Cara Praktis Export Dan Import Konten Offline ke Online di WordPress

WordPress merupakan platform yang popular dan telah digunakan oleh jutaan website atau blog. Kemudian, kegiatan blogging itu sendiri, tentu sangat erat kaitannya dengan menerbitkan konten dan mengelola konten. Seperti proses backup, menyimpan data, atau sekedar untuk melakukan uji coba tampilan mode offline.

Selain menggunakan jalur backup cpanel, wordpress juga menyediakan fitur export file xml untuk jenis konten artikel, gambar, tag, comment dan semacamnya. Kita bisa memilih rentang tanggal yang digunakan dan jenis konten seperti apa yang ingin dipindahkan.

Membuat desain tampilan blog tidak harus menggunakan jaringan internet. Kita bisa juga membuat blog versi offline terlebih dahulu, setelah selesai baru kita upload ke server. Begitu juga dengan menulis artikel, bisa saja kita menulis pada komputer offline terlebih dahulu, kemudian melakukan export file xml untuk di import kembali pada wordpress online kita.

Cara import dan export konten wordpress

Anda bisa mencobanya dengan menulis dan  menerbitkan versi offline terlebih dahulu sebelum benar – benar menerbitkan artikel tersebut ke blog online Anda. Caranya bisa dengan menggunakan instan wordpress atau xampp localhost.

Manfaat dan tujuan

Dengan adanya fitur ini, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Misalkan Anda ingin membuat artikel dan ingin langsung melihat terlebih dahulu bagaimana hasilnya ketika di terbitkan.

Seperti yang telah kita ketahui juga bahwa ada banyak sekali alasan dan fungsi mengapa kita menggunakan fitur ini. Salah satunya adalah memindahkan konten dari wordpress localhost (pc/laptop) ke blog online Anda atau dari blog wordpress online Anda ke Localhost.

Apa tujuannya? Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk :

  • Membuat backup >> Kita tentu ingin semua yang telah kita kerjakan tersimpan dengan baik agar aman. Jadi semua data artikel Anda bisa Anda simpan dengan aman jika dibutuhkan. Memang ada opsi backup dari cpanel, akan tetapi, kita bisa memanfaatkan fitur ini jika hanya ingin memindahkan konten saja, bukan database php yang lain.
  • Memindahkan konten antar wordpress >> Untuk proses migrasi hosting biasanya menggunakan fitur cpanel. Akan tetapi, jika ada satu atau dua artikel yang belum dipindahkan. Kita bisa memanfaatkan fitur ini.
  • Localhost >> Anda bisa saja mendesain dan membuat aritkel pada pc/laptop terlebih dahulu. Caranya bisa menggunakan instan wordpress atau menggunakan xampp. Contoh, Anda membuat artikel pilar menggunakan versi offline, untuk melihat hasilnya, agar kuota internet Anda irit. Anda bisa mencobanya versi localhost terlebih dahulu. Jika artikel Anda telah siap untuk di publish secara online, gunakan fitur export ini.

Berikut ini cara export konten wordpress

Berikut ini bagaimana cara export file konten artikel wordpress dengan format xml. Pada dasboard wordpress silahkan Anda pilih menu Tool >> Export, akan terbuka jendela baru. Silahkan Anda pilih jenis konten yang akan diexport. Apakah all conten, posting saja, pages dll. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.

Cara export konten wordpress

Setelah mengatur beberapa pengaturan diatas, tekan tombol Download export file. Secara otomatis file xml yang berisi konten tersebut akan tersimpan di folder komputer Anda. Cukup mudah bukan?

Untuk melakukan export hanya pada posting ariktel tertentu, Anda bisa mengatur tanggal rentang waktu yang ada. Silahkan Anda klik pada bagian post, pilih jenis status posting yang Anda buat. Ada 4 pilhan yaitu :

  1. Published >> Artikel yang telah diterbitkan
  2. Scheduled >> Artikel dengan jadwal posting otomatis
  3. Draft >> Artikel yang masih dalam draf
  4. Pending >> Artikel yang menunggu persetujuan administrator utama. Jika Anda memiliki beberapa orang penulis dan mempunyai akses sebagai penulis.

Sebagai contoh, misalkan Anda menulis artikel pada wordpress localhost dan masih dalam status draf. Anda bisa melakukan cross check pada wordpress offline Anda untuk memastikan tampilan artikel tersebut. Nah setelah selesai, silahkan Anda export file xmlnya dengan memilih status draft tadi.

Berikut ini cara import konten wordpress

Setelah kita melakukan export, maka langkah selanjutnya adalah melakukan import file jenis xml tadi ke wordpress online yang kita mliki. Caranya pun cukup mudah, tidak jauh berbeda dengan langkah diatas.

Dibawah menu tools pilih Import > WordPress Instal terlebih dahulu jika memang fitur ini belum diaktifkan. Jika sudah langsung saja Anda pilih Run Importer. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat gambar dibawah ini.

Cara import konten wordpress

Selanjutnya akan tampil jendela import wordpress. Untuk melakukan import file xml yang telah kita download diatas tadi tekan Pilih file Kemudian Anda pilih dimana file xml yang telah Anda simpan pada folder komputer. Lanjutkan dengan memilih tombol Upload file and import.

Bagi Anda yang ingin memasang wordpress versi offline pada komputer. Anda bisa menggunakan instan wordpress atau menggunakan xampp. Banyak sekali teman – teman blogger yang telah membuat tutorial tentang xampp ini.

Baca juga : Inilah Plugin Penting yang Paling Sering Digunakan Untuk WordPress

Nah itulah tadi bagaimana cara export dan import konten pada wordpress. Cara diatas sama saja baik itu untuk localhost (offline wordpress) atau online. Untuk proses migrasi hosting keseluruhan biasanya menggunakan fitur backup cpanel. Anda bisa menghubungi pihak hosting jika memang memiliki kendala teknis.

Updated: June 25, 2017 — 5:16 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap