Cara Pemasaran Produk Baru Agar Laris Manis Di Pasaran

Memperkenalkan produk baru ke pasaran itu memang tidak mudah, apalagi jika produk Anda sudah memiliki saingan dan sudah ada yang menguasainya. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena banyak yang mengalami hal seperti ini.

Sebagai contoh yang paling simple adalah orang yang sama – sama menjual produk fashion online, padahal usaha bidang ini saingan-nya cukup banyak. Akan tetapi, mengapa ada diantara mereka yang mampu lebih menonjol dari yang lain. Coba cermati, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan diantara mereka.

Nah Anda bisa belajar dari mereka, perhatikan terlebih dahulu data yang ada di lapangan, ambil contoh sebanyak – banyaknya. Luangkan waktu sejenak, buat catatan kecil yang bisa menampung ide – ide Anda. Biasanya ide datang kapan saja, coba catat saja terlebih dahulu, kemudian analisa kembali untuk membuat plan dalam bisnis.

Cara Pemasaran produk baru

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba jika ingin menjadi agar produk Anda bisa laku di pasaran.

Pelajari konsumen Anda. Pembeli adalah Raja, jadi perhatikan apa yang mereka butuhkan dan berilah jawabannya.

Maksudnya begini, Anda harus jeli memperhatikan konsumen. Mengapa? Produk yang laris adalah produk yang ada dihati konsumen. Jadi kuasai terlebih dahulu hati konsumen Anda. Pelajari apa yang mereka inginkan, apa keluhan mereka.

Karena produk atau brand Anda masih baru, maka Anda membutuhkan teknik promosi, Anda harus meningkatkan brand awarness terlebih dahulu, jelaskan poin plus produk Anda terlebih dahulu, entah itu dari segi pelayanan, harga ataupun kualitas.

Jika Anda mampu meraih hati konsumen, maka peluang produk Anda menjadi pilihan akan sangat besar. Anda bisa menyimak kebutuhan konsumen lewat media sosial, review online, atau dari pembicaraan di masyarakat.

Lakukan riset pasar dengan baik untuk mengetahui data bisnis Anda. Biasanya dikenal dengan istilah Big Data.

Riset bagaimana tingkat persaingan dan seberapa besar peluang pasar juga sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan riset, Anda akan mengerti seberapa besar peluang bisnis Anda karena Anda mengetahui angka jumlah konsumen yang bisa dijadikan target marketing.

Jika data yang berhasil Anda kumpulkan menunjukkan hasil positif. Anda bisa melanjutkan memasarkan produk Anda tersebut. Namun jika sebaliknya, perlu dilakukan beberapa inovasi atau memberikan beberapa nilai tambah agar produk Anda bisa menjadi pilihan konsumen.

Untuk memberikan nilai tambah, Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, coba Anda perhatikan bisnis – bisnis inovatif. Pasti ada hal baru yang menjadi pembeda dari yang lain. Nah agar inovasi bisa muncul, cobalah untuk membuat berbagai macam pertanyaan, coba tanyakan, apa jenis warna yang sedang popular, apa jenis atau isu yang sedang trending, model seperti apa yang sedang naik daun. Semuanya itu bisa menjadi pertanyaan ampuh untuk memberikan nilai tambah pada produk Anda.

Buat nama brand yang catchy

Maksudnya adalah, buatlah nama brand Anda yang paling mudah untuk diingat. Hal ini penting, apalagi produk baru. Brand merupakan aset yang paling berharga dalam bisnis. Coba lihat brand yang terkenal saat ini. Sebut saja seperti produk Aqua, produk mereka sangat lekat di telinga masyarakat. Bahkan, beli air minum selain merek tersebut saja masih dibilang beli Aqua.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena nama brand mereka catchy (Mudah diingat). Selain itu, mereka sudah menunjukkan kualitas.

Nah agar bisnis memiliki peluang sukses jangka panjang, Anda wajib memikirkan nama untuk bisnis Anda. carilah nama yang terbaik dan bisa memberikan kekuatan pada bisnis Anda.

Jaga kualitas dan berikan pelayanan terbaik

Agar produk baru Anda semakin cepat tersebar luas, berilah kualitas produk dan pelayanan terbaik. Efeknya informasi tentang kualitas produk Anda bisa menyebar lewat cerita dari mulut ke mulut. Dan bisa memberikan dampak positif untuk jangka panjang, produk Anda bisa tetap dihati masyarakat seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Jangan hanya mengejar keuntungan semata, akan tetapi perhatikan apa yang menjadi tujuan jangka panjang dalam bisnis. Nama baik itu perlu, sama seperti Anda menjaga nama baik Anda. Begitu juga dengan bisnis, perlu nama baik.

Tentu Anda menginginkan agar bisnis bisa terus maju dan berkembang bukan? Nah berilah kualitas dan pelayanan terbaik.

Lakukan promosi yang efektif

Anda perlu bijak ketika promosi produk baru, apalagi yang terkait dengan iklan. Lakukan promosi yang tepat sasaran. Pelajari bagaimana membuat promosi yang efektif melalui media internet. Anda akan menemukan bagaimana cara menentukan target market yang sesuai.

Target market yang sesuai bertujuan agar kegiatan promosi Anda memang benar – benar efektif tepat sasaran.

Untuk mencapai kriteria efektif, membutuhkan data lengkap seperti pada poin riset diatas. Anda harus mengetahui siapa saja yang akan membeli produk Anda, mulai dari segi usia, hobi, jenis kelamin, karir dan lain sebagainya. Itu semua merupakan cara untuk menentukan target market yang jelas.

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Lakukan A/B testing untuk produk baru Anda

Jangan terlalu tergesa – gesa ketika melakukan promosi, cobalah pelajari mana teknik yang paling baik. Anda bisa belajar dari kompetitor atau belajar dari pengalaman. Pengalaman yang dimaksud adalah dari hasil A/B testing yang Anda lakukan.

Penelitian seperti pemilihan kata, gambar, teknik dalam penyampaian iklan juga perlu diuji. Langkah ini sangat penting untuk dipikirkan secara detail. Intinya jangan terburu – buru.

Itulah tadi beberapa cara pemasaran produk baru. Secara umum memang  benar bahwa memasarkan produk baru membutuhkan perhatian khusus. Berbeda dengan produk yang sudah memiliki nama. Untuk itu, kita bisa belajar ilmu tentang bisnis sebanyak mungkin. Gunakan teknologi internet untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Salam sukses selalu.




Updated: September 10, 2017 — 10:10 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap