8 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda Agar Lebih Baik

Mungkin ada sebagian dari kita tidak jadi menulis karena mendengar pendapat bahwa menulis itu butuh bakat. Akan tetapi benarkah demikian? Setelah saya baca kesana kemari, ternyata itu semua masih sebatas opini saja. Yang benar adalah, semua orang bisa menulis. Artinya menulis itu kompetensi, bisa dipelajari jika kita mau fokus belajar dan melatih diri.

Bisa karena biasa. Pepatah ini merupakan kata yang paling tepat bagi kita yang ingin pintar menulis. Kata ini juga bisa menjadi motivasi buat Anda yang ingin bisa menulis. Bisa menulis karena biasa menulis. Kapan biasanya, ya tentu karena praktek menulis secara rutin. Ada waktu luang, mulailah menulis apapun yang Anda bisa.

Selain itu, belajar menjadi seorang penulis bukan berarti harus langsung menciptakan karya buku ataupun novel sastra. Lakukan bertahap sesuai strategi Anda. Ketika kita masih dalam tahap belajar boleh saja menulis apapun yang ringan terlebih dahulu, bisa jadi menulis tentang ringkasan, pengalaman, atau kisah perjalanan hidup.

Saya berani menyimpulkan seperti ini juga karena selama ini saya sering berfikir bahwa menulis itu hanya bagi orang yang memiliki bakat. Akan tetapi itu hanya mental block. Kemudian saya berusaha mencari solusinya dengan membaca saran dari para penulis lain, lalu mengambil kesimpulan yang kuat, bahwa keahlian menulis itu bisa dilatih dan diasah seperti kemampuan lain.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Nah agar kemampuan kita dalam kegiatan tulis menulis meningkat, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita coba. Jika ada tambahan maupun saran silahkan Anda tulis pada form komentar dibawah ini. Jangan ragu untuk diskusi, saya juga sebagai pemula, tentu butuh masukan dari teman – teman pembaca sekalian. Yuk kita mulai.

1. Rajin Membaca

Bagi orang yang aktif menulis, membaca merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya bagi penulis aktif, semua orang yang ingin maju biasanya rajin sekali membaca. Tujuannya untuk menemukan ide baru, gagasan baru, ilmu pengetahuan atau apapun yang berhubungan dengan pengembangan diri. Hal ini dilakukan untuk memperluas wawasan. Nah efeknya bagi seorang penulis bisa membuat Anda menjadi kaya dengan ide tulisan.

Kita juga perlu menganalisa ketika membaca karya orang lain, dengan cara menilai dan mempelajari. Sehingga kegiatan membaca tersebut bisa menambah pengetahuan Anda, bisa membuat kita mengerti tentang gaya tulisan orang lain dan menambah perbendaharaan kosakata. Memang gaya tulisan itu beda serta memiliki keunikan tersendiri antara satu penulis dengan penulis lain. Akan tetapi kita tidak perlu terlalu khawatir tentang gaya tulisan, yang penting tujuan kita adalah memperkaya wawasan dengan rajin membaca.

2. Praktek Menulis Setiap Hari

Seperti kata pepatah yang telah saya kutip diatas tadi yaitu bisa karena biasa. Untuk biasa menulis tentu caranya adalah dengan membiasakan diri untuk praktek menulis. Manfaatkan waktu senggang atau atur jadwal untuk praktik menulis. Media yang bisa kita gunakan untuk praktik pun sekarang ini ada banyak sekali. Kita bisa praktek menulis dengan memanfaatkan internet yang ada saat ini. Tidak terbatas hanya dengan media kertas saja.

Teknologi sangat membantu kita memudahkan untuk praktik menulis. Gunakan media laptop, komputer, gadget dan lain sebagainya untuk praktik menulis. Simpan hasil karya tulisan yang telah kita buat agar nanti bisa ditinjau bagaimana perkembangan yang telah dicapai selama ini. Metode ini bisa membuat Anda semakin percaya diri, Anda bisa melihat perkembangan dari setiap karya tulisan Anda dari waktu ke waktu.

3. Tulis Dahulu Kemudian Edit

Metode ini sering sekali saya temui ketika saya mencari tahu tentang bagaimana cara menjadi seorang penulis. Selalu saya temukan bahwa cara belajar menulis yang benar adalah tulislah terlebih dahulu apapun yang ada di pikiran kita. Tuangkan kedalam bentuk bahasa tulisan hingga selesai. Jika dirasa sudah selesai, lakukan editing setelah nya.

Setelah tulisan yang dibuat selesai, barulah kita mencoba mencari kalimat yang tepat, merubah beberapa kosakata yang dirasa perlu. Kita juga bisa mempercantik cara penyampaian agar lebih mudah dipahami. Sehingga ide yang telah muncul saat kita menulis bisa ter salurkan dengan baik dan benar.

4. Minta Saran Dari Orang Lain

Setelah selesai membuat karya tulis, alangkah baiknya kita meminta pendapat orang lain untuk menilai hasil tulisan yang telah kita buat. Dengan adanya interaksi, kita bisa menilai bagaimana kemajuan yang telah dicapai. Jadikan pujian, saran atau masukan sebagai bahan analisa dari setiap sudut pandang.

Kita tidak bisa mengukurnya sendiri, butuh pembaca untuk menilai. Saya rasa metode seperti ini cukup efektif untuk mengukur perkembangan karya tulis kita. Percaya diri juga bisa muncul ketika ada pembaca yang memberikan apresiasi hasil karya tulis yang telah kita buat. Hal ini sangat penting bagi pemula seperti saya. Kita tentu berharap agar tulisan yang kita buat mampu memberikan manfaat untuk orang lain kan?

5. Gunakan Forum Interaksi

Seperti yang telah kita bahas pada poin 3 diatas yaitu menemukan interaksi dari pembaca hasil tulisan kita. Nah salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menemukan forum yang sesuai dengan bidang yang kita sukai. Misalkan Anda suka sekali dengan automotif, temukan forumnya, lalu coba buat karya tulis sesuai dengan tema tersebut.

Menulis sesuai dengan apa yang kita kuasai biasanya menjadikan hasil karya tulisan kita sangat berkualitas. Tulisan yang detail sangat disukai pembaca. Apalagi jika ada anggota forum yang membutuhkan solusi pada permasalahan yang mereka hadapi, kemudian Anda memberikan solusi yang dicari lewat karya tulis Anda. Biasanya artikel Anda akan dipenuhi dengan komentar atau interaksi yang ramai.

6. Bergabung dengan Penulis Lain

Semakin banyak teman tentu semakin baik. Banyak sekali manfaat dengan memiliki banyak teman apalagi satu bidang dengan apa yang kita tekuni. Kita bisa menemukan pelajaran yang sangat berharga dari mereka yang telah berpengalaman. Sehingga progres menulis kita bisa berkembang menjadi lebih cepat. Anda tentu setuju bahwa pengalaman adalah pelajar yang sangat berharga.

Silahkan Anda cari forum atau komunitas menulis. Temukan passion yang sama. Jalin komunikasi yang baik dengan saling membantu antara satu dan lainnya. Menulis bisa sangat menyenangkan jika Anda merasa mendapat dukungan dari teman – teman lain, Itulah mengapa memiliki teman yang banyak bisa membantu Anda untuk menjadi seorang penulis handal.

8. Ikuti Les Menulis

Memang kita bisa belajar otodidak, akan tetapi bila kita berminat, bisa mencoba dengan mengikuti kelas menulis yang disekitar lokasi Anda. Di kelas menulis tentu kita akan mendapatkan bimbingan. Selain itu, dengan mengikuti kelas atau les menulis, kita bisa mendapatkan teman yang ramai. Kemudian bisa berdiskusi bersama untuk mengembangkan bagaimana cara menulis yang efektif dan menarik.

Bergabung bersama teman lain di kelas menulis dapat memudahkan kita untuk saling bertanya, saling berbagi ilmu dan mudah mengadakan diskusi. Dari diskusi bisa membuat otak kita semakin aktif dalam berkomunikasi. Menulis ada hubungannya juga dengan keahlian kita berkomunikasi, karena menulis merupakan bentuk lain dari komunikasi verbal.

Materi pembelajar yang disediakan pada kelas menulis pun biasanya telah tersusun, sehingga proses pembelajar bisa bertahap. Berbeda dengan otodidak, kita  harus mau belajar secara mandiri. Mau untuk terus praktek dan bertanya dengan cara aktif di forum, menulis di berbagai media, menulis di blog, atau aktif mengundang teman untuk menilai tulisan yang telah dibuat.

Baca juga : Menjadi Penulis Pemula Ketahui Tips Bagaimana Cara Memulainya

Kesimpulan

Menjadi seorang penulis memang membutuhkan latihan, butuh praktek dan mau untuk mencari informasi terkait bidang tulis menulis. Dengan kemudahan akses internet, kita sudah sepantasnya memanfaatkan waktu yang ada untuk selalu berusaha mengembangkan diri menjadi lebih baik. Bisa memberi manfaat untuk orang lain lewat karya tulis dan bisa memberikan inspirasi bagi pembaca.

Semua penulis pasti ingin agar karya tulisnya diterima, ingin agar apa yang ditulis bisa bermanfaat untuk orang lain. Hal ini lah yang menjadi motivasi kita untuk terus belajar. Menulis bukan serta merta butuh bakat, tetapi merupakan sebuah kompetensi yang bisa dilatih. Bakat bisa muncul dari kebiasaan yang kita lakukan, atau dari naluri keinginan untuk menjadi seorang penulis aktif. Semoga tulisan ini bisa memberikan semangat untuk Anda yang ingin belajar menjadi seorang penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap