Cara Mudah Menghitung kebutuhan Keramik Lantai Rumah

Bagaimana mencari kebutuhan jumlah keramik yang diperlukan untuk dipasang dilantai atau dinding rumah? prinsip sederhananya adalah kita menghitung terlebih dahulu berapa luas lantai atau dinding rumah yang akan kita pasang keramik. Kemudian kita cari tahu lagi berapa luas per keping keramik yang akan kita gunakan. Nah karena biasanya satuan yang kita gunakan itu Kardus / kotak maka kita cari lagi berapa jumlah keping keramik dalam satu kotak. Hal ini tergantung dari pemilihan luas keramik per keping itu sendiri, misal 20 x 20 cm atau 30 x 30 cm tentunya akan memberikan hasil yang berbeda.

Contoh mudahnya jika ukuran keramik 20 cm x 20 cm per keping dan satu kotak berisi 25 keping maka kita tahu luas satu kotak sama dengan 25 x 0,2 x 0,2 = 1 meter persegi. Kita kalikan saja dengan luas lantai yang akan dipasang. Misalkan ukuran lantai rumah adalah 6 x 6 meter maka luas lantai rumah yang kita dapatkan 6 x 6 = 36 meter persegi. Karena kita tahu tadi bahwa 1 kotak keramik ukuran 20 cm x 20 cm memiliki luas 1 meter persegi maka untuk mengisi 36 meter persegi lantai rumah tersebut dibutuhkan 36 kotak karena 6 x 6 x 1 = 30 kotak.

Ketahui terlebih dahulu bahwa satu kotak itu tidak selalu 1 meter persegi , misalkan ukuran keramik 20 x 20 cm dalam satu kotak biasanya berisi 25 keping. Dengan demikian kita tahu luas per kotaknya adalah 0.2 x 0.2 x 25 = 1 meter persegi.

Ukuran keramik 30 x 30 dalam satu kotak itu biasanya memiliki isi 11 keping dengan demikian kita tahu luas per kotaknya adalah 0,3 x 0,3 x 11 = 0,99 meter persegi.

Ukuran keramik 40 x 40 dalam satu kotak itu biasanya memiliki isi 6 keping dengan demikian kita tahu bahwa per kotaknya adalah 0,4 x 0,4 x 6 = 0,96 meter persegi.

Ukuran keramik 60 x 60 dalam satu kotak biasanya ada yang 3 keping dengan demikian kita tahu bahwa per kotaknya adalah 0,6 x 0,6 x 3 = 1, 08 meter persegi.

Dari penjelasan ukuran seperti diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa satuan kotak pada keramik tidak bisa ditetapkan 1 meter persegi. Untuk itu langkah awal sebelum menghitung cari dulu ukuranya yang akan kita gunakan, kemudian pergilah ke toko bangunan berapa isi keramik dengan ukuran yang sudah di pilih tadi.

Contoh perhitungan sederhana adalah sebagai berikut

Contoh Denah Rumah

Misalkan lantai yang akan kita pasang keramik adalah lantai kamar utama dan ruang tamu. Disini katakanlah luas lantai kamar utama 4 x 4 = 16 meter persegi dan luas ruang tamu rumah kita adalah 3 x 3 = 9 meter maka : Luas lantai rumah = ( 4 x 4 ) + ( 3 x 3) = 25 meter persegi.

Sekarang misalkan ukuran keramik yang akan kita pakai adalah 30 cm x 30 cm, dari penjelasan sebelumnya bahwa satu kotak untuk ukuran 30 x 30 mengisi seluas 0.99 maka :

Kebutuhan keramik netto belum termasuk 3 % antisipasi yang pecah adalah 25 : 0,99 = 25, 25 kotak. Karena kita mengantisipasi ada yang pecah misalkan 3 persen ( mengenai persentase ini bisa ditanyakan kepada tukang yang berpengalaman ) maka 25,25 x 103% = 26,00 kotak. Nah jika hasil perhitungan kita memiliki nilai desimal di belakangnya bisa dibulatkan saja.

Untuk melakukan pemasangan ada baiknya lakukan konsultasi dahulu dengan orang yang telah berpengalaman, hal ini bertujuan untuk proses pemesanan dan pemasangan keramik pada rumah anda dapat dilaksanakan dengan biaya yang efisien.

Dengan menghitung kebutuhan keramik seperti pada contoh diatas tadi setidaknya kita akan punya gambaran kira – kira berapa jumlah biaya yang akan kita keluarkan. Untuk masalah harga itu berbeda tergantung dari pihak toko bangunan yang menyediakan keramik ditempat anda masing – masing ditambah ongkos biaya pemasangan dan ongkos transportasi lainnya.

Biasanya lokasi pemasangan keramik itu untuk dipasang pada lantai rumah, seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, ruang tv, termasuk memasang keramik untuk garasi mobil, balkon dan lain sebagainya.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, jika ada yang ingin di diskusikan ataupun mengenai kritik dan saran silahkan masukkan di kolom komentar.
Mari berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap