Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer Agar Paket Anda Awet

Walaupun sekarang ini pergeseran pengguna internet telah banyak menggunakan smartphone, akan tetapi penggunaan PC Desktop masih cukup banyak mengingat fungsi desktop memang masih lebih lengkap jika dibanding smartphone. Seperti untuk desain grafis, animasi tingkat tinggi, mengelola dokumen banyak, gaming dan berbagai jenis pengolahan lain termasuk akses internet.

Terutama pada perusahaan atau institusi yang mengelola data secara kompleks, mereka semua masih menggunakan perangkat komputer. Walaupun demikian, penggunaan laptop atau pc oleh perorangan juga terbilang masih cukup tinggi. Apalagi banyak inovasi teknologi baru yang terus inovatif seperti 2 in one tablet, yaitu tablet lengkap dengan os windows dan Android dalam satu perangkat.

Bicara soal akses internet, kita tentu menggunakan paket data. Ada yang limited dan ada yang unlimited. Bagi pengguna internet limited tentu berusaha agar paket data yang digunakan bisa sehemat mungkin. Ya sambil menunggu gajian supaya bisa beli paket lagi atau beli yang unlimited sekalian.

Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar penggunaan data paket bisa lebih hemat pada saat menggunakan komputer.

  1. Minimalkan penggunaan gambar jika tidak perlu
  2. Gunakan Internet Agent
  3. Kontrol Dengan Net Limiter

1. Minimalkan Penggunaan Gambar

Saat berselancar, kita sudah tidak asing lagi dengan gambar. Setiap situs selalu menyediakan gambar sebagai ilustrasi. Internet tanpa gambar rasanya seperti kurang lengkap karena sebuah gambar bisa mewakili ribuan kata.

Nah bagi Anda yang kebetulan tidak memerlukan gambar ketika berselancar, karena mungkin hanya ingin membaca artikel, berita dan sebagainya, Maka Anda bisa menonaktifkan sementara fungsi penampilan gambar pada browser.

Gambar ternyata memakan kuota yang lumayan, sehingga jika dinonaktifkan dapat mengurangi pemakaian kuota internet Anda. Berikut cara bagaimana cara mendisable gambar pada 3 browser yang paling umum dan aman berikut ini.

  1. Browser Google Chrome. Silahkan masuk ke Setelan > Pilih lagi Setelan Konten > Gambar > geser kekanan tombol on ke posisi off untuk tidak menampilkan gambar. Tulisan akan berubah ke “Jangan menampilkan gambar apapun”.
  2. Browser Opera. Pilih Pengaturan > lalu pilih Halaman Web > Gambar kemudian set ke “Jangan tampilkan gambar apapun”.
  3. Browser Mozila Firefox. Untuk pengguna Firefox caranya memang agak sedikit berbeda, karena pengaturan yang tersedia telah di hapus oleh developer mereka. Namun kita masih tetap bisa mendisable gambar dengan cara. Ketik di address bar “about config” kemudian ketik lagi “permission.default.image“. Set valuenya dari 1 menjadi 2.

3. Kontrol Dengan Net Limiter

Netlimiter berfungsi untuk mengetahui apa saja konektivitas yang sedang berjalan. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini untuk memantau inbound dan outbound koneksi yang ada. Kemudian mengatur serta membatasi koneksi yang tidak diperlukan.

Silahkan Anda cari di internet dengan kata kunci Netlimiter, lalu pasang pada komputer Anda. Berikut ini penampilan aplikasi tersebut.

Hemat Kuota

 

Berikut bagaimana cara pemakaiannya.

  • Untuk mencegah adanya update pada background atau adanya konektivitas yang berjalan di layar belakang. Klik pada incoming dan outcoming. Silahkan pilih opsi block. Nah Anda bisa pantau terlebih dahulu apa saja program yang tidak dibutuhkan. Terkadang ada beberapa aplikasi yang selalu mencoba mengakses internet walaupun kita tidak menggunakannya.
  • Untuk membatasi kecepatan koneksi, klik pada DL limit 2 kali, kemudian masukkan nilai kecepatan pada aplikasi browser yang Anda gunakan.

3. Gunakan Mode User Agent

User agent sebenarnya berfungsi untuk merubah browser kita ke mode smarthpone, sehingga jumlah byte yang kita gunakan bisa lebih irit. Artinya dengan menggunakan bantuan switch ini, kita bisa mengakses internet layaknya menggunakan smartphone.

User agent merupakan extensi yang bisa dipasang pada berbagai jenis browser umum sekarang ini seperti, Google chrome, Mozile firefox, Opera, safari. Nah silahkan anda pasang User agen pada browser yang Anda gunakan. Sama seperti memasang add on, silahkan anda ketik kata kunci “User Agent” di mesin pencari Google untuk memasangnya.

Untuk menggunakan extensi ini, kita bisa merubah tampilan website yang ktia kunjungi ke mode yang dinginkan. Nah untuk mendapatkan sensai kuota yang paling irit, silahkan pilih ke mode opera mini.

4. Kelola aplikasi

Tanpa kita sadari terkadang ada beberapa aplikasi / program yang terhubung secara otomatis tanpa sepengetahuan kita. Coba saja Anda bayangkan ketika ada program yang melakukan update secara otomatis, melakukan request notifikasi dan semacamnya.

Bagaimana cara mengetahui hal ini, seperti yang telah saya sebutkan diatas pada poin nomor 2 yaitu menggunakan Netlimiter. Dari program Netlimiter sebenarnya kita sudah bisa memantau jika ada aplikasi yang menggunakan internet terlalu besar.

Tips Berikutnya

Jika Anda tidak suka dengan tips diatas, silahkan coba dengan menggunakan emulator. Emulator berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang ada pada smarphone. Nah Anda bisa memasang emulator ini lalu pasang aplikasi opera mini di komputer Anda. Jalankan lewat emulator yang telah Anda pasang tersebut. Cek juga terlebih dahulu apakah java sudah di install atau belum  di komputer Anda agar emulator dapat berjalan dengan baik.

Dengan demikian, kuota yang dipakai bisa sangat irit. Ada 2 versi yaitu opera dan opera mini. Saya menyarankan Anda untuk menggunakan opera mini agar Anda mendapatkan sensasi hemat kuota yang luar biasa.

Baca Juga : Solusi Dan Pentingnya Internet Kuota Unlimited Bagi Blogger

Kesimpulan :

Itulah tadi bagaimana cara menghemat kuota internet di komputer. Walaupun demikian anda bisa memilih poin nomor 1 atau nomor 3 saja. Untuk poin nomor 2 sebenarnya umum dan merupakan metode untuk mendeteksi apa saja file yang sering mengakses internet secara background di komputer Anda.

Jadi, jika Anda menggunakan metode 1 yaitu dengan menonaktifkan sementara tampilan gambar. Maka Anda bisa mengabaikan cara ke 3. Akan tetapi, untuk poin nomor 2 tetap bisa anda gunakan bersamaan, karena berfungsi untuk memantau aktivitas koneksi.

Cara selanjutnya untuk mendukung poin nomor 2 adalah dengan membuka source monitor. Silahkan anda cari source monitor dengan fitur search pada menu start Windows. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih hemat kuota paket internet. Selamat mencoba.

Updated: June 17, 2017 — 2:53 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap