Cara Menghemat Kuota Internet Saat Membangun Sebuah Blog

Berikut ini ada beberapa teknik yang bisa di gunakan untuk membuat kuota internet Anda cukup ketika ingin membangun sebuah blog. Karena kuota merupakan salah satu keperluan yang paling mendasar bagi seorang blogger. Hal ini tidak berlaku bagi seorang blogger yang memiliki kuota unlimited, karena sudah tentu batas pemakaian bisa sepuasnya.

Blog hemat Kuota Internet

Bagi seorang blogger dengan kuota internet yang terbatas, mengelola bandwidth yang di pakai sangat mutlak harus di terapkan agar proses membangun sebuah blog dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. So anda harus menghindari pembuangan kuota internet yang tidak perlu. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa anda gunakan untuk mencegah kuota internet anda habis.

baca juga : Lakukan Hal Ini Sambil Menunggu Jawaban Dari Adsense

Design Website Terlebih Dahulu Di Warnet.

Warung internet atau warnet bisa menjadi salah satu alternatif bagi pengelola blog yang belum memiliki akses internet cepat dan unlimited. Anda dapat dengan leluasa mendesign website anda terlebih dahulu di warnet, nah setelah selesai dan siap untuk go online, Anda dapat posting artikel dari rumah dengan kuota yang anda miliki setiap bulannya.

Yang paling banyak memakan kuota saat membangun blog adalah saat melakukan design template. Sering sekali kita melakukan loading halaman secara berulang ketika menambah atau memodifikasi kode css html tampilan saat melakukan cek. Inilah penyebab kuota internet anda bisa cepat habis.

Lakukan Posting Dengan Cara Ofline.

Membuat posting sebuah artikel di blog bisa di lakukan secara ofline, anda dapat membuat artikel lewat notepad, microsoft word atau menggunakan dasboard CMS dengan kondisi internet yang tidak terkoneksi. Sehingga kuota internet anda tidak berjalan secara background.

Saat melakukan posting di dasboard cms blog, dan kondisi internet anda tersambung, biasanya kuota internet tetap berjalan walau beberapa kb. Inipun jika perangkat yang kita gunakan tidak ada update otomatis. Untuk itu matikan saja terlebih dahulu koneksi internet anda ketika melakukan postingan.

Simpan Histori Chache Browser Website Anda

Agar proses loading sebuah website cepat pada browser Anda, coba jangan menghapus chache browsernya, terutama chache website anda sendiri. Hal ini bertujuan agar kuota yang di gunakan bisa di kurangi karena sebagian data website anda telah tersimpan di chache dengan baik oleh browser.

Alternatif lain nya adalah, mengaktifkan chache browser yang bisa anda buat lewat htacces dengan menambahkan beberapa baris kode chaching di server apace anda.
Biasanya dengan menambahkan beberapa script pada htacces file server anda, maka file chache bisa di atur jangka waktunya pada browser, atau bisa mengatur jenis text atau gambar saja yang di simpan dalam chache.

Instal Aplikasi Internet Limiter DI Komputer Anda

Aplikasi internet limiter berfungsi untuk membuat dan mengatur koneksi yang berjalan di komputer anda. Semua lalu lintas data dapat di pantau dari aplikasi ini, kemudian anda bisa mengetahui kira – kira data apa saja yang di perlukan saat mengaktifkan internet di komputer.

Biasanya aplikasi internet limiter dilengkapi dengan fitur untuk menfilter jenis file apa saja yang bisa di tutup agar koneksi anda bisa di batasi. Sehingga data kuota internet anda dapat di selamatkan dari pemakaian yang tidak di butuhkan. Aplikasi internet limiter ini dapat anda cari di mesin pencari dengan kata kunci intenet limiter.

Kurangi Membuka Website Atau Sosial Media Lewat Desktop

Saya sendiri menggunakan handphone saat mengakses webstie lain, entah itu untuk mencari informasi atau menemukan referensi dalam membangun artikel. Cara ini di lakukan agar kuota yang di pakai bisa lebih irit. Putuskan terlebih dahulu koneksi portable hotspot anda, lakukan browsing hanya lewat hanphone.

Terlalu banyak tab browser yang terbuka biasanya akan membuat kuota internet anda boros. Tutup beberapa tab browser yang tidak penting sehingga anda hanya membuka tab posting dan tab referensi yang penting saja.

Cari Tempat Wifi Gratis Di Sekitar Anda

Wifi gratis biasanya telah tersedia di tempat keramaian, nah anda bisa memanfaatkan koneksinya untuk melakukan design atau membuat promosi web blog anda. Hal ini bisa menghemat kuota utama anda agar di gunakan hanya untuk keperluan posting atau keperluan penting lainnya.

Sebenarnya masih banyak solusi lain yang bisa di tempuh, seperti mendisable load gambar pada browser, menggunakan vpn yang bisa mengkompres data dan lain sebagainya. Tujuan utamanya adalah bagaimana agar kuota internet anda dapat di manfaatkan dengan baik dan benar.

Langkah di atas memang perlu di lakukan bagi pemilik blog yang menggunakan kuota terbatas. Bersyukur aja bagi yang sudah punya akses data unlimited. Saya sendiri sedang menunggu pihal terkait untuk memperpanjang kabel telfon hingga ke depan rumah. Semoga saja bisa terlaksana amin.




Updated: May 15, 2017 — 4:22 am

2 Comments

Add a Comment
  1. Wah sama seperti yang saya lakukan 😀
    Apalagi koneksi internet di tempat saya sangat tidak stabil.

    1. Iya gan :D, saya doakan semoga ketemu solusinya, Ini nambah lagi menggunakan xampp buat install wp di localhost, bisa deh jadinya edit – edit terus diclone ke hosting. Btw makasih kunjungannya bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap