6 Cara Mengembangkan Bisnis Agar Menjadi Sukses

Saat pertama kali Anda membangun bisnis, tentu Anda telah melakukan berbagai cara agar bisnis Anda berjalan dan menghasilkan Mulai dari melakukan riset, membuat plan dan mengatur segala bentuk kegiatan bisnis Anda agar berjalan lancar.

Setelah usaha Anda menghasilkan, selanjutnya apa yang harus Anda lakukan?

Nah bagi yang memiliki jiwa entrepreneur sejati, langkah selanjutnya yaitu berusaha agar usaha yang  telah dibangun mampu berkembang, bahkan menambah beberapa bisnis yang lain.

Cara mengembangkan bisnis

Siapa yang tak ingin sukses besar?

Semua pebisnis menginginkan hal tersebut. Untuk itu, kita perlu belajar dan mengetahui cara langkah dan strategi yang bisa kita terapkan.

Berikut ini, Ada 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

1. Manajemen yang baik

Apapun skala bisnis yang sedang Anda jalankan sekarang ini, manajemen sangat memegang peranan penting lho.

Manajemen memegang peranan nomor satu pada setiap bisnis. Karena kita tahu bahwa manajemen meliputi pengelolaan dan pengawasan. Semakin jitu manajemen yang Anda terapkan, sudah tentu usaha terus berkembang.

Anda bisa belajar dari manapun tentang bagaimana cara membuat  manajemen dengan baik. Anda bisa belajar hal sekecil apapun dari mereka yang sudah sukses mengembangkan bisnis mereka.

Ada beberapa bentuk manajemen yang biasa kita kenal yaitu.

  • Manajemen keuangan
  • Manajemen produksi
  • Manajemen pemasaran
  • dll

2. Selalu berfikir kreatif

Jangan pernah berfikir bahwa Anda tak mampu berfikir kreatif. Semua orang telah diberi anugerah kemampuan untuk menganalisa, hanya saja tergantung dari bagaimana persepsi orang tersebut.

Ketika Anda terus berlatih menganalisa, maka Anda akan mampu berfikir kreatif.

Nah untuk latihan analisa, Anda bisa mengumpulkan data tentang bisnis Anda. Seperti dengan cara memberikan pertanyaan yang harus Anda jawab.

Buat pertanyaan sendiri dan beri jawaban. Sebagai contoh:

  • Bagaimana potensi pasar bisnis Anda selama ini.
  • Apa yang harus dilakukan agar konsumen merasa puas.
  • Bagaimana cara melakukan promosi yang efektif dan efisien.
  • Apa yang harus Anda lakukan agar keuangan dapat berjalan lancar.

Dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan tersebut, Anda akan mampu memancing pikiran untuk selalu berfikir kreatif.

Tujuannya tentu agar Anda menemukan ide baru, baik itu berupa inovasi atau berupa plan baru yang perlu Anda uji agar usaha Anda berkembang.

3. Konsisten

Anda tentu memiliki strategi yang sudah teruji.

Strategi yang sudah teruji berhasil Anda terapkan secara konsisten akan membuat Anda mampu bertahan dan bahkan berkembang pesat. Itulah mengapa konsisten juga merupakan hal penting bagi bisnis.

Memang perlu perubahan dan inovasi, tapi tentu ada beberapa part atau bagian tertentu yang terus memberikan hasil bagi Anda. Nah konsisten dengan hal tersebut baik itu berupa tata cara pengelolaan, manajemen karyawan atau bentuk – bentuk strategi pemasaran yang telah teruji berhasil.

Karena kita tahu bahwa dalam berbisnis ada banyak sekali bagian yang perlu ditangani, apalagi bagi perusahaan besar.

4. Memberikan yang terbaik

Bisnis yang membutuhkan pasar luas haruslah mampu memberikan kepercayaan. Kepercayaan bisa timbul dari kualitas yang Anda berikan.

Dari sini kita tahu bahwa kualitas memegang peranan penting bagi pebisnis, terutama bagi bisnis yang bergerak untuk masyarakat luas.

Ada 2 kualitas yang harus Anda perhatikan:

  1. Kualitas produk
  2. Kualitas pelayanan

2 kualitas tersebut memang masih terkait dengan hal lain seperti harga, akan tetapi, jika secara umum bisnis Anda mampu memberikan kepuasan bagi konsumen, maka tingkat kepercayaan konsumen akan mengalami penguatan.

Semakin percaya konsumen pada bisnis Anda, perkembangan bisnis pun sangat mudah untuk dicapai.

5. Jalin networking

Coba Anda perhatikan bisnis besar yang ada sekarang ini. Secara umum mereka memiliki jaringan yang luas. Karena mereka paham bahwa semakin besar jaringan yang mereka miliki, potensi bisnis yang ada juga semakin besar.

Ada banyak sekali bentuk kerja sama yang bisa kita perhatikan. Kita bisa mencontoh bagaimana mereka membangun network.

Network bukan berarti mlm seperti yang dikenal secara umum, networking yaitu berupa jalinan kerja sama antar partner yang saling menguntungkan.

Nah, agar usaha Anda dapat berkembang dengan pesat, mulailah memikirkan tentang bagaimana agar Anda memiliki jalinan kerja sama yang luas, partner dan bentuk bentuk network lainnya.

Anda bisa belajar dari mereka yang sudah memiliki jaringan luas. Perhatikan dan coba jadikan sebagai pelajaran bagi Anda.

6. Mencatat Kegiatan Secara Detail

Catatan itu penting lho, mengapa? Karena dari catatan Anda bisa mengetahui jejak yang sudah Anda lakukan. Apapun sekala usaha yang sedang Anda jalankan harus selalu membuat catatan baik itu catatan keuangan, catatan kegiatan atau catatan strategi sukses.

Tahukah Anda istilah big data?

Big data merupakan istilah yang paling popular dikalangan pebisnis besar. Big data merupakan data rahasia bagi perusahaan. Karena big data merupakan catatan penting yang memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Nah big data bisa Anda dapatkan ketika Anda mau mengelola catatan bisnis Anda. Itulah alasan mengapa catatan begitu penting bagi bisnis Anda agar terus berkembang pesat.

Baca juga: Tips Meningkatkan Performa Bisnis Anda Menjadi Lebih Baik

Bagaimana pendapat Anda? Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Jika Ada tambahan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: January 20, 2018 — 12:53 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap