Cara Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas, Berikut Tipsnya

Bagi kamu yang merasa suhu smartphone cepat panas, jangan khawatir. Karena semua itu memang gejala normal dan terjadi secara umum. Panas yang terasa pada smartphone kamu berasal dari aktivitas yang ada, mungkin dari aktivitas background, adanya kinerja RAM yang tinggi dll. Jadi tak usah khawatir jika smartphone kamu terasa panas.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah panas yang berlebih. Hal ini bertujuan agar komponen yang ada pada smartphone kamu dapat bertahan lebih lama. Biasanya ada batas maximum panas yang diperbolehkan. Semua itu tergantung dari pabrikan masing – masing.

Penyebab utama mengapa smartphone Android kamu panas yaitu karena adanya aktivitas besar pada prosesor, hal ini disebabkan karena ada aplikasi background yang sedang berjalan, atau kerena smartphone sedang melakukan ping ke BTS operator selular terdekat.

Kamu Bisa Coba Cleaning

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba memasang aplikasi Clean Master. Silahkan kamu cari di Google playstore lalu jalankan aplikasi tersebut. Aplikasi ini fungsinya sangat banyak sekali. Kamu bisa mengatur suhu prosesor, melakukan scan virus dan berbagai macam jenis fitur lain.

Fungsi mengatur suhu clean master adalah untuk membatasi suhu agar tidak terlalu panas. Nah aplikasi Clean Master akan membatasi aktivitas software yang aktif di background pada Hp Android kamu.

Berikut langkah – langkahnya

  1. Bukan terlebih dahulu aplikasi Clean Master
  2. Pilih menu Phone Bost
  3. Kemudian kamu lihat CPU temperatur, pilih check
  4. Aplikasi ini akan melakukan scan mana saja aplikasi yang menyebabkan panas. Kemudian jika scan telah selesai, kamu tekan Cool Down.

Langkah diatas sebenarnya bisa dilakukan manual, kamu bisa membuka app manager dan temukan aplikasi yang tidak penting lalu stop dari sana. Akan tetapi perlu berhati hati, karena jika salah bisa menyebabkan smartphone kamu tidak sehat. Untuk itu, sangat diasarankan kamu menggunakan Clean Master saja. Silahkan cari aplikasi tersebut di Playstore.

Pilih jaringan yang stabil

Terkadang smartphone menjadi panas karena kondisi signal yang tidak stabil. Coba cek kembali, apa mode yang kamu pilih, Gsm Only, Cdma Only atau Automatic. Jika pada lokasi kamu sekarang ini kondisi signal sedang tidak stabil. Gunakan saj amode automatic, jadi tidak memaksakan 3g atau 4G saja.

Dengan mode automatic membuat Handphone kamu menjadi stabil hanya melakukan ping sesuai dengan kondisi singal yang paling kuat saja.

Jangan gunakan samarphone sambil di charger

Jika Handphone panas karena dipakai sambil di charge, maka hindari hal tersebut. Selain dapat merusak batrai, menggunakan Handphone sambil di charge dapat menyebabkan aliran listrik tidak stabil. Hal ini lah yang menyebabkan panas pada smartphone kamu.

Agar smartphone dan batrai bisa bertahan lebih lama, biarkan dulu smartphone kamu dingin ketika di charging. Biarkan hingga kondisi hampir penuh, setelah selesai di charge, baru kamu gunakan kembali.

Beli Smartphone dengan Ram Yang Tinggi

Random Access Memory memegang peranan penting dari segi kecepatan pengelolaan aplikasi. Semakin besar RAM yang dipasang pada smartphone kamu, maka semakin cepat pula kamu bisa memainkan berbagai jenis aplikasi..

Secara langsung jika Ram Hp kamu besar, maka panas bisa dihindari, karena semua aktivitas bisa ditangani dengan cepat. Kamu bisa mencari smartphone dengan kapasitas Ram yang tinggi. 3 – 8 Giga. Silahkan cari dipasaran, saya rasa sekarang harganya sudah murah semua.

Instal Aplikasi Seperlunya Saja

Penyebab panas yang terjadi bisa karena ada request yang berlebihan. Terutama pada aplikasi yang melakukan update secara otomatis. Ada beberapa aplikasi yang melakukan request data walaupun saat Hp tidak Anda gunakan. Nah jika jumlahnya banyak, terjadi tumpukan request yang memberatkan prosesor dan Ram, akibatnya panas muncul dari komponen tersebut.

Gunakan Du Battery Saver

Du Battery Saver dapat berfungsi untuk membuat agar ponsel atau smartphone kamu menjadi semakin cepat. Prinsip kerjanya yaitu membatasi berbagai macam activitas background. Dengan menggunakan Du Saver, kamu tidak perlu khawatir dengan update – update atau notifikasi secara background.

Fitur lain yang tak kalah menarik dari aplikasi ini yaitu kamu juga bisa mengatur suhu pada prosesor. Silahkan kamu install terlebih dahulu melalui Playstor. Untuk mengaktifkan fitur tersebut ikuti langkah dibawah ini.

  1. Silahkan kamu buka Aplikasinya
  2. Lalu pilih menu Smart
  3. Kemudian kamu pilih Phone Coller
  4. Setelah scan selesai, kamu pilih Cool Down

Baca juga : Cara Agar Baterai Handphone Awet dan Lebih Tahan Lama

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar ponsel atau smartphone kamu tidak cepat panas. Semoga artikel ini bisa membantu. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap