjalan disekitar kota tempat tinggal Anda. Atau Anda bisa menemukan listing properti dengan mencarinya pada media online, koran, iklan spanduk dan dari informasi orang lain.

Selanjutnya lakukan follow up dengan baik untuk meneliti lebih dalam pada listing properti yang telah Anda buat. Jadi, semakin banyak daftar properti yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda untuk menghasilkan profit.

Belajar Membaca Momentum

Harga objek properti biasanya bisa berubah – ubah seiring dengan kebijakan suku bunga acuan pada bank Indonesia. Hal ini berdampak pada kebijakan kredit yang di tetapkan pada pengusaha Real Estate.

Anda bisa memanfaatkan peluang seperti saat Bank Indonesia menurunkan suku bunga dengan BI seven Day Repo pada level 5,25% yang otomatis lebih rendah dari BI Rate. Seperti halnya kesuksesan tax amnesti yang membuat para pemilik modal membawa kembali modal mereka kedalam negeri.

Membaca momentum dapat memberikan gambaran bagi Anda, kapan saat terbaik untuk melakukan investasi pada properti, atau Anda bisa menerapkan strategi baru saat menemukan momentum yang ada.

Pemerintah juga tengah giat untuk menurunkan suku bunga, tujuan utamanya agar iklim pertumbuhan bisnis properti berjalan dengan kondusif. Pelayanan dan kualitas real estate dapat memuaskan masyarakat.

Bekerja Sama Dengan Investor

Ada beberapa kelebihan yang bisa diraih bagi seorang investor properti seperti yang dikutip dari beberapa sumber diantaranya adalah.

  1. Nilai properti akan terus tumbuh dari waktu ke waktu
  2. Investasi dapat dilakukan dalam jangka panjang
  3. Memiliki daya ungkit yang tinggi ( Laverage )
  4. Memiliki perlindungan terhadap inflasi
  5. dan masih banyak lagi.

Karena bisnis properti memiliki potensi yang tinggi, sebagian pemilik modal memilih untuk berinvestasi pada bidang ini. Nah untuk membangun bisnis properti dengan modal yang terbatas, Anda bisa melakukan kerja sama yang baik dengan investor yang ada.

Jalanilah kerjasama yang baik dengan investor. Semakin Anda mampu menjaga nama baik Anda. Maka peluang yang akan di peroleh berbanding lurus, selalu ada kesempatan yang bisa Anda raih dalam jangka panjang.

Jadilah Kreatif Dalam Bisnis Properti

Istilah beken saat ini adalah creativepreneur, istilah ini sangat populer dikalangan pemuda – pemudi Indonesia yang telah sukses dalam bisnis mereka yang kreatif. Mengembangkan ide yang muncul menjadi ide yang lebih kreatif memerlukan analisa dan berfikir out of the box.

Kreativitas dapat diterapkan pada jenis bisnis apapun. Seorang pebisnis yang sukses biasanya dipegang oleh mereka yang kreatif dalam menjalankan strateginya. Anda bisa mencoba untuk menjadi seorang creativepreneur dari pebisnis sukses, amati tiru lalu modifikasi.

Kunci utama dalam menerapkan kreativitas adalah pelaksanaan atau take action. Ide yang terpendam dan hanya ada dalam pikiran tidak bisa menjadi kenyataan jika kita tidak merealisasikan ide tersebut menjadi tindakan yang nyata.

Anda bisa belajar dari seorang pebisnis properti muda dan berbakat yang  sukses seperti Elang Gumilang. Banyak tips yang beliau bagikan kepada masyarakat umum yang ingin berkecimpung di dunia bisnis ini.

Pelajaran berharga dari seorang inovator tokoh inspirasi dapat membuka fikiran Anda untuk mencoba lebih kreatif. Jadi, rajinlah membaca untuk menambah wawasan untuk Anda sendiri.

Kesimpulan :

Bisnis properti saat ini memang terus berkembang, kesempatan masih sangat terbuka bagi pemula. Hanya saja perlu pemahaman yang dalam agar pemula dapat merintis bisnis ini dengan baik. Bisnis properti juga memiliki resiko, Anda harus bijak dalam menentukan setiap strategi yang di terapkan. Memang terkesan bukan tanpa modal sama sekali, tapi setidaknya dapat dilaksanakan dengan modal yang minim.

Untuk informasi tambahan, anda bisa mencari buku referensi yang dapat membantu anda untuk lebih cepat dalam memahami dunia properti. Lakukan analisa terlebih dahulu sebelum memulai. Semoga membantu.




Updated: April 1, 2017 — 6:40 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap