Cara Mudah Belajar Menulis Artikel Dengan Cepat

Belajar Menulis Artikel Cepat

Ilustrasi Belajar Menulis Artikel

Menulis artikel itu sebenarnya mudah, apalagi untuk konten sebuah blog atau pun untuk artikel opini, informasi dan sebagainya. Tidak ada rahasia sama sekali, semuanya dibuat sama seperti berbicara pada teman sendiri. Mudah kan. Kalimat awal ini saja saya tulis langsung tanpa banyak fikir. Saya tulis langsung sama seperti saat saya ketemu teman, kemudian saya menceritakan bagaimana cara belajar menulis artikel. Dan itu tadi jawaban saya.

Apakah saya memperhatikan kaidah tata bahasa seperti dalam menulis sebuah artikel ilmiah, menurut EYD? Tidak, saya tidak memikirkan tentang hal itu. Yang penting saya menulis saja terlebih dahulu yang berkaitan dengan topik ini.

Nah dari artikel pembuka diatas sebenarnya saya membuat kalimat apa adanya, yakni langsung dari hasil insting sendiri. Mengalir begitu saja tanpa melakukan editing terlebih dahulu. Saran saya kuasai terlebih dahulu bagaimana mengetik dengan 10 jari. Sampai benar – benar mahir.

Baca : Kecepatan Rata Rata Mengetik Dan Cara Belajar Yang Benar

Bisa juga belajar mengetik 10 jari secara bersamaan. Artinya setelah anda latihan membuat artikel secara terus menerus, Anda bisa sambil belajar mengetik dengan 10 jari. Nanti lama kelamaan kemampuan tersebut akan Anda dapatkan secara otomatis.

Apa sih keuntungan menjadi seorang penulis itu? Sekarang ini dunia elektronik semakin berkembang, para pelaku blogging, e merketer dan media massa bertebaran dimana – mana. Nah kalau anda mampu membuat artikel yang berkualitas, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk dijadikan sumber income.

Seperti menjadi seorang penulis artikel lepas, menjadi penulis tetap pada media blog atau media massa, penulis buku, wah pokoknya banyak yang bisa didapat nantinya. Cara latihannya sebenarnya itu bagaimana. Yuk kita simak bagaimana cara mudah menulis artikel dengan gaya cepat terlebih dahulu.

Metode Latihan Bebas Menulis Artikel Cepat

Set alarm ke 5 menit atau 10 menit. Letakkan jari Anda pada keyboard, tutup monitor dengan kertas lalu mulailah menulis apa saja yang terlintas di pikiran Anda, atau di imajinasi Anda. Berikut ini saya sendiri mencoba langsung praktik dengan teknik tersebut.

Sekarang saya coba mengetik dengan cepat tanpa henti selama beberapa menit mana alarm masih terlihat empat menit tapi ya udah saya lanjut dulu mau nulis tentang pengalaman apa saja ya. Oke mungkin tentang pacaran. Dulu waktu pacaran indah sekali pas sma dianya masih cantik sekarang udah enggak kayak emak emak, Tapi itu dulu enak juga jadi inget saya masa sma dahulu. Nah enak juga nulis ini kalau diterusin tapi apa bikin malu ya,

Tapi lanjut lagi ah. menulis ayo menulis yah saya terus menulis saja tanpa henti alarm udah saya set ke 5 menit, sekarang coba aja nulis terus tanpa henti tanpa melihat keyboard apa lagi ya itu saya liat di lemari tadi ada es, enak nih panas begini menum es dingin seger deh waduh ketawa sendiri saya nyengir tapi ya latihan menulis tanpa henti dan cepat ya in saya coba. Kalau saya bisa nulis sih enak bisa bikin buku bisa bikin apa saja yang penting enak dibaca. Terus dapat duit gimana coba pasti enak koq ketawa sendiri nih kan lumayan buat beli cendol ajak pacar ajak teman traktir sana sini, jalan jalan sama keluarga pokoknya banyak yang bisa dilakukan. Ga ada paragraf ini ya udah tekan enter, mana enter pake jari kelingking.

Kalau didekat rumah saya ini ada pantai, indah dan nyaman apalagi disore hari sungguh pemandangan yang indah dan menakjubkan. Saya bisa melihat sunset jika sore harinya cuacanya mendukung. Kalau saja saya bisa menulis di daerah pantai, dibawah pohon sambil ditemani dengan angin pantai pasti seru. Banayak mungkin ide – ide yang akan mengalir seperti berimaginasi tentang sebuah karya tulisan yang wah. Ah lanjut aja nulisnya, tapi ya udah stop dulu tidak usah sampai limat menit. karena ini hanya untuk contoh. Kamu pasti bisa membuat dan menulis artikel lebih baik lagi dengan cara cepat dan berkualitas teman.

Itulah contoh tulisan yang saya buat dengan cepat bebas tanpa diedit, langsung dari apapun yang terlintas di pikiran. Anda bisa melihat terdapat beberapa kesalahan atau typo dalam tulisan diatas, dan kebanyakan di awal tulisan saja. Nah Anda bisa mencoba tips ini dirumah, cobalah menulis dengan apa adanya terlebih dahulu.

Saya membuat tulisan diatas selama beberapa menit tanpa jeda sedikitpun. Artinya apapun yang ada di pikiran saya langsung saya tulis tanpa basa – basi. Saran saya coba dengan 10 menit setiap hari dengan cara membuat tulisan cepat bebas seperti di atas tadi. Setting alarm nya ke 10 menit, tulis secara cepat apapun yang menjadi ide Anda, jangan berhenti sebelum 10 menit.

Kemampuan mengetik 10 jari itu hanya skill tambahan yang bersifat sebagai penunjang kemudahan dalam menyusun sebuah artikel. Bagi Anda yang memang menggunakan teknik lain tetapi kecepatan mengetik Anda terbilang tinggi, itu sudah bisa menjadi sebuah poin plus.

Berikut ini ada beberapa kendala yang biasanya dihadapi oleh para penulis pemula termasuk saya.

  • Terlalu banyak memikirkan tentang kalimat yang menarik dan mudah dimengerti. Pada akhirnya tidak jadi menulis. Untuk itu cobalah tulis apa saja terlebih dahulu sebagai latihan
  • Melakukan editing bersamaan dengan kegiatan menulis, Seharusnya selesaikan terlebih dahulu karya tulisnya. Setelah dianggap penting untuk diedit, baru direview ulang.
  • Tidak menguasai materi yang ingin disampaikan dalam tulisan yang dibuat. Usahakan untuk memahami materi yang ingin disampaikan terlebih dahulu, kuasai dengan melakukan riset yang mendalam.
  • Tidak percaya diri. Kalau saran saya percaya diri saja minta pendapat dari orang – orang terdekat untuk menilai bagaimana hasil tulisanmu.

Jadi, menulis sebenarnya pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh siapa saja. Mengenai kualitas pasti akan terus tumbuh seiring waktu. Karena semakin bertambahnya jam terbang menulis, Anda akan menemukan cara menulis atau gaya menulis seperti apa yang enak untuk dibaca.

Apalagi menulis artikel di blog atau website itu tidak sama seperti menulis resmi yang harus ditulis dengan bahasa yang profesional, atau seperti kita menulis saat di bangku kuliah. Menurut saya yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menuangkan ide kedalam tulisan dengan baik dan benar. Itu saja, jadi kenapa Anda tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki. So mulai lah menulis dengan berkarya sebaik mungkin dan bermanfaat untuk orang banyak.

Untuk itu berikut ini ada beberapa poin agar tulisan Anda terlihat berisi.

  1. Perbanyak membaca agar anda mengetahui gaya tulisan dari masing – masing penulis artikel.
  2. Cari penulis yang menjadi panutan Anda yang benar – benar membuat anda tertarik dengan gaya tulisannya, bisa dari buku, majalah, dan lain sebagainya.
  3. Kuasai terlebih dahulu topik yang ingin Anda tulis. Lakukan riset secara detail pada tema yang ingin Anda tulis.
  4. Buatlah kerangka tulisan agar tersusun rapi dan mengalir dari satu poin ke poin berikutnya.
  5. Buatlah menulis menjadi sebuah kesenangan dan menjadi sebuah hobi Anda.

Semoga saja artikel ini bisa membantu teman – teman yang ingin belajar bagaimana cara menulis artikel dengan cepat. Walaupun saya sendiri masih belajar tetapi saya memberanikan diri membuat panduan ini.

Saya sendiri tidak tahu apakah tulisan yang saya buat sekarang ini enak dibaca atau tidak. Apakah pembaca mengerti dengan isi tulisan ini atau tidak. Dua hal yang saya tahu hanyalah praktek dan mencoba memberi sesuatu yang mungkin bermanfaat. Saya percaya bahwa dengan praktek dan latihan secara rutin akan membantu kemampuan kita untuk menulis. Bagaimana dengan pendapat Anda?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap