Cara Meningkatkan Visitor Blog Dasar Bagi Pemula

Setelah menyiapkan hosting, domain dan beberapa keperluan lain, selanjutnya timbul pertanyaan. Bagaimana cara meningkatkan visitor blog. Pertanyaan seperti ini memang menjadi buah pikir bagi setiap blogger, terutama bagi blogger pemula.

Saya tidak mengatakan bahwa saya jago soal ini, akan tetapi, saya hanya mencoba berbagai dari apa yang pernah saya baca dan pernah saya terapkan. Walaupun pengunjung blog ini tidak sebanding dengan blog – blog popular. Akan tetapi, ada kesenangan tersendiri setelah melihat adanya peningkatan dari segi pengunjung blog setiap harinya.

Seperti yang sering kita baca, membuat blog yang ramai pengunjung itu syarat utamanya adalah konten. Jadi, buatlah artikel sebaik mungkin dan yang paling menarik agar pembaca bisa betah di blog Anda.

Cara Meningkatkan Visitor Blog

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar visitor blog bisa meningkat secara terus menerus.

1. Pelajari apa itu Seo modern

Banyak sekali artikel lama yang masih muncul di hasil pencarian, jadi kita perlu bijak mencari sumber yang tepat. Kita harus mau memfilter informasi untuk menemukan data yang akurat.  Hal ini untuk menyesuaikan dengan sistem algoritma mesin pencari yang sudah canggih. Lagi pula algoritma mesin pencari juga terus melakukan update.

Seo terkini lebih mengarah pada konten yang berkualitas, sebanyak apapun backlink yang kita miliki jika tidak didukung dengan artikel berkualitas maka itu tidak akan bekerja. Untuk itu, seo modern memang lebih mengarah pada user experience.

Apa itu user experience. Misalnya begini, ada 2 artikel dengan judul yang sama, yaitu artikel A dan artikel B. Nah mesin pencari meletakkan artikel A menjadi nomor satu jika artikel yang A memiliki nilai user experience yang tinggi.

Apa itu user experience. User experience adalah tingkat kepuasan atau pengalaman pembaca. Seberapa lama artikel Anda dibaca, seberapa banyak share dan link natural yang Anda terima, bagaimana tingkat bounce rate dan lain – lain merupakan faktor user experience.

Selain faktor diatas, masih ada sekitar 200an faktor lain yang menentukan bagaimana blog Anda popular di search engine.

Yang penting, kita perlu hati – hati ketika mempelajari tentang SEO, jalankan seo yang natural, jangan berusaha mengakali mesin pencari karena mesin pencari sekarang ini sangat cerdas. Ada satu hal yang bisa kita ambil kesimpulan yaitu kita harus mengutamakan pembaca, itu saja sudah menjadi modal besar agar blog Anda nangkring nomor satu secara terus menerus.

2. Buat Artikel Yang Menarik

Setelah mengetahui secara sederhana bagaimana dan apa itu Seo, langkah selanjutnya adalah belajar bagaimana membuat konten yang menarik. Buat konten yang benar – benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca Anda.

Jadi, dari sekian banyak artikel menarik pada blog Anda, sajikan juga konten pilar. Apa itu konten pilar? Konten pilar adalah konten yang terbaik dari yang lain. Berapa jumlah artikel pilar yang harus kita buat. Saya rasa bebas, semakin banyak semakin baik.

Untuk membuat konten pilar memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mencari referensi yang paling lengkap.

Konten pilar dapat membuat blog Anda terlihat professional, blog Anda menjadi ramai pengunjung karena konten pilar biasanya selalu nomor satu. Membuat konten pilar juga perlu riset kata kunci, Anda harus membuat beberapa riset kata kunci sebelum membuat konten pilar, lalu carilah informasi sebanyak mungkin agar artikel Anda benar – benar lengkap.

Membuat artikel yang menarik bukan hanya lengkap, tetapi harus enak dibaca, setiap kalimat dibuat mengalir dan ringkas. Intinya buat pembaca merasa betah di blog Anda. Semakin betah pengunjung blog, maka semakin tinggi nilai user experience yang akan Anda dapatkan.

3. Riset kata kunci

Blog yang baru dibuat, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk meraih visitor banyak. Kita harus mencari solusinya, salah satunya adalah dengan menggunakan kata kunci longtail keyword.

Pertama memang longtail keyword yang masuk, setelah domain authority mulai naik, short tail keyword Anda akan muncul di search engine.

Apa itu longtail dan short tail keyword?

Long tail keyword => Kata kunci yang panjang, yaitu kata kunci lebih dari satu atau dua kata turunan, misalkan ” Cara meningkatkan visitor blog untuk pemula ” Nah kata kunci panjang semacam ini yang menjadi target.

Short tail keyword => Yaitu kata kunci utama, dari contoh diatas, short tail keyword tersebut adalah “visitor blog”.

4. Aktif blog walking

Blog walking merupakan cara yang lumayan bagus untuk meningkatkan visitor blog. Anda bisa mengunjungi blog lain lalu buat komentar sesuai dengan isi artikel yang ada pada blog tersebut. Biasanya, pemilik blog akan mengunjungi balik lalu berkomentar kembali pada blog Anda.

Selain dapat meningkatkan visitor blog, dengan komentar, ada inbound link yang masuk. Walaupun rata – rata link pada komentar bersifat nofollow, menurut saya masih menjadi perhitungan. Asalkan aktivitas blog walking Anda masih dalam tahap wajar.

Blog walking dapat membuat blogger menjadi saling kenal, tentu hal ini menambah pertemanan Anda. Anda bisa sharing dan saling bertukar pikiran untuk kemajuan blog.

5. Giat promosi

Agar blog Anda ramai pengunjung, mulai lah rajin promosi. Manfaatkan sosial media untuk mempromosikan blog Anda. Anda bisa membuat fanspage, lalu posting artikel menarik, bagikan dengan para pengikut Anda.

Banyak sekali media sosial yang bisa kita manfaatkan, seperti Google plus, facebook, twitter, instagram dkk. Promosi bertujuan agar blog Anda semakin dikenal. Apalagi konten yang Anda buat sangat berkualitas, pasti akan mendapatkan share ulang dari para pembaca yang puas.

Semakin banyak share, maka semakin baik pula sosial signal, saya rasa ini masuk kedalam faktor penentu rangking. Walaupun belum pasti dan tidak ada data valid sosial signal menurut saya memegang peranan.

Untuk itu, buatlah nama domain yang catchy dan menarik, tujuannya agar mudah diingat dan blog Anda cepat popular.

6. Berbagi File Gratis

Semua orang suka yang gratisan, manfaatkan pola ini untuk mendapatkan visitor blog sebanyak mungkin. Anda bisa membagikan file berupa e book, template, audio atau apapun itu yang bisa membuat visitor merasa wah.

Cara seperti ini memang terbilang sangat efektif untuk membuat blog Anda menjadi pilihan ketika pembaca mencari informasi, karena mereka selalu mencari apa yang menarik dari blog Anda. Apalagi gratisannya banyak, bakalan ramai deh blog Anda.

7. Guest post

Mau visitor blog naik tiba – tiba dan terus naik? Caranya cari blog atau situs yang menyediakan guest post, lalu buatlah artikel yang menarik. Anda bisa membuat guest post dengan menulis artikel menarik pada blog orang lain.

Biasanya Anda dapat meninggalkan link aktif ke blog Anda, nah dari link ini blog Anda akan kebanjiran pengunjung. Selain mendapatkan link juice, aktivitas guest post dapat menambah backlink. Hanya saja Anda perlu berhati – hati.

Carilah blog yang sesuai dengan tema artikel yang ada, buat rasio anchor text yang tepat. Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk menemukan blog yang menyediakan guest post.

Baca juga : Cara Jitu Riset Keyword Untuk Meningkatkan Jumlah Visitor Blog

Kesimpulan :

Penjelasan diatas merupakan metode yang paling sering digunakan oleh blogger untuk meningkatkan jumlah visitor blog. Jika blog Anda sudah mendapat authority yang baik dari mesin pencari. Maka setiap artikel yang Anda buat akan tampil terbaik di mesin pencari.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap