Cara Mencari Gambar Untuk Posting Artikel Di Blog

Memilih gambar untuk artikelMisalkan Anda seorang pencari artikel di internet, mana yang lebih Anda sukai, artikel lengkap dengan gambar atau tidak?

Sudah tentu artikel yang memiliki gambar lengkap bukan?

Artikel yang dilengkapi gambar dapat meningkatkan engagement user, membuat artikel lebih menarik dan memberikan kesan hidup. Berbeda jika artikel tanpa gambar, terlihat sangat monoton.

Seperti yang kita ketahui bahwa faktor user experience merupakan faktor yang paling utama menentukan posisi sebuah artikel. Sebagian besar blogger pasti paham akan hal ini.

Berikut ini tips menerapkan gambar untuk blog Anda.

Namun bukan berarti sembarangan gambar, ada beberapa faktor yang harus kita penuhi agar gambar yang di terapkan benar benar memberikan dampak positif bagi artikel Anda.

Penasaran? Oke berikut ini caranya.

Pastikan sesuai dengan tema artikel Anda

Poin pertama ini sudah tentu sangat penting untuk diperhatikan. Bayangkan saja jika Anda menemui artikel di internet dengan gambar yang sama sekali tidak cocok.

Misalkan artikel tentang otomotif, tapi gambar yang ada justru gambar makanan. Artikel semacam ini membuat pembaca blog Anda menjadi malas membaca bahkan langsung menekan tombol back.

Untuk menghindari hal semacam ini, pastikan Anda menyelesaikan tulisan Anda terlebih dahulu. Setelah itu, pilih gambar sesuai dengan isi tulisan Anda. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan akurasi gambar.

Jika perlu, gunakan foto editing seperti photoshop untuk menambah keterangan pada setiap gambar yang Anda pilih.

Sesuaikan dengan pengguna mobile

Sekarang ini zamannya mobile, sekitar 90 persen pengguna internet mengakses blog menggunakan perangkat mobile ketika membaca artikel.

Hal ini tentu menjadi tentangan tersendiri bagi pemilik blog. Pemilik blog harus tetap memperhatikan kecepatan loading meskipun memasang gambar dengan kualitas tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat belajar bagaimana cara mengoptimalkan gambar untuk pengunjung mobile melalui internet. Silahkan pahami bagaimana caranya agar loading blog tetap cepat meskipun terdapat banyak gambar

Gunakan plugin untuk kompres gambar agar fast loading

Seperti yang telah dijelaskan pada poin diatas, maka langkah selanjutnya yang bisa di lakukan adalah dengan memanfaatkan plugin untuk mengkompres gambar. Terutama bagi Anda yang menggunakan platform wordpress.

Fungsi plugin kompres gambar adalah untuk membuat volume data gambar menjadi semakin ringan tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri.

Anda dapat mencari plugin ini di wordpress secara gratis. Setting sesuai aturan pada plugin yang Anda pilih. Lakukan eksperimen dengan test page load test Google untuk memastikan bahwa blog Anda memiliki score yang baik.

Anda dapat mengedit gambar jika diperlukan

Anda tentu ingin agar setiap gambar yang di posting memiliki daya tarik tinggi bagi pembaca blog Anda. Untuk itu, Anda dapat mengedit gambar sebelum di pasang pada artikel Anda.

Misalkan dengan menambahkan beberapa capture, merubah beberapa gambar yang tidak perlu atau membuat gambar menjadi lebih cerah.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan, penulis sendiri sering menggunakan photoshop untuk merubah atau mengedit gambar yang ada.

Perlu kita teliti terlebih dahulu baik dari segi kontras, struktur gambar hingga resolusi yang ada. Silahkan Anda pelajari saja basic photoshop kemudian praktek bagaimana cara mengedit gambar yang biak untuk blog Anda.

Cari gambar terbaik yang bisa ditemukan

Gambar pada artikel memiliki kekuatan tersendiri. Anda harus pintar dan tepat ketika memilih gambar. Coba temukan terlebih dahulu gambar terbaik yang bisa ditemukan. Artinya jangan asal comot saja, penting untuk memperhatikan pesan dari gambar yang dipilih.

Bagaimana caranya?

Mudah, Anda dapat belajar dari blog lain yang satu tema dengan blog Anda. Silahkan perhatikan bagaimana cara mereka memilih gambar untuk tulisan artikel mereka. Yang penting tidak mengkopi paste, buat sesuatu yang beda. Tujuan memperhatikan blog orang lain adalah untuk memperoleh gambaran.

Tambahkan caption jika perlu

Caption merupakan teks penjelasan dari gambar yang di upload pada artikel. Biasanya caption sering kita temukan pada media sosial seperti instagram.

Dengan adanya caption membuat gambar menjadi lebih menarik karena pembaca dapat mengetahui dengan jelas deskripsi gambar tersebut. Anda dapat menambah caption ini jika memang dirasa perlu.

Pastikan ukuran file tidak terlalu besar

Selain beberapa poin diatas, gambar yang dipilih juga harus diperhatikan dari segi besarnya file. Usahakan agar gambar yang dipilih tidak terlalu tinggi sehingga artikel ringan ketika diakses.

Jika Anda memilih gambar dengan file yang besar dan tidak di kompres, maka akan menimbulkan dampak user experience yang tidak baik. Akibatnya, ketika user membuka artikel Anda tidak bisa dengan instan.

Hal diatas justru berdampak pada seo artikel. Untuk itu, usahakan selalu mencari gambar atau sesuaikan gambar dengan ukuran file yang tidak terlalu besar saja.

Baca juga : Tempat Download Gambar Gratis atau Free Untuk Digunakan

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kita perhatikan ketika ingin menambahkan gambar pada setiap artikel. Perlu diketahui bahwa setiap gambar memiliki pesan ribuan kata, ada banyak makna dan persepsi dari setiap pembaca. Bijaklah memilih gambar terbaik bagi konten Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap