Cara Menjual Produk Melalui Internet Untuk Mendongkrak Penjualan

Belajar dari para pelaku bisnis yang sukses, ternyata banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka. Kita bisa belajar bagaimana cara mereka memasarkan produk mulai dari cara marketing hingga promosi.

Seperti kesuksesan Alibaba, walaupun lebih berupa jasa market place. Akan tetapi mereka meraih kesuksesan yang luar biasa besar. Bayangkan saja, Alibaba mencatat keuntungan sebesar 1 triliur rupiah perhari. Merupakan rekor profit terbesar yang pernah Ada.

Dari sukses story tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ternyata media internet memang memiliki potensi yang sangat luar biasa hebat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skala bisnis Anda agar lebih besar. Apa saja media yang bisa kita gunakan untuk menjual melalui media internet.

Menjual produk online

1. Menggunakan Media Google Adword

Seperti yang telah kita ketahui bahwa cara yang paling ampuh untuk memperkenalkan brand atau produk adalah dengan menggunakan media iklan. Dengan iklan orang dapat mengingat produk Anda. Apalagi jika dilakukan repetisi atau pengulangan.

Pernahkah Anda perhatikan, mengapa iklan di televisi begitu masif walaupun harganya mahal. Hal ini karena brand yang tampil secara berkala dan terus  menerus dapat dengan mudah diingat oleh konsumen.

Nah, media internet bahkan bisa lebih hebat dari televisi. Buktinya tadi, perusahaan Alibaba saja bisa sukses sebesar itu.

Anda bisa memanfaatkan Google Adword untuk melakukan promosi. Harga iklan menggunakan media internet sangat murah, tergantung dari kepandaian Anda dalam mengelola kata kunci.

Apa kehebatan Iklan dengan Google Adword?

Anda bisa menargetkan iklan Anda ingin tampil dimana saja. Anda bisa memilih lokasi tertentu, target minat dan lain – lain. Misalkan Anda ingin menargetkan visitor yang berasal dari lokasi tempat tinggal Anda, luar negeri atau nasional saja. Tergantung produk Anda, bisa ke skala global atau lokal

Anda bisa mengatur budget iklan dengan mudah, Anda juga dapat memantau bagaimana kinerja iklan on time langsung. Itulah kehebatan Google Adword. Seperti yang kita lihat sekarang ini. Media iklan Google Adword merupakan media terbesar dan terhebat di internet.

2. Media Sosial

Sekarang ini pengguna internet di Indonesia sangat tinggi sekali, sudah menduduki peringkat ke 5 dengan total pengguna sekitar 120 juta orang. Setiap pengguna internet rata – rata punya media sosial.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promosi. Gabungan dan teknik promosi yang tepat dapa meningkatkan penjualan yang sangat efektif.

Yang perlu menjadi catatan bagi Anda adalah pelajari bagaimana cara membuat landing page dan sales page yang paling hebat. Anda bisa belajar dengan para ahilnya, banyak blogger yang telah menulis tentang halaman promosi.

3. Menggunakan Media Website

Website untuk memasarkan sekaligus menjual biasanya disebut dengan e-commerce. Nah jika dilihat dari jenisnya, ada yang disebut market place. Lalu apa itu market place? Market place mirip dengan pasar, Anda tentu langsung mengerti bahwa pasar merupakan tempat berkumpulnya para pedagang.

Selain e-commerce berbentuk market place, Ada jenis website e-commerce yang menjual produk milik mereka sendiri.

Hebatnya, jika Anda memliki website berbasi e-commerce, Anda bisa melakukan promosi langsung ke media iklan seperti Google Adword. Teknik ini yang paling sering kita temui, seperti beberapa toko internet yang hebat sekarang ini, sebut saja tokopedia, tokobagus, blibli, alibaba dan lain – lain.

Apalagi minat belanja online sekarang ini sudah mulai berpindah ke media online. Anda bisa melihat pertumbuhan e-commerce yang ada sekarang ini. Silahkan Anda baca pada artikel yang telah saya tulis sebelumnya.

Baca juga : Beberapa Alasan Mengapa Sebagian Besar Bisnis Go Online

Kalau kita melihat dari statistik, pertumbuhan e-commerce memang sangat menggembirakan. Kita tentu berharap bahwa kita bisa bisa ikut serta meramaikan persaingan. Jangan hanya pelaku bisnis dari luar saja. Masyarakat Indonesia juga harus ambil Andil agar mampu bersaing dengan para pelaku bisnis dari luar negeri.

4. Menggunakan Media Blog

Media online bisa disebut sebagai gudangnya informasi. Segala jenis artikel bisa Anda temukan, mulai dari artikel tutorial, tips, berita hingga artikel ilmu pengetahuan, semuanya lengkap ada di internet.

Blog merupakan salah satu jenis media informasi seperti itu. Anda bisa memanfaatkan blog untuk melakukan promosi, apalagi jika blog yang Anda miliki mendapatkan jumlah visitor yang tinggi. Blog dengan visitor tinggi memiliki peluang besar untuk sukses dalam perihal iklan.

Anda bisa membuat blog sendiri, akan tetapi membuat blog itu tidak mudah, butuh konsistensi dan kerja cerdas. Anda harus mau belajar ilmu blogging.

Menurut saya bukan hanya blog, bidang lain pun sama saja, perlu belajar dan perlu berusaha untuk menemukan strategi yang tepat dalam hal penjualan yang efektif.

Anda harus mau belajar terlebih dahulu, setelah berhasil menemukan celahnya, maka kesuksesan bisa ditangan Anda.

5. Memasang Iklan Langsung Ke situs Popular

Sebagai contoh website berita detik.com, techcrunch.com dan lain  – lain. Mereka menyediakan tempat pemasangan iklan mandiri. Rata – rata harganya memang mahal untuk situs popular. Anda bisa memasang iklan langsung.

Untuk harga tergantung dari traffik yang mereka dapatkan, jika trafik mereka tinggi, biasanya harga yang mereka tetapkan lumayan mahal.

Itulah tadi beberapa cara atau media yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk lewat internet. Penjelasan diatas hanya sebagai panduan saja, untuk teknis pelaksanaan Anda bisa membaca melalui media internet lainnya.

Seperti Google Adword, Anda bisa belajar langsung pada situs tersebut. Belajar bagaimana melakukan riset keyword dan lain – lain. Silahkan Anda pelajari dengan teliti agar mampu membuat kampanye dan penjualan produk Anda menjadi semakin efektif dan besar. Salam sukses selalu.

Updated: August 3, 2017 — 6:16 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap