Cara Mencari Ide Bisnis yang Kreatif Untuk Usaha

Memang adakalanya ide bisnis datang dengan cara yang tidak diduga sama sekali. Terkadang ide datang secara tidak disengaja. Akan tetapi, ide bisa dipancing melalui beberapa cara. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara mendatangkan ide kreatif.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang berpendapat bahwa, bisnis besar bermula dari ide yang besar. Pendapat seperti ini tidak sepenuhnya benar.

Mengapa? Karena banyak bisnis yang besar berawal dari ide yang sederhana, lalu sejalan dengan waktu tumbuh menjadi sebuah ide brilian, melalui berbagai proses hingga mencetus sebuah bisnis yang luar biasa besar.

Berikut ini akan kita bahas bagaimana Anda bisa memancing ide.

Cara mencari ide bisnis kreatif

1. Coba perhatikan kemampuan atau hobi Anda

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk mencari ide usaha adalah dengan memperhatikan dimana letak kelebihan Anda. Anda tentu memiliki sesuatu yang membuat Anda merasa nyaman ketika melakukannya.

Bisnis yang sesuai dengan bakat dan minat dapat mendorong bisnis menjadi cepat besar. Karena Anda tahu bagaimana cara melakukannya. Anda bisa cepat mahir menguasai medan bisnis.

Coba cari apa yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Apa yang bisa Anda lakukan untuk orang lain. Cari kelebihan dengan melihat secara teliti letak bakat dan minat Anda. Coba bertanya, apakah Anda memiliki kemampuan dan keterampilan khusus yang bisa Anda kembangkan.

Apalagi jika keterampilan yang Anda miliki bisa membantu dan memenuhi kebutuhan orang lain. Itu sudah menjadi modal besar bagi kemajuan bisnis yang Anda miliki.

2. Memberikan sentuhan khusus

Inovasi yaitu berupa nilai tambah. Anda bisa menjalankan bisnis dengan mengikuti apa yang sudah ada saat ini. akan tetapi berikan nilai tambah, berikan kelebihan yang sanggup membuat konsumen tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan.

Pernahkah Anda mendengar istilah ATM, yaitu sebutan untuk Amati Tiru dan Modifikasi. Istilah ini sangat ampuh jika Anda mampu menerapkan dengan baik. Anda bisa membesarkan bisnis dengan cepat ketika mampu lebih inovatif jika dibanding dengan pesaing yang ada sekarang ini.

Metode ATM bukan hanya memoles produk atau jasa saja. Anda bisa membuat inovasi dari berbagai aspek, misalkan dari bentuk, cara pemasaran dan berbagai jenis kreativitas lain yang dapat memberikan perbedaan besar pada bisnis Anda.

Coba luangkan waktu sejenak untuk mencari ide dan inovasi baru. Jangan takut untuk berkreasi, keluarkan kemampuan terhebat yang Anda miliki. Percayalah, setiap orang diberi kelebihan masing – masing.

3. Amati ide yang berkeliaran

Ide bisa dari mana saja dan kapan saja, coba catat. Anda bisa membawa buku kecil dan bulpoin. Siapkan terus di saku ajaib Anda. Setiap kali ada ide yang terlintas, coba catat. Lalu kumpulkan untuk dibaca kembali.

Anda bisa memperhatikan segala sesuatu yang Anda lihat. Misalkan sedang ditengah keramaian, di pasar, atau sedang jalan – jalan. Coba cari tahu apa yang belum ada, apa yang masih kurang, apa yang bisa Anda berikan untuk orang lain.

Agar ide yang datang tetap tercatat dengan baik, bawalah buku kecil yang selalu setia menemani Anda. Akan tetapi, jangan hanya mencatat ide, perlu Anda lakukan langkah konkrit atau take action agar ide benar – benar terwujud.

Ide bisnis tanpa take action itu percuma.

Selain menggunakan buku catatan kecil, Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk mencatat.

4 . Cermati bisnis yang sedang trend

Anda bisa mencari referensi lengkap untuk menemukan bisnis yang sedang trend. Anda bisa keliling kota, membaca melalui media online. Mulailah bergerak kesana kemari untuk menemukan bisnis yang sedang naik daun.

Terkadang ada ide yang akan muncul, padahal sebelumnya belum pernah Anda pikirkan. Semakin banyak referensi bisnis, maka semakin besar peluang Anda untuk menemukan ide bisnis yang kreatif. Lakukan analisa dari berbagai aspek. Otak bisa bekerja optimal ketika Anda melakukan analisa.

5. Fokus pada solusi

Jangan salah fokus. Fokus Anda harus tepat. Buat fokus Anda mengarah pada solusi, bukan alasan. Jika fokus Anda tepat yakni pada solusi, Anda akan terus berpikir mencari solusi terbaik bagi bisnis.

Fokus yang baik dapat memberikan dampak yang luar biasa, tak hanya pada bidang bisnis, bidang pekerjaan apapun jika Anda mampu menjaga fokus dengan baik pada tujuan, Anda akan tetap pada target yang ingin Anda capai, suksespun cepat diraih.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ide bisnis. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Yang paling penting adalah rasa percaya diri. Jika Anda percaya bahwa mimpi Anda akan Anda raih, maka sudah tentu usaha dan niat Anda pun menjadi besar.

Baca juga : Cara Membangun Bisnis Dari Awal Hingga Menjadi Sukses Besar

Selain ide, plan atau rencana juga memegang peranan penting ketika ingin menjalankan bisnis. Buatlah plan secara cermat dan matang. Catat semua perkembangan bisnis yang telah Anda peroleh, lakukan perbaikan agar hasilnya lebih memuaskan. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda menemukan ide bisnis yang brilian. Salam sukses selalu.




Updated: August 7, 2017 — 6:30 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap