Cara Memulai Usaha Dari Awal Agar Sukses Jangka Panjang

Tahukah kamu apa perbedaan antara orang sukses dan tidak? Ternyata perbedaannya terletak pada pola pikir yang dianut dan praktek yang dijalankan. Begini, Jika kamu berpikir bahwa kamu bisa, ya mudah – mudahan kamu bisa. Akan tetapi jika kamu berpikir bahwa kamu tidak bisa ya begitulah.

Kemudian praktek…

Ya praktek itu penting, setelah kamu tahu dan memperoleh ide bisnis yang ingin kamu jalankan, maka laksanakan, praktek dan buktikan bahwa kamu bisa.

Itulah modal besar untuk mencapai sukses.

Cara memulai usaha bisnis

Namun masih ada hal lain sebagai pendukung. Apa itu?

Plan atau konsep. Ya plan atau konsep itu penting, kita tahu bahwa setiap bisnis memiliki rasio sukses dan resiko. Kita berfikir fakta saja, coba baca kisah perjuangan teman – teman lain yang sudah berhasil.

Namun kita harus mencari cara bagaimana meminimalkan resiko bahkan menghilangkan-nya dengan cara membuat plan – plan bisnis.

Nah, agar kamu semakin percaya diri ketika ingin memulai usaha baru, berikut ini akan kita bahas bersama, apa saja langkah yang perlu kita lakukan.

Jangan lupa komentar jika kamu punya ide tambahan atau punya saran untuk kemajuan bersama.

1. Buat konsep atau plan yang jelas tentang bagaimana usaha yang akan kamu jalankan. Jangan terlalu di ambil pusing, buat dulu di atas kertas agar jelas dan terarah.

Konsep itu sama halnya dengan peta. Ibarat GPS yang menjadi pemandu arah jalan yang sudah kamu buat.

So, plan atau konsep itu penting ketika kamu ingin memulai sebuah usaha.

Nah, ketika pertama kali, kamu bisa mencoba teknik mind map. Jangan menggunakan listing. Jika kamu masih belum paham apa itu mind map. Kamu bisa mencoba memahaminya dengan memperhatikan gambar dibawah ini.

Membuat perencanaan

Dengan metode tersebut, kamu bisa membuat perencanaan dengan jelas. Beda lagi dengan listing biasa. Listing yaitu mencatat poin penting dengan metode list.

Contohnya seperti ini :

  • Listing plan 1
  • Listing plan 2
  • Dst

Metode list sangat jadul dan kurang interaktif.

Nah beda dengan metode mind map. Kamu bisa membuat ide utama menjadi lebih detail. Cobalah kamu ambil pena warna, lalu mulailah dengan ide besar, lingkari, kemudian pecah ke bentuk ide lain, lalu coba lingkari, buat garis penghubung.

Lakukan step diatas. Bahkan ide yang berasal dari ide utama, bisa kamu kembangkan menjadi puluhan ide dan strategi.

Gak percaya, coba saja kamu praktek. Atau, kamu bisa download aplikasi mindmap di internet. Belajar dari Youtube, pahami bagaimana teknik membuat time schedule menggunakan mindmap.

Konsep yang jelas ketika ingin mengembangkan bisnis dapat membantu kamu menemukan peta. Kamu bisa mengetahui kemana arah usaha yang akan kamu lakukan. Itu penting lho.

Nah agar usaha yang ingin kamu mulai berjalan lancar, belajar dan cari metode terbaik untuk membuat plan atau konsep tersebut.

2. Riset Pasar Kamu terlebih dahulu, tentukan target market yang ingin kamu raih.

Apapun produk atau jasa yang kamu ciptakan tujuannya yaitu agar terjual semua. Itu sudah menjadi konsep utama dalam bisnis. Dengan demikian, jika kamu sudah mengetahui target market yang ada, maka bisnis kamu bisa cepat berkembang.

Begini..

Sebagai contoh yang paling sederhana adalah bisnis kuliner. Misal kamu membuat kue kek brownies, dan ternyata hasil buatan kek kamu diterima pasar, laris sangat cepat.

Berarti usaha diatas tepat ketika mencari target marketnya. Dengan demikian, usaha diatas jika dikembangkan dapat mencapai sukses dengan cepat.

Riset target market itu luas lho.

Dari contoh diatas, pembuat kue brownies pintar menemukan selera masyarakat, mampu meraih hati konsumen baik itu dengan nama brand atau dengan bentuk kue yang menarik.

Nah itulah tadi contoh yang paling sederhana dan betapa pentingnya riset pasar. Selain itu, ada lagi riset persaingan, riset manajemen dan lain sebagainya.

3. Setelah bisnis kamu mulai berjalan, kembangkan relasi bisnis kamu dengan cepat

Coba kamu perhatikan.. Semua bisnis besar yang ada di dunia ini semuanya memiliki networking yang sangat luas.

Sebagai contoh kolaborasi yang di terapkan oleh PT Astra Otoparts Tbk dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfa Mart). Mereka membuat kerja sama dengan nama  Shell Astra Motorquick. Layanan itu merupakan kolaborasi antara 2 perusahaan besar.

Contoh kolaborasi diatas dapat memberikan keuntungan bagi ke dua belah pihak.

Agar bisnis kamu bisa berkembang dengan cepat, carilah relasi sebanyak mungkin, baik itu relasi dari segi modal, pemasaran, produksi dan relasi bentuk lainnya. Sangat banyak lho, tidak bisa dijelaskan satu persatu.

Jika kamu ingin lebih memahami mengapa relasi itu penting, cobalah kamu browsing terlebih dahulu. Carilah bacaan yang menjelaskan contoh dan bentuk relasi yang diterapkan oleh perusahaan – perusahaan besar.

Cara diatas dapat membuat kamu lebih mahir dan lebih paham ketika ingin praktek, karena kamu sudah melihat contoh – contoh yang ada sekarang ini.

Manfaatkan internet, pustaka, media sosial dan media lain untuk menemukan contoh relasi dan untuk menemukan relasi.

4. Terus lakukan inovasi dengan mencetuskan ide – ide baru untuk bisnis kamu. Cari cara terbaik untuk memenangkan pasar.

Perkembangan zaman tak bisa kita elak, semuanya berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Agar bisnis kamu bisa terus bertahan dan semakin berkembang, kamu harus selalu melakukan inovasi.

Akan tetapi, kamu tak perlu menjadikan ini sebagai beban..

Caranya, cukup perhatikan contoh – contoh yang ada, amati tiru lalu cobalah lakukan modifikasi. Jika kamu terlalu serius, kamu bisa tidak fokus. Jadi, agar kamu tetap fokus, tetap jalankan bisnis kamu sambil perhatikan dengan cara tepat. Apa saja trend yang ada sekarang ini.

Inovasi itu penting, sama pentingnya dengan plan seperti yang telah penulis jelaskan diatas. Tujuannya agar bisnis kamu bisa bertahan dan bahkan berkembang pesat.

Inovasi itu bukan dari segi produk saja, berikut beberapa contohnya.

  • Inovasi penerapan teknolgoi
  • Inovasi pada bagian produksi bisnis kamu
  • Inovasi bagian pemasaran bisnis
  • dll

Baca juga : Cara Sukses Memulai Bisnis Online Offline Agar Berkembang Pesat

Penulis yakin, kamu juga memiliki ide yang lebih banyak bagian mana saja yang bisa kamu berikan sentuhan inovasi.

Itulah tadi beberapa cara bagaimana untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi buat kamu. Jika ada ide tambahan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.

Updated: November 1, 2017 — 11:48 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap