Cara Menghemat Listrik Pulsa Rumah Tangga Anda Agar Murah

Cara menghemat listrik sebenarnya langkah yang mudah untuk dilakukan. Lagi pula menghemat listrik sangat dianjurkan yang bertujuan untuk menghemat energi. Mengapa? Karena sumber listrik sekarang ini sebagian besar masih menggunakan energi yang tidak terbarukan.

Nah cara menghemat listrik berikut ini merupakan cara yang sangat mudah dan semua orang bisa melakukannya.

Cara Hemat Listrik PLN

Apa manfaatnya?

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan. Karena ketika kita mampu menghemat tagihan listrik, tentu uang tersebut dapat kita gunakan untuk keperluan rumah tangga yang lain. Misalkan untuk membeli susu anak, membeli keperluan keluarga dan lain sebagainya.

Apa saja langkah yang perlu kita lakukan untuk menghemat biaya listrik, yuk kita simak ulasan berikut ini.

Teknik Memasak Dengan Rice Cooker

Saat Anda memasak, cobalah untuk memanaskan air terlebih dahulu dengan kompor atau dapur kayu, setelah panas tuangkan untuk memasak seperti biasa.

Tujuannya agar daya besar yang dibutuhkan oleh rice cooker ketika memanaskan air dapat di minimalisir.

Cara ini cukup efektif, apalagi Anda mengunakan dapur arang atau kayu untuk memanaskan air.

Dan cara ini cocok bagi keluarga desa yang memang ketersediaan bahan dapur kayu atau arang masih sangat banyak. Berbeda dengan keluarga di perkotaan, cara ini mungkin terkesan ribet.

Daya yang dikeluarkan oleh pemasak nasi sangat besar, sama seperti setrika, menggunakan kumparan untuk mengeluarkan panas dan memakan daya yang sangat besar.

Gunakan Lampu LED

Lampu penerangan dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan, mulai dari lampu pijar hingga lampu LED sekarang ini.

Semua kemajuan perkembangan tersebut bertujuan untuk menghasilkan lampu yang paling hemat energi dan ramah lingkungan.

Mengapa harus lampu LED?

Lampu LED merupakan teknologi penerus yang mampu menyala dengan daya yang kecil. Panas yang dihasilkan juga sangat rendah. Anda bisa mencoba untuk menanyakan ke toko terdekat untuk melihat harga lampu LED.

Langkah selanjutnya atur seberapa besar daya lampu yang ingin Anda gunakan. Silahkan Anda hitung berapa biaya yang akan Anda keluarkan setiap bulan dari lampu – lampu tersebut.

Untuk menghitungnya, silahkan Anda baca pada artikel berikut ini.

Baca : Cara Menghitung Tagihan Listrik Dan Membaca Meteran Listrik

Cerdas Menggunakan Mesin Air

Cara terbaik menggunakan mesin air adalah dengan menggunakan tandon. Karena mesin air akan stabil. Berbeda jika Anda menghidupkan mesin air terlalu sering. Karena mesin kumparan membutuhkan daya besar ketika pertama kali mesin di hidupkan.

Untuk itu gunakan tandon atau bak penampung air agar mesin menyala terus secara stabil hingga tandon penuh.

Mesin air otomatis yaitu mesin yang hidup ketika kran air dibuka akan mengambil daya listrik besar ketika pertama rotor mesin menyala. Berdasarkan penelitian, mesin induksi membutuhkan daya 7x lebih besar saat memutar rotor dari kondisi diam.

Pemasangan tandon air merupakan cara yang bijak dan dapat membuat hemat listrik Anda.

Gunakan Layar LED

Televisi merupakan alat elektronik yang paling sering menyala, apalagi jika Anda merupakan keluarga besar, tentu jam menyala televisi sangat lama.

Nah untuk mengatasi agar tagihan listrik dapat lebih murah, gunakan teknologi layar LED. Sama seperti lampu LED diatas, layar LED dapat menghemat listrik yang lebih besar.

Sebagai contoh, untuk televisi ukuran 21 inci saja, daya yang dibutuhkan hanya sebesar 50 watt. Berbeda dengan televisi tabung, daya yang digunakan akan lebih besar dan dapat membuat tagihan listrik Anda terlalu tinggi.

Begitu juga dengan perangkat komputer, Anda dapat menggunakan teknologi layar LED dengan sangat mudah. Jika komputer Anda masih menggunakan layar sistem jadul, maka mulai sekarang cobalah untuk investasi dengan menggunakan layar LED.

Bijak Mengatur Pemakaian Listrik

Agar Anda semakin mahir untuk menghemat listrik, Anda bisa belajar bagaimana cara menghitung tagihan listrik. Cobalah belajar bagaimana mengelola listrik keluarga Anda menjadi lebih baik.

Atau jika memiliki dana yang cukup, Anda bisa memasang solar panel yang sesuai dengan kebutuhan listrik rumah tangga Anda.

Teknologi solar panel sekarang ini juga semakin murah, mudah dan sangat ramah lingkungan. Saya juga sebelumnya telah  menulis tentang menghemat listrik dengan cara yang hampir sama, silahkan Anda baca pada artikel ini.

Baca juga : 8 Cara Cerdas Menghemat Listrik Untuk Menghindari Tagihan Membengkak

Itulah tadi beberapa cara cerdas bagaimana menghemat listrik rumah tangga Anda.  Bagaimana pendapat Anda, jika ada tambahan dan pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses dan sehat selalu.

Updated: February 16, 2018 — 11:33 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap