5 Cara Menulis Artikel Blog Dengan Cepat Dan Berkualitas

5 Cara Menulis Artikel Blog Dengan Cepat Dan Berkualitas – Membangun blog memang pekerjaan yang sangat menyenangkan bagi yang hobi menulis. Apalagi hobi berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain.

Namun, adakalanya kita ingin menulis artikel dengan cepat. Terutama bagi Anda yang memiliki lebih dari satu blog. Menulis beberapa artikel dalam sehari bisa menjadi pekerjaan yang mudah ketika kita tahu caranya.

Menulis artikel cepat

Teknik ini saya temukan dari situs luar karena hari ini saya sibuk mencari referensi mengenai bagaimana cara menulis artikel dengan cepat.

Hasilnya, banyak sekali saran  yang saya temukan, ada yang menggunakan teknik sound to text, ada yang menggunakan teknik spinner dan lain sebagainya.

Cara bagaimana menulis artikel dengan cepat

Menulis artikel merupakan kompetensi, bukan bagi orang yang memiliki bakat saja. Semua orang bisa menulis asalkan ada kemauan dan niat untuk mencoba. Saya sendiri belum bisa mengukur sejauh mana kualitas artikel saya, apakah bisa dimengerti atau tidak oleh pembaca blog ini.

Yang menjadi motivasi saya menulis adalah adanya keinginan berbagi, selain itu menghasilkan profit tentunya hehe.

1. Tulis judul atau gagasan tulisan yang Anda miliki pada notepad, buku, dan lain sebagainya

Sebagian besar penulis blog memberikan saran agar selalu mencatat ide yang diperoleh. Luangkan waktu sejenak untuk membaca dan mencari berbagai ide atau judul artikel. Selanjutnya catat semua ide tersebut, setelah siap untuk menulis, silahkan Anda tulis dengan cepat.

Meluangkan waktu untuk menemukan ide merupakan cara terbaik agar Anda terus memiliki ide. Lagi pula, dengan membedakan antara waktu menemukan ide dan waktu menulis dapat membuat fokus Anda menjadi lebih terarah.

Anda dapat memiliki gambaran mengenai artikel yang ada pada list ide tersebut, dengan begitu, Anda akan mampu menulis cepat ketika mengerjakannya.

2. Biarkan ide bertambah pada judul artikel

Setelah Anda memiliki beberapa daftar judul artikel, langkah selanjutnya adalah biarkan ide terus bertambah.

Maksudnya begini, katakanlah hari ini Anda menmukan beberapa ide. Coba pikirkan kembali, apakah ada tambahan gagasan. Buat dalam bentuk list kembali dibawah judul tersebut. Biarkan kembali, nah biasanya, list – list gagasan baru akan terus bertambah.

Setelah semuanya dianggap matang, Anda bisa ngebut ketika menulis aritkel.

3. Menulis dengan cepat tanpa edit, edit setelahnya

Setelah Anda berhasil meluangkan waktu untuk menulis ide, langkah selanjutnya Anda menulis artikel dengan cara cepat. Anda dapat menulis artikel dengan cepat karena sebelumnya Anda sudah memiliki gagasan yang ingin ditulis.

Bedakan antara proses menulis dan proses editing. Anda akan mendapatkan efek yang sangat luar biasa ketika menerapkan teknik ini.

Tidak percaya, coba saja latihan dan disable tombol back space, tulislah dengan cepat tanpa editing. Biarkan kalimat Anda terus mengalir tanpa memikirkan typo dan tata bahasa. Yang peting tuangkan semua ide dan gagasan Anda secara terus menerus.

Untuk mendukung kemampuan menulis cepat ini, ada baiknya Anda belajar mengetik dengan menggunakan 10 jari. Silahkan cari aplikasi game untuk latihan mengetik di internet, latihan secara rutin 1 atau 2 jam sehari selama beberapa bulan.

4. Berikan jeda waktu ketika Anda tidak bisa menuangkan ide kedalam tulisan.

Ketika Anda telah menyelesaikan beberapa artikel secara cepat, berikan jeda sejenak agar pikiran Anda fresh kembali.

Tulisan yang dihasilkan dari pemikiran yang fresh akan sangat berbeda dengan tulisan yang dipaksakan. Hal ini tidak baik bagi blog Anda.

Seperti yagn ktia ketahui bahwa, artikel yang dapat tampil terbaik pada mesin pencari merupakan artikel yang berkualtias dan bermanfaat bagi pembaca.

5. Selalu bawa catatan kecil

Pernahkah Anda mengalami ide datang begitu saja?

Ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Nah agar ide tersebut dapat Anda jadikan tulisan, selalu bawa bolpoin dan catatan kecil di saku Anda. Catat semua ide yang terlintas dan temukan referensinya. Cara ini cukup efisien agar Anda mampu menulis artikel dengan cepat ketika di depan komputer.

Baca juga : 6 Cara Kreatif Menemukan Ide Artikel yang Bisa Anda Lakukan

Apa yang menjadi catatan adalah, Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, yaitu membedakan antara proses menulis dan proses mencari ide. Nah ketika Anda menguasai, Anda dapat menulis dengan cepat bahkan dalam waktu beberapa menit saja, Anda sudah berhasil menyelesaikan tulisan dengan baik dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap