Cara Menjadi Seorang Penulis, Berikut ini Tips Hebat yang Bisa Kamu Coba

Apakah kamu ingin menjadi seorang penulis artikel yang handal? Selalu punya ide keren untuk kamu jadikan tulisan yang hebat? Jika iya, berikut ini kita akan membahas bagaimana cara untuk menjadi seorang penulis yang handal.

Tahukah kamu bahwa sekarang ini profesi menulis bisa mendatangkan penghasilan tambahan? Selain itu, tulisan – tulisan kamu yang bermanfaat akan membantu orang lain lho. Ditambah lagi kamu akan memiliki wawasan yang terus meningkat karena kamu rajin menulis.

Di era digital sekarang ini, kebutuhan artikel semakin banyak. Coba kamu bayangkan, ada jutaan artikel yang terbit setiap hari di jagad internet dari seluruh dunia. Nah sekarang kamu tentu bisa mengetahui potensi yang ada kan?

Cara Menjadi Penulis

1. Latihan menulis dengan cara berikut ini

Ada ungkapan bijak yang penulis kutip dari seorang juara medali emas olimpiade: Untuk menjadi juara caranya adalah latihan ketika ingin latihan, dan latihan ketika tak ingin latihan.

Begitu juga ketika kamu ingin menjadi seorang penulis juara, latihan dan praktek merupakan cara terbaik agar menjadi handal. Apapun bidangnya, jika kamu lakukan secara berulang – ulang, kamu akan mahir dan menguasai bidang tersebut.

Sama halnya dengan keahlian menulis, perlu kamu asah dan perlu kamu latih agar tulisan kamu menjadi semakin menarik, semakin mudah ketika membuat artikel.

Mungkin kamu pernah mendengar pendapat bahwa menulis itu butuh bakat, akan tetapi sebenarnya menulis adalah merupakan kompetensi, bisa dilatih dan dipelajari.

Berikut ini ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan ketika ingin praktek menulis artikel.

A. Mengirimkan artikel ke media – media.

Seperti yang telah di katakan diatas tadi bahwa agar kamu juara menulis, kamu harus selalu latihan. Latihan bisa dimana saja dan kapan saja. Sebagai contoh kamu bisa mencoba mengirim tulisan kamu ke media yang ada di internet.

Sekarang ini internet sudah begitu maju dan banyak sekali media yang menerima penulis lepas. Kamu dapat mengirim artikel ke beberapa website dibawah ini.

  • Kompasiana
  • Forum kaskus
  • Forum Detik
  • Merdeka
  • Blog pribadi
  • Dan media sosial

Jangan pernah ragu untuk mengirim karya kamu, yakin dan percaya diri merupakan modal besar agar kamu lancar dan berhasil mencapai apa yang kamu inginkan.

Percaya dengan karya yang telah kamu buat, asalkan kamu tahu batas – batas kebebasan berpendapat. Media diatas sangat popular dan sering menjadi tempat berkarya para penulis lepas. Kamu bisa menulis apa saja yang kamu kuasai.

Semakin sering kamu latihan menulis, maka semakin cepat kamu menguasai dunia ke-penulisan. Itulah cara terbaik pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara praktek.

B. Memiliki buku catatan

Untuk praktek menulis selanjutnya, kamu bisa membuat buku catatan yang berisi pengalaman atau tema tulisan kamu. Nah ketika ada ide yang terlintas di pikiran kamu, segera catat dan buat menjadi sebuah karya tulisan.

Buku catatan bisa berupa buku konvensional atau dengan menggunakan perangkat teknologi seperti laptop.

2. Rajin Membaca

Cara yang kedua agar kamu bisa menjadi orang yang jago menulis adalah dengan cara rajin membaca.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa pembicara handal merupakan pendengar yang handal, begitu juga penulis. Penulis handal merupakan pembaca yang hebat.

Membaca merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kosakata kamu, meningkatkan wawasan dan menambah pengetahuan tentang gaya tulisan.

Manfaatkan saja smartphone kamu untuk browsing ilmu pengetahuan. Terutama ilmu pengetahuan yang sesuai dengan hobi dan bakat kamu. Mengapa? Karena tulisan yang benar – benar berkualitas biasanya tulisan yang dibuat oleh orang yang menguasai temanya.

Untuk itu, cobalah membaca tulisan orang lain yang memiliki topik sama dengan karya tulisan kamu. Cara ini cukup efektif agar kamu dapat melihat dari berbagai sisi. Kamu bisa menilai mana kelebihan dan kekurangan orang lain. Sehingga tulisan kamu akan lebih berkualitas.

3. Motivasi dan Percaya Diri

Motivasi ibarat bahan bakar yang akan membuat kendaraan bergerak. Motivasi bisa datang dari mana saja, terutama datang dari diri kamu sendiri.

Coba kamu pikirkan apa yang menjadi tujuan kamu dan apa yang akan kamu dapatkan ketika kamu berhasil menjadi seorang penulis hebat. Dengan cara seperti ini, kamu akan menemukan gairah menulis yang luar biasa.

Selain motivasi, rasa percaya diri juga penting. Tips nya, kamu harus menguasai tema tulisan kamu. Semakin kamu menguasai temanya, maka semakin tinggi rasa percaya diri kamu.

Baca juga : 5 Cara Menulis Artikel Blog Dengan Cepat Dan Berkualitas

Itulah tadi cara yang paling sederhana agar kamu menjadi seorang penulis handal. Cukup mudah kan? Jadi, mulai dari sekarang, tidak ada lagi alasan bahwa kamu tidak bisa menulis. Menulis itu kompetensi dan bisa dilatih jika kita mau praktek.

Semoga tulisan ini dapat membantu kamu menjadi seorang penulis hebat. Jika ada tambahan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap