8 Cara Cerdas Menghemat Listrik Untuk Menghindari Tagihan Membengkak

Menghemat listrik memang menjadi anjuran oleh pemerintah, bahkan ada kampanye seluruh dunia yang disebut “earth hour” yaitu hari tanpa listrik selama satu jam. Kampanye ini digagas oleh WWF (world wide fund) dengan tujuan agar kita peduli dengan emisi karbon dioksida  yang dihasilkan oleh  mesin – mesin listrik. Mengapa? ternyata energi listrik yang kita gunakan sekarang ini sebagian besar bersumber dari energi yang tak terbarukan.

Kebutuhan energi listrik saat ini terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia. Jika tidak diimbangi dengan penghematan dan pengaturan yang ada sekarang ini, dikhawatirkan dunia akan mengalami kekurangan energi listrik.

Cara Menghemat ListrikKita patut berbangga karena banyak para insinyur yang terus melakukan penelitian untuk menemukan energi alternatif serta mengembangkan teknologi yang ada. Sebagai contoh menggunakan energi matahari, panas bumi, listrik tenaga air atau menggunakan energi lain yang mungkin belum ditemukan.

Berikut Cara Cerdas Menghemat Tagihan Listrik

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai upaya untuk ikut serta membiasakan diri dengan pola hidup hemat energi.  Dengan demikian Anda bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang lain.

Berikut ini tips bagaimana cara menghemat listrik agar tagihan atau pulsa listrik Anda tidak membengkak :

1. Mesin Air

Mesin air merupakan jenis motor induksi, yaitu menggunakan sistem  magnet untuk memutar rotor. Saat start awal akan memerlukan arus listrik yang lumayan besar untuk menggerakkan rotor dari kondisi diam. Dibutuhkan sekitar 3 – 6 kali arus normal selama +- 0,2 detik saat akselerasi pertama mesin. Setelah berjalan, kebutuhan listrik kembali normal seperti biasa sesuai dengan kapasitas mesin tersebut.

Namun jika keseringan maka bisa membuat tagihan listrik Anda bisa bertambah. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa mengisi bak atau penampungan air agar tidak keseringan switch on off pada mesin air. Anda bisa membuat tandon penampungan air.

Begitu juga dengan peralatan jenis generator (motor listrik) lain. Termasuk mesin cuci dan berbagai peralatan industri lain pada rumah Anda.

Walaupun mungkin sekarang ini saya rasa sudah banyak teknologi baru, dimana strat rotor diatur sedemikian rupa oleh sirkuit dengan tingkat pasokan listrik secara bertahap.

2. Gunakan Listrik Sistem Pulsa

Menggunakan sistem pulsa bisa membantu Anda untuk lebih teliti dan hemat dalam menggunakan listrik. Sistem ini secara otomatis akan memutus aliran listrik sesuai dengan pengisian nominal pulsa yang Anda beli. Jadi, Anda harus membeli pulsa/token kembali agar listrik Anda kembali menyala.

Sistem seperti ini bisa membuat kita lebih terkontrol, kita bisa lebih memahami apa saja yang sekiranya bisa di pangkas agar lebih hemat. Berbeda dengan sistem listrik bayar perbulan,  kita terkadang tak terkendali, karena listrik senantiasa menyala terus.

Sistem pulsa sama halnya dengan pulsa handphone, jadi Anda bisa mengisi kapan saja, sesuai dengan kebutuhan listrik yang ada dirumah Anda.

3. Atur Pemakaian Lampu

Cara yang paling mudah untuk menghemat listrik serta bisa memberikan dampak penghematan yang besar adalah dengan mengelola pemakaian lampu. Anda bisa mengatur kebutuhan dengan teliti. Seperti, jangan membiarkan lampu menyala pada siang hari, gunakan saja cahaya matahari untuk penerangan rumah Anda. Anda bisa mengatur untuk menyalakan lampu pada saat – saat diperlukan saja.

Selain itu, gunakan bola lampu yang hemat energi yaitu dengan menggunakan bola lampu kapasitas kecil atau tidak terlalu besar. Sesuaikan saja dengan kebutuhan ruang rumah Anda. Kita tahu bahwa ada banyak sekali jenis bola lampu, ada yang berkapasitas tinggi hingga rendah. Jadi, bijaklah dalam memilih lampu yang sesuai agar pengeluaran Anda agar bisa lebih hemat.

4. Cermat Menggunakan Kulkas

Hindari memasukkan makanan yang panas kedalam kulkas. Suhu panas menyebabkan mesin pendingin bekerja extra, sistem pengatur suhu otomatis bekerja memaksimalkan pendingin agar suhu panas makanan yang dimasukkan kembali dingin ke setting temperatur kulkas. Akibatnya konsumsi energi listrik bisa meningkat.

Selain itu, jangan terlalu lama atau terlalu sering membuka tutup pintu kulkas. Hal ini juga prinsipnya sama seperti diatas. Tujuannya agar tidak terjadi kenaikan konsumsi listrik yang digunakan.

5. Gunakan Layar LCD / LED

Memilih tv yang hemat energi memang penting untuk dipertimbangkan. Mengingat televisi sering sekali menyala dalam waktu yang lama. Apalagi Anda merupakan keluarga besar, masing – masing anggota keluarga memiliki jam sendiri saat menonton. Dengan demikian, Anda perlu bijak untuk memilih menggunakan tv LCD atau LED.

Teknologi layar LCD/LED merupakan teknologi yang sangat hemat dalam menggunakan energi listrik. Berbeda dengan layar model tabung. Penghematan bisa mencapai 50% berdasarkan beberapa sumber yang saya baca. Jika Anda ingin informasi lebih jauh, silahkan anda cari informasi tambahan, televisi seperti apa yang paling hemat. LCD atau LED.

6. Gunakan Ac Sesuai Kebutuhan

Seperti yang kita ketahui bahwa Ac mengkonsumsi listrik cukup besar. Agar anda bisa menghemat listrik, gunakan ac seperlunya saja, atur fans speed dan cooler sesuai dengan rasio yang telah di anjurkan oleh beberapa ahli yang paham di bidang Ac.

Agar pengetahuan kita tentang Ac lebih lengkap, Anda bisa menanyakan pada tukang service ac atau orang yang jago dibidang Ac. Seperti menanyakan berapa waktu pakai hingga perlu di service, cari tahu juga bagaimana cara menentukan kebutuhan ruang Ac.

7. Matikan peralatan elektronik jika tidak perlu

Anda bisa mematikan peralatan elektronik jika memang tidak diperlukan. Sebagai contoh peralatan dispenser (pemanas air). Konsumsi listriknya besar lho, sama seperti setrika, kompor listrik, rice cooker atau hairdryer. Kumparan kawat yang digunakan untuk menimbulkan kalor (panas) mengambil daya listrik yang lumayan besar.

8. Mesin Cuci Sesuai Kapasitas

Mesin cuci menggunakan motor listrik seperti yang telah saya jelaskan pada poin nomor 1 diatas. Jadi, hindari untuk mencuci baju dalam jumlah yang banyak diluar kapasitas mesin tersebut secara sekaligus. Motor listrik menjadi lebih berat, sehingga daya induksi yang diperlukan sangat besar. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi listrik bisa menjadi lebih besar untuk memutar rotor mesin. Apalagi mesin cuci menggunakan putaran bolak – balik, switch on and off secara terus menerus saat membersihkan pakaian.

Kesimpulan :

Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kelestarian alam ini. Mulai dari pribadi hingga ke keluarga. Salah satunya adalah dengan cara menghemat listrik di rumah kita. Semakin hemat energi yang digunakan, maka semakin kecil pula emisi yang ditimbulkan oleh pembangkit listrik. Semoga bermanfaat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap