Cara Mudah Membuat Musik Menggunakan Komputer

Bagi kamu yang ingin membuat lagu sendiri, atau ingin membuat musik sendiri, berikut ini cara yang paling mudah. Dengan bantuan aplikasi berikut ini, kamu seperti sudah memiliki sebuah studio rekaman sendiri yang lengkap. Jadi, tak perlu membeli peralatan mahal. Cukup dengan menggunakan laptop atau komputer, speaker dan headset, kamu sudah bisa menciptakan lagu lewat komputer.

Bagi yang hobi musik, membuat irama lagu memang menjadi kesenangan tersendiri. Saya sendiri terkadang menghabiskan waktu berjam – jam untuk membuat musik. Semua saya lakukan hanya menggunakan komputer saja. Dan beberapa pengetahuan dasar tentang irama.

Mungkin kamu ingin membuat musik untuk youtube, untuk soundtrack iklan kamu atau untuk sekedar iseng saja. Pingin tahu caranya? Pelajari beberapa langkah dasar berikut ini agar kamu mampu melakukannya.

Berikut cara membuat musik menggunakan komputer

Aplikasi yang akan kita gunakan berupa FL Studio. Silahkan Kamu lihat pada situs resminya yaitu di image-line.com, atau mencoba versi trial terlebih dahulu. Tool ini memang terbilang mahal, tergantung dari spesifikasi yang ingin Kamu pilih.

Jika Kamu sudah punya aplikasinya, silahkan ikuti tutorial dibawah ini agar kamu bisa memulai membuat musik dasar terlebih dahulu sebelum membuat musik yang wah.

Langkah pertama Membuat ketukan Drum

Silahkan kamu aplikasi fruity loop, lalu kamu buka template baru basic. Tampilannya seperti berikut ini. Lanjutkan dengan membuat pattern drum.

Pada gambar dibawah ini saya sudah membuat pattern drum. Kamu bisa melihat ketukan pada kick dan snare, kemudian ketukan pada hit hat.

Cara membuat musik dengan fl studio

Kamu dapat membuat pattern drum tersebut dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah dengan langsung dari panel chanel rack seperti yang kamu lihat pada gambar diatas.

Cara yang kedua, kamu dapat menggunakan piano roll. Untuk piano roll aktifkan dengan cara tekan mouse kanan lalu pilih piano roll. Kamu dapat memasukkan MPC yaitu berupa plugin yang drum rock, suaranya bisa bermacam macam, mulai dari ziljian hingga yamaha. kamu bisa melakukan setting suara pada masing – masing pad.

Langkah kedua menambah instrumen bass, melody dll.

Setelah selesai membuat pattern drum, langkah selanjutnya adalah menambah beberapa instrumen lain dalam musik. Seperti menambah bass, melody atau lead. Kamu dapat mengatur nadanya sesuai yang kamu inginkan.

Apalagi kamu sudah terbiasa dengan piano, piano roll sangat membantu kamu menemukan nada yang tepat. Silahkan kamu buat seenak mungkin. Berikut contoh penambahan instrumen bass pada gambar dibawah ini.

Cara membuat musik

Gambar diatas saya membuat chord dengan nada dasar A. Kamu dapat melihat tangga nada pada bagian piano roll sebelah kanan. Disana terdapat petikan bas sesuai dengan ketukan drum yang telah saya buat pada langkah sebelumnya.

Alat ini terbilang cukup bersih dalam menghasilkan suara. Apalagi kamu bisa membuat beberapa pengaturan dan memproduksi suara bass tersendiri. Pokoknya lengkap deh.

Langkah ke 3 menyusun pattern

Dari keseluruhan langkah diatas kita beri nama pattern 1. Untuk lebih jelasnya silahkan kamu lihat pada gambar dibawah ini.

membuat musik

Caranya : kamu aktifkan terlebih dahulu play list, kemudian beri nama pattern. Pada contoh gambar diatas, saya memberi nama pattern 1. Kemudian masukkan kedalam daftar putar (play list).

Kamu dapat membuat berbagai macam suara musik sesuai dengan selera kamu. Atur semuanya dengan membuat langkah diatas dan diikuti dengan membuat playlist. Mudah bukan? Kamu bisa membuat berbagai macam jenis musik, bahkan ada yang bisa membuat suara instrumental  yang hebat dan canggih.

Langkah ke 4 mengatur Mixer

Setelah kamu membuat pengaturan diatas, langkah selanjutnya kamu bisa mengatur mixer. Layaknya seperti sebuah studio musik lengkap. Fungsinya untuk mengatur komposisi suara atau mengatur frequency masing – masing instrumen. Semua itu sangat mudah di gunakan, tak perlu memberi mixer atau amplifier, cukup dengan tool ini kamu sudah bisa mendapatkan suara yang jernih.

Berikut contoh gambar mixer dan pengaturan equalizer untuk chanel 1.

Nah kamu bisa menambahkan efek lain, seperti efek reverb, pitcher dan lain lain. sangat banyak sekali fitur yang ada. Saya rasa tool ini memang sangat profesional, banyak para pemusik terkenal menggunakan tool ini untuk membuat lagu mereka.

Itulah tadi cara membuat musik atau lagu menggunakan komputer. Untuk suara vocal, silahkan kamu rekam dengan head set, load ke playlist, langkah selanjutnya sesuaikan equailizer pada mixer tersebut. Semoga artikel ini membantu kamu memahami bagaimana cara membuat musik sendiri dengan menggunakan komputer. Terimakasih.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap