Tips Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis

Apakah Anda ingin menjadi seorang penulis? atau sedang belajar untuk menjadi seorang penulis? Namun dari semua itu, ada satu hal yang sama, tujuannya semua penulis saya rasa sama, yaitu bagaimana agar tulisan yang dibuat bisa bermutu dan enak dibaca. Nah untuk mencapai itu, seorang penulis dituntut untuk selalu memiliki kreativitas ketika membangun karya tulisan.

Walaupun demikian, kemampuan menulis dan kreativitas menulis sebenarnya bisa ditingkatkan. Bisa dilatih dengan cara terus praktek dan mencari cara untuk mengembangkan diri. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar kemampuan dan kreativitas menulis kita bisa menjadi lebih baik.

Kreativitas Menulis

# Bawa buku catatan

Ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Agar ide tersebut tercatat dengan baik, maka siapkan buku kecil dan pulpen yang dibawa kemana saja. Nah ketika ada ide, tulislah segera. Mungkin Anda bisa menulis poin – poin penting, menulis judul – judul ide, atau apapun itu yang menyangkut kegiatan menulis Anda. Dengan cara seperti itu, Anda bisa lebih jago ketika mengembangkan ide dan gagasan dalam menulis.

Bisa jadi ide datang ketika Anda sedang memperhatikan sesuatu, mengingat sesuatu, ketika jalan – jalan dan lain sebagainya. Nah dengan mempersiapkan buku catatan, ide tersebut bisa tercatat dengan baik untuk dikembangkan.

# Tulis saja terlebih dahulu

Jangan melakukan editing secara bersamaan ketika Anda membuat tulisan. Jadi prosesnya begini, tulis saja terlebih dahulu semua ide yang ada di pikiran Anda. Nah setelah selesai baru anda lakukan editing setelahnya. Tujuannya agar semua ide bisa tertuang dengan baik, Anda bisa menjadi lebih cepat ketika menjelaskan gagasan.

# Kembangkan genre tulisan

Mungkin Anda memang menyukai satu bidang saja, misalnya tentang politik. Akan tetapi agar kreativitas dan kosakata bisa lebih berkembang, ada baiknya Anda membuat tulisan dengan genre yang berbeda. Anda bisa saja membuat tulisan tentang tema pendidikan, musik dan lain – lain.

Bisa juga dengan membuat tulisan karya sastra seperti puisi, sehingga Anda bisa menjadi lebih peka tentang rasa pada sebuah tulisan. Metode seperti ini bisa membuat Anda bisa menjadi lebih kreatif, dan bisa membuat Anda paham tentang berbagai macam gaya penulisan. Contoh mudah, tulisan di blog sangat berbeda dengan tulisan karya ilmiah.

# Wawasan

Metode terbaik bagi seorang penulis untuk mengembangkan wawasan yaitu dengan rajin membaca. Silahkan baca apa saja tema yang ada, asalkan tema positif, bukan berupa berita hoax atau informasi sembarangan. Carilah sumber bacaan yang jelas. Tujuannya agar kita menjadi pribadi yang baik, selalu mengedepankan kepentingan bersama dan selalu bisa memberikan manfaat untuk orang banyak ketika membuat karya tulisan.

Membaca bisa menambah kosakata Anda berkali – kali lipat. Anda bisa menemukan berbagai macam gaya dari penulis yang berbeda. Setiap penulis memiliki karakter dan gaya penulisan sendiri, begitu juga dengan kosa kata yang di gunakan.

# Cari sesuatu yang bisa meningkatkan mood

Mood sangat mempengaruhi hasil karya tulis. Ketika mood sedang top atau sedang on fire, biasanya kita sangat mudah membuat karya tulisan, semua ide bermunculan dengan sendirinya. Tulisan pun bisa semakin hidup dan enak dibaca.

Anda bisa mencari apa yang biasanya membuat mood Anda baik, seperti mendengarkan musik, olah raga terlebih dahulu, atau ada jam – jam tertentu yang memang kondisi fisik Anda sedang tinggi.

Silahkan Anda teliti kapan waktu yang tepat untuk menulis, tentu Anda sendiri yang tahu tentang hal ini, bisa jadi disiang hari, pagi hari atau malam hari. Buat tulisan sebaik mungkin ketika mood Anda sedang baik.

# Ada apa dengan motivasi

Seperti pada poin diatas, mood yang baik bisa memberikan efek yang baik pada hasil karya tulisan Anda. Sama halnya dengan motivasi, bisa memberikan dampak yang sangat luar biasa pada hasil karya tulisan Anda. Silahkan Anda cari metode yang bisa membuat motivasi Anda meningkat. Bisa dengan membaca kisah sukses dari para penulis. Banyak cara yang bisa dilakukan agar motivasi Anda tetap tinggi. Yang penting selalu optimis dan percaya diri bahwa Anda mampu untuk menjadi seorang penulis.

# Coba jalan – jalan

Jangan hanya disitu – situ saja, Anda bisa bosan. Istilah gaul sekarang galau. Nah jalan – jalan mencari angin segar ternyata bisa membuat pikiran Anda kembali fresh. Anda bisa mencari tempat santai, mencari lokasi yang indah untuk memberikan kesegaran pada otak Anda. Biasanya, selalu saja ada ide baru yang muncul, bahkan Anda bisa menilai karya tulisan Anda yang telah lalu.

# Terlalu banyak teori

Ya, banyak teori itu bagus. Akan tetapi lebih bagus lagi jika disertai praktek. Poin ini sebenarnya hanya untuk mengingatkan kita bahwa, praktek menulis merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kreativitas. Anda bisa semakin percaya diri ketika berhasil membuat karya tulisan. Semakin banyak karya tulis yang telah Anda terbitkan, maka percaya diri Anda bisa semakin meningkat.

# Perhatikan hal – hal yang detail

Tulisan yang berbobot biasanya tulisan yang detail. Anda bisa melatih diri untuk memperhatikan hal detail dengan cara belajar memperhatikan apa saja yang ada disekitar. Bagi seorang penulis, ide sekecil apapun bisa menjadi sebuah karya tulis yang luar biasa.

Ide yang kecil bagi orang yang bukan penulis merupakan hal sepele, akan tetapi, bagi seorang penulis, ide kecil bisa dirubah menjadi karya tulis yang hebat lho. Coba perhatikan situs – situs penulis besar yang ada di internet. Ide yang cenderung tidak dianggap ternyata banyak ditulis oleh mereka dan menjadi suatu tulisan yang sangat bermanfaat. Itu menandakan bahwa, seorang penulis harus mampu mengembangkan ide sekecil apapun menjadi sebuah karya tulisan yang berharga.

# Cari feed back dari pembaca

Dalam permainan sepak bola, penonton lebih baik dari para pemain, lihat saja macam – macam komentar yang muncul. hehe, Mungkin kiasan ini kurang tepat. Maksudnya begini, pembaca biasanya bisa lebih detail ketika menilai tulisan Anda. Sebagai penulis, tentu kita terlalu fokus pada berbagai macam hal, nah bagi pembaca tidak demikian. Mereka bisa memperhatikan hal – hal detail pada hasil tulisan Anda.

# Cari penulis panutan

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa setiap penulis memiliki gaya tersendiri, memiliki keunikan tersendiri. Akan tetapi, gaya dan keunikan ini didapat dari hasil pengamatan dari para penulis lain. Dengan meniru satu atau dua orang penulis sebagai panutan dalam membuat tulisan ketika belajar, lama – kelamaan dari gabungan pengamatan tersebut, muncul semacam sebuah kesimpulan. Dimana dari kesimpulan ini membuat kita memiliki cara metode sendiri dalam membuat karya tulisan.

Pendapat ini banyak dikemukakan oleh para penulis dunia. Maaf saya belum bisa memberikan sumber link, karena blog ini masih dalam tahap review, jadi tidak bisa memberikan referensi lengkap. Pendapat yang dikemukakan adalah, penulis pemula seperti saya sendiri, mengambil contoh atau meniru gaya penulisan dari beberapa penulis lain. Seiring berjalannya waktu, maka kita bisa menemukan cara dan gaya tersendiri.

# Tempat kerja yang nyaman

Tempat dan suasana kerja ternyata bisa memberikan dampak bagi perasaan atau mood Anda. Pilihlah tempat yang memang memberikan rasa nyaman bagi Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih peka terhadap ide dan gagasan yang Anda tulis. Atau anda mencari tempat yang memang sering memberikan Anda ide, maka jadikan spot tersebut untuk kegiatan tulis menulis.

Ada sebagian orang yang hobi menulis ketika berada ditempat keramaian, seperti di perpustakaan, tempat nongkrong di kampus. atau di warung – warung kafe. Anda bisa menemukan sendiri tempat yang paling bagus untuk Anda menulis. Jadikan spot tersebut untuk menulis, dengan demikian Anda bisa mendapatkan performa terbaik.

Baca juga : Rajin Menulis? Berikut Ini Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap