Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

 

Salah satu bisnis yang mempunyai potensi besar yang sangat menguntungkan yaitu wedding organizer. Pastinya setiap orang menginginkan pesta perkawinan yang meriah karena hal ini tentunya hanya ingin dilakukan sekali seumur hidup. Selain itu, bisnis ini tidak perlu memerlukan modal yang banyak atau cukup besar.

Untuk memulai usaha atau bisnis wedding organizer ini, Anda perlu mengetahui beberapa strategi-strategi tentunya agar bisnis Anda ini semakin sukses. Inilah strategi atau cara untuk memulai bisnis wedding organizer.

Memulai Bisnis Wedding Organizerenali Kel (1)

Mengetahui Seluk Beluk Wedding Organizer

Ketika Anda memulai suatu bisnis, Anda wajib mengetahui seluk beluk  serta bagian-bagian hal yang terkait dengan bisnis yang Anda ingin jalankan. Saat Anda memilih bisnis wedding organizer Anda pun wajib mengetahui banyak hal-hal yang berkaitan dengan wedding organizer.

Hal ini berfungsi supaya Anda dapat memahami konsep dari wedding organizer. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara bergabung dengan komunitas wedding. Pasalnya, dengan bergabung ke komunitas wedding tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai inspirasi dan referensi konsep-konsep pernikahan yang menarik. Selain itu, Anda juga dapat menambah pengetahuan Anda terkait wedding organizer.

Menjalin Kerjasama Dengan Pemilik Usaha Lain Pada Bagian Wedding

Cara yang kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjalin kerjasama kepada pemilik usaha lain yang sama-sama terjun ke dalam usaha wedding. Beberapa bisnis wedding yang dapat Anda ajak untuk berkerjasama diantaranya dekorasi atau venue, tata rias, catering, hiburan atau sound system, dan yang lain-lain lagi yang sekiranya biasa butuhkan untuk acara wedding.

Dengan menjalin kerjasama dengan beberapa vendor bisnis tersebut, dapat meminimalisir modal Anda dan peluang untuk mendapatkan klien juga semakin besar terutama bagi Anda yang baru saja memulai usaha bisnis wedding organizer ini.

Merekrut Tim Inti yang Solid dan Karyawan

Cara ini juga sangat perlu Anda pikirkan dalam memulai usaha bisnis wedding organizer. Anda wajib untuk mempunyai tim inti untuk membantu Anda dalam pengerjaan segala hal. Selain itu, Anda juga harus mempunyai karyawan. Karyawan yang dimaksud disini adalah karyawan freelancer sebagai pembantu tambahan untuk Anda menjalankan bisnis ini.

Fungsi dari karyawan freelancer ini adalah membantu Anda pada saat acara pernikahan sedang berlangsung. Hal ini penting karena dengan ini Anda dapat menghemat biaya karyawan, sebabnya di Indonesia sendiri acara pernikahan merupakan acara yang dapat dikatakan musiman.

Jika Anda mengalami kesulitan mencari karyawan tambahan mungkin Anda dapat mengajak para mahasiswa ataupun orang yang sedang menganggur hanya untuk bekerja pada saat acara pernikahan berlangsung saja.

Membuat Bisnis Anda Menjadi Bisnis Kreatif

Tips yang satu ini dapat Anda jalankan dengan cara berorientasi pada kepuasan pelanggan Anda. Pastikan usaha bisnis wedding organizer yang Anda jalankan memiliki tiga pilar utama dalam usaha wedding organizer. Diantaranya adalah Anda harus selalu mengikuti tren, konsep wedding yang sangat kreatif serta menarik tentunya Anda juga wajib memastikan pelanggan Anda merasa puas.

Hal tersebut dikarenakan momen ini sangat penting untuk mereka, dan telah mempercayakan semuanya kepada wedding organizer yang Anda kelola ini.

Salah satu alasan yang kuat bahwa kepuasan pelanggan amatlah penting, jika pelanggan merasa puas pastinya mereka akan merekomendasikan jasa Anda ke teman atau orang-orang terdekat mereka. Selain itu 3 pilar atau 3 hal itu dapat menjamin reputasi Anda dalam bisnis ini selalu bagus dan terdepan.

Nah, itulah beberapa cara atau strategi saat Anda memilih untuk bisnis wedding organizer. Akan tetapi, dalam melakukan berbagai usaha pastilah ada kelebihan serta kekurangannya. Untuk itu Anda harus bersiap menghadapi segala kemungkinan yang ada didepan serta memperhitungkan secara matang di setiap langkah yang Anda ambil. Berikut adalah kelebihan serta kekurangan jika Anda memilih bisnis wedding organizer.

Kelebihan Bisnis Wedding Organizer

Kelebihan pada bisnis wedding organizer sebenarnya cukup bagus dan besar. Ada banyak kelebihan serta potensi menjadi seorang wedding organizer. Baik itu dari sisi bisnis ataupun dari sisi pengembangan diri. Beberapa kelebihan dari bisnis wedding organizer adalah;

  • Ada Potensi Wirausaha

Sebagai wedding organizer, Anda dapat bekerja untuk perusahaan perencana acara atau Anda dapat juga memutuskan untuk menjadi kontraktor independen. Yang wajib disiapkan menjadi wedding organizer adalah rencana yang kuat.

Jika Anda memilih untuk bekerja sendiri, Anda dapat menerapkan tarif tetap untuk layanan Anda ataupun Anda dapat memutuskan persentase dari total pengeluaran pernikahan. Ini berarti Anda lah yang menentukan sendiri apa yang Anda peroleh dan bagaimana Anda akan membawa dan menjalankan bisnis Anda kedepannya.

  • Mendapat Makanan dan Perjalanan Secara Gratis

Anda dapat membayangkan jika Anda mendapatkan job yang jauh atau mendapatkan pelanggan yang menginginkan pestanya digelar ke luar kota. Pastinya ini menjadi salah satu kesempatan untuk Anda pergi-pergi tanpa harus merogoh kocek mendalam. Karena semua biayanya pastinya harus sudah tercantum di bagian biaya operasional Anda. Bahkan Anda dapat ikut merencanakan menu bersama pengantin.

  • Bisnis yang Memiliki Masa Depan

Salah satu bagian yang terbaik dari bisnis wedding organizer adalah bahwa bisnis ini tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat. Semakin banyak calon pengantin yang stress dalam menyiapkan pernikahannya disana lah anda dapat masuk serta memanfaatkannya. Karena barang yang dibeli juga dapat dipakai berkali kali mungkin bisnis wedding organizer ini dapat menjamin sampai masa depan Anda.

  • Tidak Membutuhkan Banyak Pelatihan

Sementara beberapa pelaku wedding organizer memiliki gelar di bidang komunikasi, bisnis, atau bidang serupa, banyak yang hanya memiliki ijazah sekolah menengah saja. Karena untuk sukses di bidang wedding organizer ini tidak perlu bergantung pada seberapa tinggi atau banyaknya pendidikan atau pelatihan yang Anda ikuti.

Sebaliknya, ini bergantung pada keterampilan dan pengalaman organisasi dan sosial Anda. Semakin luas pergaulan Anda,maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapat pelanggan dari arah mana saja.

Kekurangan Bisnis Wedding Organizer

Selain kelebihannya yang banyak, bisnis wedding organizer ini ternyata memiliki kekurang yang tentunya Anda harus benar-benar mempertimbangkan cocok atau tidaknya bisnis ini untuk Anda. Berikut beberapa kelemahan dari bisnis wedding organizer;

  • Jam Kerja yang Panjang Serta Tidak Teratur

Kekurangan dari bisnis wedding organizer salah satunya adalah masalah jam kerja. Karena merencanakan pernikahan jelas bukan pekerjaan yang mudah. Anda harus siap segala waktu untuk menemani sang calon pengantin seperti memilih gaun, mencicipi kue, dan masih banyak lagi.

Setelah hari semakin dekat dengan pesta pernikahan mungkin ini akan lebih menguras waktu Anda. Anda mungkin bisa menghabiskan beberapa waktu atau beberapa malam menyiapkan dekor-dekor atau sentuhan-sentuhan lain dan memastikan semua berjalan lancar keesokan harinya pada saat pesta berlangsung.

  • Persaingan yang Ketat

Persaingan pasar yang ketat juga menjadi kekurangan dari bisnis wedding organizer ini. Apalagi bagi Anda yang baru saja memulai pastinya akan merasa kesulitan apalagi dalam mendapatkan pelanggan.

Kadang calon pengantin menginginkan banyak bukti  atau testimoni dari pernikahan yang Anda urus sebelumnya, sehingga itu akan dijadikan referensi bagi mereka untuk memilih konsep apa yang ingin mereka pakai. Jadi,  Anda harus pintar-pintar membedakan diri Anda dari sekian banyak wedding organizer di luar sana.

  • Tekanan Kerja yang Tinggi

Kadang ada saja permasalahan yang muncul meskipun sudah direncanakan secara matang. Misalkan gaun yang robek ataupun masalah dadakan yang lain yang memungkinkan Anda harus berpikir 2 kali untuk mengatasinya. Karena tentunya mereka akan mengandalkan Anda untuk menangani semuanya. Jadi, setiap ada kesalahan sekecil apapun itu pasti akan dianggap besar kadang bagi si pengantin.

Ingin Bisnis Rental Mobil? Berikut Tips Memulainya

Semoga beberapa ulasan di atas dapat membantu Anda dalam menentukan usaha wedding organizer seperti apa yang Anda inginkan.

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap