10 Cara Memulai Bisnis Rumahan yang Membuat Anda Sukses

Sebagian besar orang pasti berfikir modal ketika ingin memulai bisnis. Memang ada benarnya juga. Akan tetapi, kita bisa mengatasinya dengan cara memulai usaha rumahan saja terlebih dahulu.

Nah ketika usaha rumahan mampu berkembang pesat, Anda begitu mudah mendapatkan modal. Andapun bisa membuka usaha impian Anda dengan lancar karena dukungan dari usaha rumahan Anda.

Bahkan bisa jadi usaha rumahan Anda malah menjadi usaha skala besar.

Anda bisa memanfaatkan apapun yang Anda punya sekarang, misalkan memanfaatkan dapur rumah, teras rumah, halaman rumah atau pekarangan rumah untuk memulai usaha.

Dengan begini, Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Selain dapat menghemat biaya, Anda bisa mendapatkan pengalaman dalam berbisnis.

Namun, agar langkah kita sukses dalam memulai bisnis, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita perhatikan.

1. Cobalah meminta dukungan dari keluarga

Memulai bisnis dengan dukungan keluarga

Karena kita memulai nya dari bisnis rumahan, maka dukungan keluarga menjadi sangat berarti. Dukungan dari keluarga bisa berbentuk dari bantuan secara langsung dan tak langsung. Bisa dari semangat, motivasi ataupun modal dan tenaga.

Dengan adanya dukungan dari keluarga, Anda akan mendapatkan dorongan yang sangat besar. Ada banyak ide yang bisa dicetuskan. Misalkan saling membantu dari segi pemikiran, strategi ataupun dalam hal mengelolanya.

Mulai dari langkah merintis usaha hingga menjadi besar, peran keluarga biasanya sangat memberikan dampak yang luar biasa besar.

2. Belajar manajemen

Belajar manajemen

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah, cobalah untuk belajar manajemen. Karena manajemen juga sangat memegang peranan penting.

Misalkan manajemen waktu, manajemen keuangan dan lain sebagainya. Mulai saja dari manajemen keuangan.

Karena Anda sedang memulai usaha, maka cobalah untuk atur manajemen keuangan pribadi terlebih dahulu. Cobalah untuk menghemat pengeluaran. Atur keuangan Anda agar selalu positif setiap bulan.

Begitu juga ketika usaha Anda sudah berjalan, atur keuangan usaha Anda agar mampu terus berkembang.

Selain mengatur keuangan pribadi ataupun bisnis, selanjutnya atur juga waktu Anda dengan baik. Cobalah untuk lebih giat bekerja dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Semakin jago Anda mengatur waktu, semakin hebat Anda memanfaatkan waktu. Maka semakin besar pula peluang usaha Anda menjadi sukses besar.

3. Belajar Administrasi

Belajar administrasi memulai bisnis

Walaupun usaha rumahan, Anda harus mencatat semua kegiatan usaha Anda. Semua pengusaha juga begitu, mereka punya catatan kegiatan usaha.

Apa tujuannya?

Secara garis besar, manfaat mencatat kegiatan usaha sangatlah banyak. Karena dengan catatan, kita bisa mendapatkan gambaran mengenai bisnis yang sedang dikerjakan. Kita bisa mengatur strategi bisnis juga dari analisa catatan yang ada.

Misalkan catatan pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda. Dengan catatan ini, Anda akan mampu melihat apakah keuangan bisnis Anda usah berjalan dengan baik.

Semakin baik administrasi usaha Anda, maka peluang memulai usaha rumahan menjadi usaha yang besar sangat terbuka lebar bagi Anda.

4. Pilih jenis usaha Anda

Memilih jenis usaha

Ada beberapa kriteria orang ketika memilih bisnis. Ada yang karena minat atau pasion, dan ada pula karena tren yang sedang booming.

Mana yang lebih baik?

Menurut saya cara memilih jenis usaha itu tergantung dari pribadi. Tergantung dari perspektif masing-masing. Akan tetapi, usaha yang sesuai dengan minat biasanya akan bertahan lebih lama.

Sebab, usaha yang dijalankan berdasarkan pasion akan dijalankan dengan penuh semangat, suka rela dan penuh ambisi. Inilah alasan yang kuat mengapa jenis usaha yang sesuai dengan pasion akan bertahan lebih mana.

Coba saja Anda perhatikan, orang yang hobi bengkel, sudah pasti sangat tekun dalam hal otomotif. Begitu pula orang yang hobi memasak, sangat tekun memperhatikan menu dan rasa masakan.

Anda dapat melihat contoh-contoh seperti ini dari manapun di sekitar Anda. Cobalah perhatikan bagaimana pengusaha sukses y ang mampu berkembang besar. Apa alasan mereka menjalankan usaha tersebut?

5. Tentukan Visi Misi Bisnis

Memulai usaha menentukan visi misi

Tujuan atau misi bisnis haruslah jelas. Jangan hanya asal jalan saja. Anda harus punya rencana yang matang bagi kelangsungan bisnis Andal.

Dibalik bisnis yang telah berhasil sukses, sudah pasti memiliki tujuan. Tujuan ibarat bahan bakar yang akan memacu semangat. Tujuan membentuk karakter dan jalan bisnis Anda tetap lancar.

Dengan adanya tujuan, Anda akan fokus dalam menjalankan bisnis. Begitu juga dengan bisnis Anda. Bisnis Anda akan fokus karena sudah memiliki arah yang jelas.

Kebanyakan pemula tidak memiliki tujuan ini. Sehingga mereka gampang goyah dan tidak fokus. Padahal, banyak sekali arahan diluar sana yang menyarankan agar bisnis punya tujuan.

Nah bagi Anda yang ini memulai bisnis, cobalah untuk membuat tujuan bisnis Anda. Catat dan buat strategi Anda dengan baik.

6. Hitung Kebutuhan Modal

Memulai usaha menghitung kebutuhan modal

Agar lancar memulai usaha, hitung terlebih dahulu kebutuhan modal Anda. Cari tahu terlebih dahulu berapa besaran modal usaha Anda. Sehingga gambaran berapa modal usaha yang Anda butuhkan menjadi sangat jelas.

Tanpa modal yang cukup, usaha tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu, hitung terlebih dahulu dan sesuaikan dengan budget Anda.

Jangan membeli hal hal yang tidak perlu, coba perhatikan disekitar rumah Anda, apakah ada yang bisa dimanfaatkan ketimbang Anda harus mengeluarkan modal. Gunakan saja budget seperlunya dan manfaatkan apa yang bisa dimanfaatkan dirumah Anda. Misalkan, teras rumah, dapur atau pekarangan rumah.

7. Promosi dengan tepat

Memulai bisnis promosi di media sosial

Promosi merupakan pilar kesuksesan bisnis. Perlu dilakukan secara tepat agar berhasil. Karena begini, semakin banyak orang yang tahu dan kenal produk Anda, pasti peluang sukses juga akan semakin besar.

Teknik promosi memang ada banyak, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Untuk langkah awal untuk menghemat biaya, manfaatkan saja media sosial dan internet untuk melakukan promosi.

Agar produk semakin laris karena dikenal oleh banyak orang, Anda harus rajin melakukan promosi. Semakin rajin Anda promosi, sudah pasti semakin banyak pula orang yang kenal dengan produk Anda kan?

8. Membuatnya menjadi unik

produk yang unik

Agar lebih mantap dan menonjol dari yang lain, coba temukan apa yang bisa dibuat unik. Orang akan tertarik jika Anda mampu membawa konsep ini. Misalkan dengan memberikan sentuhan pada produk, nama, cara penyajian, cara promosi dan lain sebagainya.

Banyak yang sudah membuktikan cara ini. Terbukti bahwa kemampuan inovasi yang unik dapat membawa usaha menjadi lebih besar.

Nah, ketika Anda ingin memulai usaha, cobalah mencari tahu apa kira-kira keunikan yang bisa diberikan pada produk Anda. Atau, apa keunikan yang bisa Anda temukan dari produk Anda.

9. Berpikirlah positif

Berfikir positif

Orang sukses pasti berfikir positif. Tidak suka mengeluh dan memiliki motivasi tinggi. Anda harus belajar tentang hal ini. Tujuannya agar keseharian Anda selalu bekerja tepat sasaran dan memberikan kemajuan bagi bisnis Anda.

Orang yang sukses biasanya fokus pada solusi dan punya jiwa entrepreneur kuat. Mereka punya ambisi tujuan dan rencana yang jelas.

Dari mana Anda bisa belajar?

Banyak… Ada banyak sumber yang bisa Anda baca atau tonton. Misalkan dari artikel atau video kisah sukses. Biasanya ada begitu banyak pengalaman yang diberikan oleh para entrepreneur sukses.

10. Mulai membuka usaha

praktek memulai bisnis

Setelah Anda mengetahui beberapa poin diatas, langkah selanjutnya take action dan praktek membuka usaha. Ide sebesar apapun tidak akan menjadi apa apa ketika Anda tidak memulainya. Untuk itu, mulailah berbisnis dengan ide yang Anda miliki.

Tentukan waktu yang tepat dengan persiapan yang Anda miliki. Lakukan langkah konkrit untuk memulai bisnis.

Baca juga: 43+ Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Itulah tadi beberapa poin tentang bagaimana cara memulai usaha. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Salam sukses selalu.

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap