Cara Menambah Font atau Huruf Ke Komputer dengan Mudah

Tujuan mengganti font bisa bermacam-macam, mungkin Anda ingin mencoba jenis font lain yang lebih menarik, atau Anda ingin mempercantik tampilan desain grafis photoshop Anda. Semua itu bisa dilakukan dengan mudah. Berkat teknologi, gonta – ganti font sudah sangat gampang untuk dilakukan.

Untuk menambah atau menghapus koleksi font yang ada pada komputer sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mencari file font yang akan di install. Untuk itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu tempat download font gratis.

Apalagi sekarang ini banyak sekali situs yang telah menyediakan koleksi font secara gratis. Anda bebas menggunakan font tersebut untuk keperluan komersil.

Penyedia font yang paling popular menurut saya adalah situs Google fonts. Untuk itu, pada tutorial ini akan saya buat contoh mendownload font dari situs google fonts, lalu memasang font tersebut pada komputer kita.

Cara menambah font pada komputer atau laptop

Berikut ini akan saya jelaskan secara detail bagaimana cara menambah koleksi font yang ada pada komputer sobat.

Langkah 1: Mencari jenis Font yang ingin di pasang pada komputer

Cari terlebih dahulu jenis font yang ingin sobat install. Dalam langkah pertama ini saya menggunakan situs fonts.google.com sebagai penyedia ratusan font gratis bebas hak cipta. Silahkan Anda pilih terlebih dahulu.

Buka www.fonts.google.com kemudian pilih font yang ingin Anda tambahkan pada komputer. Pada situs ini Anda bisa memilih hampir seribu font gratis. Anda bisa menyortir pilihan font berdasarkan data added, popularitas dan trending. Agar lebih jelas, coba perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mengganti font

Ilustrasi Via fonts.google.com

Setelah menemukan jenis font yang Anda inginkan, langkah selanjutnya silahkan Anda pilih menu see speciment, kemudian Select this font.

Langkah selanjutnya lihat bagian bawah kanan, font selected. Silahkan Anda buka menu tersebut. Setelah berhasil tampilan nya akan seperti dibawah ini. Silahkan tekan tombol unduh. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar ilustrasi dibawah ini.

Cara Menambah Fonts ke komputer

Ilustrasi Via fonts.google.com

Langkah 2: Ekstrak file tersebut

Pada contoh gambar berikut ini, saya memilih font jenis Roboto Slab. Langkah selanjutnya, cari dimana file hasil download Anda tadi. Setelah ketemu, silahkan extrack terlebih dahulu dengan winrar atau winzip agar file ttf nya keluar. Berikut gambar cara extract file tersebut.

Menambah Fonts ke komputer

Selanjutnya akan muncul beberapa file tff. Tergantung dari tipe font yang Anda exctract. Untuk Robot slab terdapat 4 jenis, yaitu font tebal (bold), font normal, font tipis (thin), dan font cerah (light). Berikut contoh gambar setelah saya extract.

Koleksi font ke komputer

Selanjutnya perhatikan gambar diatas. Silahkan Anda install semua font yang tersedia didalam rar yang kita extract tadi. Setelah selesai. Silahkan restart komputer Anda.

Langkah 3: Cek terlebih dahulu

Nah untuk melakukan cek apakah font sudah terpasang atau belum, Anda bisa membuka microsoft word, photoshop dll. Pada contoh ini saya menggunakan microsoft word. Silahkan Anda pilih tab home lalu tulis font nama font yang baru Anda install tadi. Atau scroll down kebawah seperti biasa ketika Anda memilih font. Jika benar, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Saya menggunakan Microsoft Word 2007

Fonts ke komputer

Nah caranya cukup mudah bukan? Anda bisa mencari berbagai jenis font yang ada di internet. Banyak sekali penyedia font gratis dan berbayar, aneka tipe dan bentuk. Silahkan Anda cari saja sepuasnya. Yang penting format file font tersebut adalah ttf agar bisa kita install.

Cara menghapus font pada komputer atau laptop

Selanjutnya bagaimana cara menghapus font yang ada pada komputer. Mungkin Anda ingin hanya mengoleksi jenis font favorit saja. Caranya silahkan Anda buka folder yang berisi font Anda. Selanjutnya silahkan Anda hapus.

Untuk memudahkan Anda menemukan lokasi font tersebut. Silahkan gunakan fitur search pada explore folder Anda. Agar lebih jelas, silahkan Anda ikuti tutorial dibawah ini.

Langkah 1: Cari lokasi font di komputer laptop atau laptop Anda

Silahkan Anda buka control panel, lalu cari dengan kata kunci “font” agar lebih cepat. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat gambar control panel dibawah ini.

Mengganti font

Langkah 2: Menghapus file ttf font yang ada pada komputer Anda.

Selanjutnya akan muncul semua koleksi font yang ada pada komputer Anda. Kemudian cari tipe font yang ingin Anda hapus dari komputer atau laptop Anda. Menghapus font sama saja seperti biasa ketika Anda menghapus file – file pada komputer. Anda dapat memilih font favorit saja yang ada pada hardisk agar performa komputer Anda lebih ringan.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Cara menambah koleksi fonts

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah tadi cara menambah dan menghapus font yang ada pada komputer atau laptop sobat.

Ada dua jenis kategori font yang sering kita temui, yaitu

  1. Serif font
  2. San Serif font

Anda bisa mempelajari seni tipografi agar artikel atau desain Anda mendapatkan perhatian dari audien. Cari data yang lengkap agar font yang Anda pilih dapat memberikan dampak yang positif. Berdasarkan beberapa penelitian memang jenis font dapat mempengaruhi emosi dan kognitif.

Font seperti Georgia merupakan font yang paling direkomendasikan oleh beberapa penelitian. Coba anda ketik kata kunci how font affect reader. Ada beberapa blog yang mengulas tentang hal ini. Dari penelitian yang mereka buat, maka diperoleh data yaitu beda jenis font memberikan dampak konversi yang berbeda pula.

Nah bagi Anda yang memilih jenis font untuk artikel, carilah font yang paling umum dan telah terbukti mampu menarik minat baca.

Baca juga : Cara Memilih Font Yang Paling Banyak Digunakan Untuk Blog

Selain menambah font seperti cara diatas, sebenarnya ada cara lain tanpa Install ttf. Yaitu dengan menggunakan aplikasi tertentu Anda dapat merubah dan mengganti font yang ada pada komputer. Anda dapat mencari tutorial lengkapnya di internet. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jika Ada pertanyaan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.

Updated: August 19, 2017 — 9:53 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap