Cara Menemukan Ide Artikel? Berikut Ini Tips yang Bisa Kamu Coba

Mencari ide

Apakah kamu ingin agar selalu memiliki ide untuk menulis?

Gampang, berikut ini ada beberapa tips yang akan menjadikan kamu kebanjiran ide. Tips berikut  sengaja kami sajikan spesial buat kamu. Tak peduli apapun latar belakang kamu, entah itu penulis sastra, penulis buku, blog atau menulis hanya untuk sekedar hobi.

Tips berikut merupakan cara untuk memancing pikiran kamu agar selalu hidup dan selalu menemukan ide. Bahkan membuat kamu penuh dengan wawasan.

1. Buku Saku Dan Bulpoin

Pingin punya ratusan ide yang siap kamu jadikan tulisan? Caranya begini, luangkan waktu untuk refreshing, bisa saja dengan jalan – jalan, ke pantai atau kemanapun tempat yang bisa membuat kamu happy dan tenang.

Cobalah untuk merenung sejenak dengan memperhatikan apapun yang ada disekitar kamu. Catat semua ide yang muncul.

Ide sekecil apapun itu segera kamu tulis ke buku. Ide kecil bisa menjadi tulisan hebat lho. Penulis yang sudah berpengalaman bisa mengembangkan ide apapun, walaupun dengan ide sederhana ia mampu menyulap menjadi sebuah karya tulisan yang maha dahsyat.

Ide terkadang bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Nah agar ide kamu menjadi sebuah karya tulisan, bawalah buku saku, catat semuanya.

Selain untuk mencatat ide pokok, kamu bisa mencatat draf tulisannya langsung menggunakan buku kamu. Itulah alasan mengapa membawa buku kecil dapat mendatangkan banyak sekali manfaat.

2. Modifikasi Judul

Cara jitu berikutnya, kamu bisa mendapatkan ratusan ide dengan cepat adalah dengan cara memodifikasi judul.

Darimana? Mudah dan banyak… Kamu bisa mengunjungi blog – blog yang ada di internet, lalu coba lakukan modifikasi pada judul tersebut.

Contohnya begini.

Judul ” Cara membuat kue yang menarik” Kamu bisa merubah judul tersebut menjadi : Judul ” Cara membuat tulisan yang menarik”

Mudah sekali kan? Dan bukan hanya dari blog internet saja lho. Kamu bisa mencari judul – judul lainnya di perpustakaan, majalah, koran dll. Modifikasi judul bukan berarti menyontek lho, yang kita lakukan adalah membuat judul tersebut menjadi hal baru.

Nah bagi seorang blogger mencari bahan artikel itu mudah sekali, kamu bisa membaca artikel bahasa inggris dengan mengambil kesimpulan, lalu dirubah menjadi bahasa Indonesia sesuai dengan judul yang telah kamu dapatkan.

Atau kamu bisa membaca artikel bahasa Indonesia, kemudian buat artikel dengan alur dan cara yang baru dan lebih lengkap. Cara ini bahkan bisa membuat blog kamu menjadi lebih baik.

Mana yang orang cari? Lengkap atau hanya sekadarnya saja? Tentu yang lebih lengkap kan? Nah dengan membuat riset bahan yang lebih lengkap, tulisan kamu sudah jelas akan menjadi lebih baik. Mesin pencari menjadi suka dengan blog kamu, kemudian blog kamu akan tampil nomor satu di mesin pencari.

3. Dapatkan Ide Sebanyak Mungkin Dengan Membaca

Percaya nggak pendapat yang mengatakan ” Speak comes from listerning” dan “Writting comes from Reading”

Artinya, “Kemampuan berbicara datang kebiasaan mendengar” dan ” Kemampuan menulis datang dari membaca”

Pendapat diatas bisa kita analisa. Contohnya, anak kecil bisa berbicara karena sering mendengarkan orang tuanya bicara kan? Apakah anak kecil bisa langsung menulis? Anak bisa menulis karena diajarkan membaca mulai dari TK, SD dan seterusnya.

Nah itulah alasan yang paling kuat mengapa Anda harus rajin membaca jika ingin mendapatkan ide banyak dan menjadi seorang penulis handal.

Kamu bisa membaca artikel di internet terkait topik yang kamu sukai, lalu pahami dan temukan ide menarik pada artikel yang kamu baca.

Cara ini sangat efektif lho, tidak percaya? Silahkan kamu coba sendiri dan rasakan bahwa kamu memiliki wawasan yang cukup luas. Dampaknya, puluhan bahkan ratusan ide akan mengalir begitu saja ke pikiran kamu.

4. Ketahui Apa yang Orang Lain Butuhkan Dengan Cara Berikut Ini

Tulisan akan sangat cepat mendapatkan pembaca jika apa yang kamu tulis dapat memenuhi kebutuhan orang lain.

Misalkan ada orang yang membutuhkan informasi tentang bagaiamana cara sukses berbisnis, nah ketika kamu mampu menulis aritikel tersebut dengan baik, sudah dapat dipastikan artikel kamu akan disukai pembaca tersebut.

Lalu pertanyaannya.

Darimana saya bisa mendapatkan ide tentang apa yang dibutuhkan oleh orang lain?

Kunjungi beberapa media berikut ini :

  1. Sosial forum sosial media : Biasanya banyak sekali partanyaan yang diajukan oleh para anggota forum. Nah berikan jawaban dengan menulis artikel sesuai dengan pertanyaan tersebut.
  2. Forum online : Forum online seperti kaskus, detik dll penuh dengan pertanyaan. Langkahnya sama saja seperti poin pertama diatas. Silahkan jawab questioner tersebut dengan baik dan berkualitas.
  3. Membuat survey : Kamu bisa membuat survey sesuai dengan tema yang ingin kamu tulis. Berikan pertanyaan apa yang mereka butuhkan dari tema tersebut.

Cara diatas cukup efektif untuk menemukan ide sebanyak mungkin. Yakin dan optimis bahwa kamu bisa.

Jadi, mencari ide tulisan itu bisa dari mana saja, tidak harus dari kamu sendiri. Bisa dari orang lain, dari forum atau dari judul – judul yang ada. Tergantung kamu mengambil sudut pandang ide tersebut dari mana.

Baca juga : Cara Menjadi Seorang Penulis, Berikut ini Tips Hebat yang Bisa Kamu Coba

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan dapat menjadikan kamu orang yang penuh dengan ide – ide brilian. Salam praktek dan sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap