Cara Mendapatkan Kepercayaan Konsumen di Era Digital Sekarang Ini

Kepercayaan konsumen

Kepercayaan merupakan faktor yang paling penting agar brand bisnis Anda berkembang. Karena dengan kepercayaan yang tinggi dari konsumen, semua proses bisnis bisa berjalan lancar.

Apalagi di zaman era digital sekarang ini, lebih dari 50% penjualan dihasilkan melalui online. Anda tentu tahu bahwa dunia online butuh kepercayaan brand yang tinggi. Untuk itulah kita perlu mencari dan mengetahui cara agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen yang tinggi.

Perlu penanganan khusus dan pendekatan yang tepat agar brand bisnis Anda bisa dihati para konsumen. Tujuannya sudah tentu agar perkembangan bisnis menjadi lebih mudah dari waktu ke waktu.

Berikut ini akan kita ulas bagaimana cara mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Berikan nilai terbaik agar tak terkesan hanya mengejar keuntungan

Langkah ini bertujuan agar konsumen dapat merasa bahwa Anda bukan hanya mengejar keuntungan, tapi membantu mereka untuk menemukan solusi melalui produk atau jasa yang sedang mereka cari.

Berikan nilai dan kelebihan dari produk saat pertama kali penawaran. Bisa melalui buku panduan, penjelasan detail, percobaan atau trial. Setelah kepercayaan didapat, dengan sendirinya konsumen akan mempercayai produk atau jasa Anda.

Siapapun orangnya, ingin mendapatkan manfaat. Ketika konsumen merasa kebutuhan mereka terpenuhi, mereka dengan senang hati memberikan keuntungan kembali pada Anda, yaitu dengan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Tunjukkan profesionalisme

Saat pertama kali konsumen mengenali produk Anda, merupakan momen yang paling penting dan menentukan. Untuk itu, tunjukkan bahwa bisnis Anda bonafid dan profesional.

Bagaimana caranya?

Tentu dengan penggunaan bahasa yang profesional dan humanis, penuh dengan profesionalitas. Anda bisa membuat tulisan dan ilustrasi pada buku panduan agar lebih humanis.

Penyampaian lewat visual dan bahasa tulisan dapat membuat konsumen menjadi lebih cepat percaya.

Berikan bukti

Agar konsumen percaya dengan apa yang Anda ucapkan, atau dengan kepribadian Anda, maka tunjukkan lewat bukti sosial. Seperti dengan memperlihatkan review dari konsumen lain dan lain sebagainya.

Bagi bisnis yang masih baru tentu konsumen butuh bukti. Bahkan untuk produk yang sudah ada nama pun masih butuh bukti.

Ya.. bukti merupakan faktor yang paling memegang peranan penting agar konsumen percaya. Misalkan Anda mengatakan bahwa produk Anda mampu untuk melakukan sesuatu. Maka berikan bukti – bukti yang ada.

Katakan Apa adanya

Transparan atau mengatakan apa adanya tentang produk juga penting, jangan menyembunyikan apa kekurangan yang ada dan hanya mengatakan kelebihannya saja. Hal ini memberikan efek keseimbangan pada konsumen dan membuat mereka berpikir produk atau jasa Anda jujur. Akan tetapi harus proporsional.

Konsumen yang mengetahui latar belakang bisnis dengan baik juga dapat percaya dengan Anda. Terutama soal perusahaan yang Anda dirikan.

Konsumen biasanya sangat cerdas, mereka dapat dengan mudah mengetahui apakah bisnis jujur atau tidak. Untuk itu, jika kejujuran merupakan faktor alamiah bagi kepercayaan, maka metode ini bisa digunakan untuk menggaet kepercayaan konsumen.

Tetap konsisten

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan kepercayaan konsumen adalah dengan cara konsisten. Cara ini akan terlihat natural dan memperlihatkan pada mereka bahwa Anda dapat dipercaya.

Berikan sesuatu yang bermanfaat untuk konsumen Anda, bisa berupa service, bantuan dan lain sebagainya secara berkala.

Nah ketika konsumen Anda percaya bahwa bisnis Anda terbaik, maka mereka dengan senang hati menceritakan ke orang lain. Ini bisa menjadi promosi gratis.

Hanya saja memang memakan waktu, akan tetapi itu tidak penting, yang penting adalah tingkat kepercayaan konsumen karena dampaknya luar biasa bagi bisnis.

Gunakan Pendekatan emosional

Teknik yang paling ampuh dan sering digunakan adalah lewat media promosi iklan. Yaitu iklan yang menunjukkan betapa mengertinya Anda dengan kebutuhan mereka. Lewat produk dan jasa yang Anda tawarkan, Anda bisa mengerti tentang kebutuhan mereka dan produk atau jasa Anda menawarkan solusinya.

Dengan cara seperti ini, membuat konsumen merasa lebih dekat pada brand Anda.

Sebenarnya bukan hanya lewat media iklan, bisa lewat layanan CS, lewat service dan lain sebagainya. Langkah ini juga memegang peranan penting agar konsumen percaya dengan brand bisnis.

Baca juga : Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Itulah tadi beberapa cara dan pendekatan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Memang benar, kepercayaan di era digital butuh penanganan khusus, apalagi ketika begitu banyak brand baru yang muncul dengan pembawaan masing – masing.

Tentu memberikan efek kepada brand baru yang lain. Sehingga, cara – cara yang tepat dapa membuat konsumen lebih percaya pada produk atau jasa Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda, jika ada ide tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.

Updated: September 29, 2017 — 9:45 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap