Cara Sukses Memulai Usaha Baru Agar Lancar dan Berkembang Pesat

Memulai usaha baru memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemula. Tak peduli apapun sekala bisnis yang ingin Anda jalankan, besar ataupun kecil tetap menantang dan membutuhkan mental yang kuat.

Sehingga tak jarang dari kita yang akhirnya enggan memulai usaha karena tak mampu menerima tantangan untuk diri sendiri.

Fakta menariknya….

Semua pebisnis sukses juga seperti itu, pernah merasa takut gagal dan takut resiko. Akan tetapi mereka lebih fokus mencari solusi ketimbang mencari alasan. Mereka lebih banyak praktek sesuai dengan solusi yang mereka temukan. Itulah mengapa pebisnis sukses selalu saja berinovasi, selalu punya jalan mereka untuk maju dan sukses besar.

Cara Memulai Usaha Baru

Apakah semua pebisnis langsung sukses begitu saja?

Tidak kan..? Buktinya kita sering mendengar kisah dan pengalaman pebisnis yang jatuh bangun. Mereka sukses sekarang ini berkat proses yang telah mereka lewati dan pengalaman yang mereka miliki.

Beda lagi ceritanya..

Beda lagi ceritanya bagi mereka yang memiliki orang tua pebisnis kaya raya alias konglomerat. Tentu mereka dapat dengan mudah ketika membangun atau menjalankan bisnis. Baik dari segi strategi maupun dari segi modal yang sudah terbilang kuat.

Langkah pertama agar kita terpancing untuk memulai bisnis baru adalah dengan memberikan pertanyaan kepada diri sendiri, Apa tujuan Anda membangun bisnis, buat secara detail dan jelas.

Secara garis besar, berikut beberapa langkah yang bisa kita perhatikan ketika ingin membangun bisnis baru.

Temukan idenya terlebih dahulu

Coba cari terlebih dahulu ide bisnis yang sesuai dengan bakat atau hobi yang Anda miliki. Cari ide bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda. Karena, banyak para pelaku binsis yang mampu sukses berawal dari bisnis sesuai dengan hobi.

Mengapa seperti itu?

Biasanya bisnis yang dijalankan sesuai passion akan diurus dengan sangat serius. Anda lebih memiliki semangat yang luar biasa. Hindari ide bisnis karena terpaksa, karena hal itu tak baik bagi perkembangan bagi bisnis Anda nantinya.

Atau bisa dimulai dengan bisnis modal kecil

Secara umum mengapa seseorang tak kunjung memiliki usaha adalah karena tidak memiliki modal. Nah disini kita perlu cerdik mencari batu loncatan sebagai alternatif , Anda bisa mencoba memulai bisnis dengan modal yang relatif kecil atau gratis.

Apa tujuannya?

Tujuannya agar kita bisa melatih diri untuk menjadi pengusaha dan memiliki mental pebisnis dan mengumpulkan modal yang lebih besar. Sehingga kita akan terpacu mencari cara bagaimana agar usaha bisa terus berkembang. Apapun itu, yang penting dijalankan dengan serius dan niat yang kuat.

Usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil itu banyak sekali kategorinya seperti:

  • Usaha kuliner rumahan
  • Usaha kerajinan tangan
  • Pertanian
  • Kios pulsa elektrik
  • Bisnis online
  • Bidang jasa sebagai contoh : Jasa desainer fashion, tailor, cukur rambut dll
  • Membuka toko sembako kecil – kecilan
  • Laundry
  • Dan masih banyak lagi

Alasan yang kuat atau disebut dengan visi dan misi “Tujuan”.

Tahukah Anda bahwa..

Setiap keputusan yang dibuat oleh manusia mempunyai alasan atau latar belakang.

Sebagai contoh Anda membaca artikel ini, tentu ada alasan yang mendorong Anda bukan? Mungkin alasannya Anda ingin segera memiliki usaha, ingin segera meningkatkan taraf hidup, bingung  mau mulai dari mana, mencari referensi artikel blog, tugas makalah dan lain sebagainya.

Itulah mengapa tujuan yang jelas merupakan kekuatan yang luar biasa.

Dengan demikian, Agar Anda bisa memulai bisnis dengan baik, maka buatlah visi dan misi yang jelas. Kemudian di ikuti dengan membuat plan bisnis yang matang. Memang dalam bisnis apapun memiliki resiko. Akan tetapi, penentu kesuksesan adalah dari diri kita sendiri yang kemudian akan menjadi pembeda antara pebisnis yang sukses dan tidak.

Langsung Praktek

Setelah menemukan ide, langkah selanjutnya atur plan bisnis Anda dan take action. Ide tanpa take action itu percuma, sama saja Anda hanya bermimpi saja, tapi agar cita – cita menjadi pengusaha itu terwujud, kita harus praktek. Praktek merupakan faktor penentu dan penting setelah Anda menemukan ide bisnis.

Apa jadinya jika Anda punya plan yang brilian tapi tanpa praktek, tentu percuma bukan?

Nah agar ide bisnis yang telah Anda temukan dapat terwujud. Maka langsung take action. Yang penting semuanya sudah diatur dan direncanakan dengan baik.

Coba belajar dari orang yang telah ahli pada bidang bisnis yang ingin Anda tekuni.

Misalkan Anda belajar menjadi pengusaha sayuran hidroponik, maka carilah orang yang telah sukses dibidang ini. Kalau bisa sih belajar langsung dari mereka. Atau Anda bisa menerapkan teknik ATM, Amati Tiru dan Modifikasi.

Metode seperti merupakan cara yang paling ampuh ketika kita ingin memulai bisnis dengan segera. Selain itu, kita bisa belajar dari pengalaman yang telah mereka miliki. Lebih baik belajar langsung dari orang yang benar – benar praktek, bukan hanya sekedar teori belaka. Cari yang sudah memiliki bukti nyata di lapangan.

Dengan cara yang paling mudah Anda dapat membuat cara yang paling ampuh dan dapat membuat praktek yang lebih lengkap.

Lakukan identifikasi market Anda

Walaupun Anda mungkin memiliki hobi pada bidang tertentu dan sudah Anda putuskan untuk dijadikan bisnis, Anda harus tetap mencoba melakukan identifikasi pasar.

Apa itu?…

Identifikasi pasar adalah melakukan riset bagaimana target pasar yang Anda bidik. Analisa meliputi siapa saja target market Anda, bagaimana peluang dan tingkat pesaing yang ada sekarang ini.

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan agar kita paham kemana arah strategi bisnis yang akan dijalankan.

Nah agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas, Anda bisa browsing kembali mencari cara bagaimana melakukan riset market dengan baik dan benar.

Baca juga : Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Itulah tadi beberapa cara dan tips bagaimana memulai usaha baru, semoga artikel ini dapat membantu memberikan gambaran bagaimana cara memulai usaha baru. Walaupun sebenarnya masih ada banyak tips dan ide lain. Jika ada saran dan ide tambahan, silahkan Anda tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu




Updated: September 24, 2017 — 5:41 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap